Advertorial

BNPT RI Luncurkan CSIRT untuk Tingkatkan Keamanan Siber

Kompas.com - 01/08/2023, 20:24 WIB

KOMPAS.com - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Republik Indonesia (BNPT RI) meluncurkan Computer Security Incident Response Team (CSIRT) untuk meningkatkan keamanan siber dalam Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

Tim tersebut diluncurkan di Aula Kantor Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Sawangan, Depok, Selasa (1/8/2023).

Untuk diketahui, CSIRT-BNPT merupakan tim yang bertugas mendeteksi, mencegah, dan menangani ancaman keamanan siber terhadap infrastruktur informasi vital dan penting bagi keberlangsungan negara.

Sekretaris Utama BNPT RI Bangbang Surono Ak, MM, CA, mengatakan bahwa CSIRT-BNPT akan memastikan SPBE di lingkungan BNPT aman dan terlindungi.

“CSIRT-BNPT akan mewujudkan pengelolaan keamanan informasi di lingkungan BNPT sesuai dengan prinsip keamanan informasi, yaitu menjamin ketersediaan (availability), keutuhan (integrity), dan kerahasiaan (confidentiality) terhadap seluruh aset informasi BNPT,” katanya dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Senin.

Kepala BSSN Letjen TNI (Purn) Hinsa Siburian mengibaratkan CSIRT layaknya pasukan yang berusaha mengamankan ruang siber nasional. Tim ini berperan krusial dalam menjaga keamanan SPBE yang merupakan bagian dari Layanan Digital Nasional.

Hal senada turut disampaikan Deputi Bidang Kelembagaan dan Tata Laksana Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) Nanik Murwati, SE, MA.

“Keamanan siber merupakan pilar utama dalam Layanan Digital Nasional. Dalam SPBE, CSIRT dapat berperan penting dalam bidang penguatan keamanan informasi sehingga menciptakan layanan digital pemerintah tepercaya (digital trust),” ujarnya.

Sebagai informasi, selain BNPT RI, sejumlah kementerian dan lembaga juga meluncurkan CSIRT. Beberapa di antaranya adalah Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK), Kementerian Sosial, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Kemaritiman), