Advertorial

Tips Jitu ala Den Dimas Beli Kendaraan Sesuai Kebutuhan dan Tujuan Finansial

Kompas.com - 29/07/2023, 12:29 WIB

KOMPAS.com - Bagi sebagian besar masyarakat, utamanya yang tinggal di perkotaan, punya kendaraan pribadi tak sekadar untuk memenuhi kebutuhan status sosial. Lebih dari itu, kendaraan punya peran yang tak kalah krusial, yakni mendukung kegiatan sehari-hari sekaligus sarana yang memudahkan untuk mengakses destinasi.

Seiring dengan kebutuhan tersebut, masyarakat disuguhi ragam jenis serta merek kendaraan oleh produsen otomotif, mulai dari sedan, city car, sport utility vehicle (SUV), hingga multi purpose vehicle (MPV).

Saking banyaknya jenis mobil yang ditawarkan, tak sedikit yang bingung dalam menentukan pilihan. Meski begitu, menentukan kendaraan yang hendak dibeli tak boleh dilakukan secara sembarangan.

Content creator bidang otomotif Den Dimas mengatakan, ada sejumlah hal yang perlu dipertimbangkan secara matang sebelum membeli kendaraan pribadi. Salah satunya, memastikan tujuan pembelian kendaraan.

“Tentukan tujuan dari pembelian kendaraan tersebut, apakah untuk mobilisasi pribadi, investasi, atau tujuan lainnya? Tujuan yang jelas akan memengaruhi jenis serta merek kendaraan yang akan dibeli,” ujar Dimas dalam rilis yang diterima Kompas.com, Jumat (28/7/2023).

Dimas menjelaskan, bila tujuan pembelian kendaraan untuk mobilisasi pribadi, pastikan kendaraan cocok untuk dibawa kerja atau hangout. Selain itu, pastikan pula faktor penunjang mobilitas lainnya, seperti hemat bensin dan kapasitas mesin.

Namun, untuk tujuan investasi, lanjut Dimas, pemilihan kendaraan dapat disesuaikan dengan selera setiap individu. Sebagai contoh, mobil klasik atau antik yang nilai jualnya tetap. Bahkan, bertambah seiring waktu berjalan.

“Hal tak kalah penting dalam menentukan kendaraan yang tepat, yakni dari segi pemilihan spek dan karakter kendaraan yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi,” tambahnya.

Vlogger otomotif dengan subscribers hampir 1 juta itu menambahkan, sebagai masyarakat urban yang memiliki banyak kegiatan, biasanya muncul kebutuhan memiliki kendaraan lebih dari satu.

Bila memutuskan untuk membeli kendaraan kedua, tentunya ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan. Sebagai contoh, potential service fee yang harus dikeluarkan akan semakin besar ke depannya.

“Ditambah lagi, sisi perawatan serta pajak dan asuransi dari kedua mobil. Ini akan berpengaruh pada kesesuaian budget. Oleh karena itu, masyarakat harus cermat memanfaatkan penawaran atau diskon yang tengah berlangsung, supaya keuangan tidak kacau,” jelasnya.

Beli kendaraan sesuai kondisi finansial

Merespons hal tersebut, Consumer Business Collaboration Head PT Bank Danamon Indonesia Tbk Tommy Halim ikut mengamini.

Menurutnya, pertimbangan beli mobil tidak hanya dilihat dari kebutuhan akan kendaraan, tetapi juga dari kondisi finansial. Oleh karena itu, penting juga untuk mempertimbangkan mitra pembiayaan yang tepat dan tepercaya.

Melalui produk KPM Prima, Danamon dan Adira Finance bermitra untuk menyediakan solusi pembiayaan yang flexible sesuai kemampuan dan kondisi finansial calon pembeli.

“Misalnya, jika memiliki uang idle yang cukup besar, maka down payment kendaraan bisa lebih besar supaya cicilan bisa lebih kecil sehingga tidak mengganggu cash flow bulanan. Bisa juga mempertimbangkan agar down payment lebih kecil, tetapi cicilan bulanan tentunya akan lebih besar,” terangnya.

Selain itu, imbuh Halim, masyarakat dapat memanfaatkan berbagai promo pembelian dan cicilan kendaraan, baik roda empat maupun roda dua. Salah satu promo yang dapat dioptimalkan, yakni persembahan Danamon melalui KPM Prima.

Menjalin kerja sama dengan Adira Finance, Danamon memberikan promo spesial bagi nasabah yang ingin memiliki kendaraan baru ataupun bekas selama acara DXPO by Danamon di Central Park Mall, pada Kamis (20/7/2023) hingga Minggu (23/7/2023).

Selama DXPO berlangsung, masyarakat berkesempatan mendapatkan promo bunga 2,67 persen tetap untuk tenor 2 tahun.

Tak hanya bunga ringan, KPM Prima menawarkan promo cashback hingga Rp 1 juta yang akan diberikan dalam bentuk Adira Poin untuk masyarakat yang mengajukan kredit kendaraan di KPM Prima Expo, dan masih banyak penawaran menarik lainnya.

“Selain berbagai penawaran, ada juga fasilitas approval di tempat (instant approval) bagi pengajuan di booth Adira Finance selama DXPO, dan Test Drive untuk mobil baru,” tambahnya.

Memperingati hari ulang tahun (HUT) ke-67, Danamon menghadirkan DXPO Talks by Danamon yang telah diselenggarakan mulai 20-23 Juli 2023.

Mengusung tema “Tumbuh Bersama” pada HUT tahun ini, Danamon berharap dapat memberikan inspirasi bagaimana mengelola serta merencanakan keuangan pribadi dan keluarga melalui rangkaian talkshow DXPO Talks.

Hal itu sejalan dengan aspirasi Danamon untuk menjadi one-stop financial solution provider di setiap tahapan kehidupan nasabah untuk membantu nasabah memegang kendali atas semua kebutuhan dan tujuan finansialnya.

Untuk informasi lebih lengkap mengenai acara tersebut serta promo-promonya, kunjungi bdi.co.id/dxpo.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com