Adverttorial

Sambut Hari Jadi Ke-129, Pemkab Klaten Gelar Acara Ziarah Makam Tokoh Pendahulu

Kompas.com - 27/07/2023, 20:33 WIB

KOMPAS.com — Dalam rangka menyambut Hari Jadi ke-219 Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, Bupati Klaten bersama jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten menggelar ziarah ke makam tokoh-tokoh pendahulu Kabupaten Klaten, Kamis (27/7/2023).

Adapun kegiatan tersebut digelar satu hari sebelum acara puncak Hari Jadi Klaten pada Jumat (28/7/2023).

Dalam kegiatan tersebut, Bupati Klaten Sri Mulyani didampingi Wakil Bupati Klaten Yoga Hardaya, jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Klaten, dan unsur Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Klaten.

Kegiatan dimulai dengan berziarah ke makam Kyai Mlati. Tokoh ini merupakan sosok pembuka wilayah hutan belantara yang menjadi cikal bakal Kabupaten Klaten. Diperkirakan, Kyai Mlati berdiam di wilayah Klaten pada 1.700 Masehi.

Selain makam Kyai Mlati, pada komplek makam yang berlokasi di Kampung Sekalekan, Kelurahan Klaten, Kecamatan Klaten Tengah itu juga terdapat makam istri Kyai Mlati dan kakak Kyai Mlati, Ki Danareksa.

Kemudian, jajaran Forkopimda Kabupaten Klaten melanjutkan ziarah ke makam Panembahan Agung Kajoran di Desa Jimbung, Kecamatan Kalikotes. Di kompleks makam tersebut, Bupati Klaten dan rombongan juga berziarah ke makam bupati pertama dan kedua Klaten, yakni K R T Mangoendilogo dan K R T Soerodirjo.

Usai kegiatan di Desa Jimbung, rombongan ziarah melanjutkan perjalanan ke kompleks makam Sunan Pandanaran di Desa Paseban, Kecamatan Bayat. Sunan Pandanaran atau Sunan Bayat merupakan tokoh penyebar agama Islam di Jawa. Ia kemudian mendirikan pusat dakwah Islam di wilayah Kecamatan Bayat.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Klaten dan jajaran Forkopimda Kabupaten Klaten turut serta dalam acara kenduri yang digelar di pendapa kompleks makam Sunan Pandanaran.

Kegiatan ziarah ditutup dengan mengunjungi makam bupati keempat Klaten, K R T Mangoendilogo II, di Desa Semangkak, Kecamatan Klaten Tengah. K R T Mangoendilogo II memerintah wilayah Kabupaten Klaten pada 1867–1870.

“Kegiatan ini merupakan rangkaian dari Hari Jadi ke–219 Kabupaten Klaten. Saya bersama jajaran Forkopimda berziarah ke makam-makam tokoh pendahulu Kabupaten Klaten,” ungkap Sri Mulyani dalam rilis pers yang diterima Kompas.com, Kamis (27/7/2023).

Melalui kegiatan ziarah tersebut, Sri Mulyani berharap, generasi penerus dapat mengambil pelajaran sehingga mampu, kuat, sehat untuk membangun Kabupaten Klaten. Dengan begitu, ke depan, Kabupaten Klaten menjadi lebih keren, maju, mandiri, dan sejahtera.

Di momen hari jadi tersebut, Sri Mulyani pun berdoa agar masyarakat Kabupaten Klaten semakin sejahtera. Ia juga mengajak seluruh masyarakat bersama dengan Pemkab Klaten turut serta membangun Klaten.

Saiyeg saekoproyo. Saya tidak mungkin bisa sendiri membangun (Kabupaten) Klaten, tapi seluruh unsur yang ada harus terlibat. (Kita) mempunyai kewajiban dan hak yang sama dalam membangun Kabupaten Klaten. Kata lainnya adalah bersatu untuk gotong royong,” ujarnya. 

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com