Advertorial

Menara Danareksa, Gedung Hospitality Kelas Wahid Milik BUMN

Kompas.com - 27/07/2023, 12:55 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Menara Danareksa bukan sekadar gedung perkantoran dan pertemuan biasa. Dengan pengintegrasian teknologi terbaru, penerapan konsep ramah lingkungan, layanan hospitality kelas wahid, serta rencana pengembangan yang ambisius, Menara Danareksa siap memberikan kenyamanan bagi para penyewanya.

Untuk diketahui, Menara Danareksa dibangun dan dikelola oleh PT PP yang merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Gedung ini terletak di Jalan Medan Merdeka Selatan Nomor 14, Jakarta Pusat, tepat di seberang Monumen Nasional (Monas).

Terletak di kawasan strategis dan punya arsitektur unik, Menara Danareksa dinilai akan menjadi ikon baru Kota Jakarta.

General Manager Menara Danareksa Rika Rachmawati Rasyid menyampaikan bahwa kehadiran Menara Danareksa merupakan bagian dalam perencanaan untuk melengkapi Monas. Kawasan ini sendiri oleh pemerintah melalui Kementerian BUMN akan dipoles menjadi city center baru layaknya New York, Amerika Serikat.

Lebih lanjut, Rika menuturkan, Menara Danareksa dibangun dengan filosofi sarat makna. Fasad gedung yang berwarna putih dengan aksen kaligrafi terinspirasi dari kitab suci yang sedang dibuka. Seluruh konsep ini mencerminkan keindahan seni, kebersihan, nilai-nilai spiritual, dan AKHLAK yang menjadi core values BUMN.

Adapun istilah tersebut merupakan akronim dari Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif.

Konsep itu, menurutnya, kian menambah daftar panjang keunggulan Menara Danareksa. Ketika memasuki gedung, misalnya, pengunjung bisa langsung merasakan atmosfer hotel bintang lima, baik dari desain interior maupun pelayanan.

“Hampir 80 persen tim Menara Danareksa merupakan orang-orang yang berpengalaman di bidang hospitality. Jadi, melayani sudah jadi DNA kami,” ujar Rika yang sebelumnya bekerja di Ritz Carlton Mega Kuningan dan JW Marriott Jakarta kepada Kompas.com, Rabu (5/7/2023).

Tak hanya sarat makna, gedung tersebut juga dirancang dengan memperhatikan aspek keberlanjutan dan ramah lingkungan. Fasad gedung dilengkapi dengan sangkar yang berfungsi menyerap energi matahari sehingga mengurangi pemakaian listrik.

Efisiensi tersebut dikarenakan berkurangnya penggunaan lampu dan pendingin ruangan (air conditioner). Gedung ini juga memiliki sistem pengelolaan limbah air di basement yang didaur ulang untuk menyiram tanaman.

Lobi Aryanusa Ballroom. Ruangan ini dapat menampung hingga 1.000 orang.Dok. Menara Danareksa Lobi Aryanusa Ballroom. Ruangan ini dapat menampung hingga 1.000 orang.

Layanan dan Fasilitas

Menara Danareksa menawarkan tiga layanan utama, yaitu ruang kantor, ruang acara, dan penyewaan ritel. Khusus ruang kantor, tersedia dalam berbagai ukuran dan desain, dengan kemungkinan kustomisasi sesuai kebutuhan penyewa.

“Contohnya, Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo) yang membuka kantor di sini. Di dalam ruangannya yang seluas hampir 1.800 m2, terdapat jogging track dan gym corner,” sebut Rika.

Untuk ruang acara, Menara Danareksa memiliki ballroom yang bisa menampung hingga 1.000 orang dengan fasilitas audio dan visual mumpuni dan pelayanan prima. Ruang acara cocok dijadikan tempat untuk pernikahan, wisuda, ulang tahun, dan konser privat.

Terdapat penawaran special rate untuk tenant yang ingin menyelenggarakan acara di ballroom tersebut.

“Sebagai contoh, Kemenkominfo. Mereka sering mengadakan event-event. Pastinya, untuk tenant kami memberikan special rate. Karena kami memiliki publish rate dan tenant rate. Harga tenant rate pastinya lebih affordable ketimbang publish rate,” kata Rika.

Untuk penyewaan ritel, Menara Danareksa sudah diisi oleh beragam tenant, seperti perbankan serta food and beverage (F&B).

