Advertorial

BPSDM ESDM dan PT Bayan Resources Tbk Teken Kerja Sama Program Beasiswa untuk PEP Bandung

Kompas.com - 27/07/2023, 16:13 WIB

KOMPAS.com - PT Bayan Resources Tbk menandatangani nota kesepahaman serta Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) di Fairmont Hotel, Jakarta, Kamis (27/7/2023).

Melalui kerja sama tersebut, PT Bayan Resources Tbk akan memberikan beasiswa pendidikan Bayan Peduli kepada 40 mahasiswa baru Politeknik Energi dan Pertambangan (PEP) Bandung.

Beasiswa penuh (full scholarship) itu diberikan untuk tiga tahun akademik perkuliahan yang terdiri dari Uang Kuliah Tunggal (UKT) dan biaya hidup.

Mahasiswa baru PEP Bandung yang hendak mengajukan beasiswa Program Bayan Peduli harus memenuhi sejumlah ketentuan. Pertama, calon penerima beasiswa merupakan mahasiswa/mahasiswi baru Diploma 3 (D3) reguler.

Kedua, calon penerima merupakan mahasiswa baru berprestasi yang berasal dari keluarga ekonomi kurang mampu atau dari daerah tertinggal.

Ketiga, beasiswa diutamakan untuk mahasiswa/mahasiswi dari program studi teknologi geologi dan program studi teknologi pertambangan.

Kepala BPSDM ESDM Prahoro Yulijanto Nurtjahyo mengatakan, program Bayan Peduli merupakan bagian dari penguatan komitmen antara pihaknya dan PT Bayan Resources Tbk dalam mengembangkan kompetensi sumber daya manusia (SDM) di bidang energi dan sumber daya mineral.

“Empat bulan lalu, BPSDM ESDM mengadakan Human Capital Summit untuk mewujudkan SDM andal di sektor energi. Hari ini PT Bayan Resources Tbk telah menjawab komitmen kita bersama” ujar Prahoro dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Kamis.

Prahoro berharap, kerja sama antara BPSDM ESDM dan PT Bayan Resources Tbk bisa berkembang dalam bentuk dukungan pada pelaksanaan pelatihan dan sertifikasi tenaga kerja.

Selain dengan PEP Bandung, perusahaan pertambangan batu bara yang berkantor pusat di Jakarta dan memiliki wilayah operasional di Kalimantan Timur (Kaltim) dan Kalimantan Selatan (Kalsel) itu juga memberikan beasiswa Bayan Peduli kepada mahasiswa baru dari tujuh universitas lain.

Ketujuh universitas tersebut adalah Universitas Indonesia (UI), Universitas Gadjah Mada (UGM), Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Pertanian Bogor (IPB), Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta (UPNVY), dan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).

“Selamat kepada PEP Bandung dan perguruan tinggi lain yang melakukan kerja sama dengan PT Bayan Resources Tbk. Semoga Allah sebagai Tuhan Yang Maha Esa memberkahi niat dan langkah kita semua untuk mencerdaskan anak-anak bangsa,” pungkas Prahoro.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com