Mengadakan acara atau berkantor di Menara Danareksa akan menjadi keputusan tepat. Sebab, gedung ini juga dilengkapi sejumlah fasilitas penunjang.

Salah satunya, tempat makan yang terdiri dari tiga tier, yaitu kantin karyawan, Central Eatery at Menara Danareksa yang merupakan puja sera, restoran, serta kafe.

Area Central Eatery at Menara Danareksa sendiri saat ini sudah diisi oleh pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang menawarkan berbagai kuliner lezat dan harga terjangkau, seperti gado-gado betawi, soto mi bogor, nasi bali, dan es alpukat kocok.

Beberapa jenama kuliner yang sudah terkenal turut melengkapi area tersebut, seperti Luberger, Kopi Lima Detik, dan Bakmi Naga.

“Jadi UMKM pun bisa berprestasi di sini. Khusus UMKM binaan, kami memberikan harga sewa yang lebih terjangkau. Ini sejalan dengan program BUMN dalam mendukung UMKM,” kata Rika.

Sementara, restoran dan kafe yang telah hadir di Menara Danareksa adalah Liberica Coffee dan Aroem Manis.

Selain layanan-layanan tersebut, Menara Danareksa juga memiliki kelebihan lainnya, seperti ketersediaan lobby ambassador yang kerap tersedia di hotel bintang lima.

Layanan ini tidak hanya bertugas membantu para tamu dan tenant dalam proses masuk atau keluar gedung, tapi juga menginformasikan fasilitas dan layanan umum di sekitar area gedung, seperti rumah sakit (RS) dan kedutaan besar.

Lobby ambassador Menara Danareksa juga mampu memberikan pilihan transportasi dan pengetahuan concierge lainnya.

Selain itu, Menara Danareksa juga memiliki tenant officer yang sigap menampung semua masukan serta menyelesaikan keluhan dari penyewa, serta security yang bekerja profesional dan ramah. Lalu, ada pula lahan parkir yang luas dan nyaman.

Tenant officer sendiri memiliki akses yang dipusatkan ke seluruh departemen Menara Danareksa, mulai dari engineering, housekeeping, security, human resource (HR), hingga general manager. Jadi, ketika penyewa membutuhkan bantuan, departemen terkait bisa merespons untuk menyelesaikannya secara langsung.

“Solving problem, mulai dari awal hingga akhir, bisa saya ketahui dengan cepat dan akurat. Saya pun selalu tekankan kepada tenant officer untuk menyelesaikannya dalam waktu kurang dari 24 jam sesuai standard operational procedure (SOP),” jelas Rika.

Sementara itu, lahan parkir Menara Danareksa sendiri terdiri dari delapan lantai untuk sekitar 400 mobil. Selain itu, saat ini sedang disiapkan lapangan parkir khusus sepeda motor dengan kapasitas 180 motor.

Adapun setengah dari jumlah kapasitas itu akan dialokasikan sebagai ladies parking dengan hiasan vertical garden yang apik.

“Jika selesai dibangun, parkiran motor tersebut juga bisa digunakan untuk tamu nontenant,” kata Rika.

Strategi pemasaran dan pengembangan

Menara Danareksa memiliki strategi pemasaran yang aktif dan kreatif. Gedung ini memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan layanan dan fasilitasnya. Gedung ini juga sering mengikuti wedding exhibition, seperti Bridestory dan Weddingku.

Rencana pengembangan menara itu pun terus berjalan. Ke depan, Rika mengaku berambisi untuk menjadikan Menara Danareksa sebagai one stop building bagi para penyewa. Dengan begitu, tenant tidak perlu kemana-mana karena semua kebutuhannya tersedia di gedung ini, mulai dari makan, medis, hingga gaya hidup, seperti pusat kebugaran.

Dengan desain dan pembangunan sarat makna, layanan dan fasilitas yang lengkap dan berkualitas, serta strategi pemasaran dan pengembangan yang inovatif dan progresif, tak heran jika okupansi Menara Danareksa mampu mencapai 80 persen. Padahal, gedung ini belum lama ini baru saja diresmikan pada 26 Mei 2023.

Meski sudah unggul dengan konsep dan berbagai fasilitas yang mumpuni, hal tersebut tidak menjadikan Menara Danareksa langsung berpuas diri.

“Kami terus berusaha membuat inovasi agar Menara Danareksa semakin berkembang. Salah satu contohnya adalah dengan menjadikan Menara Danareksa sebagai financial business district,” imbuh Rika.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com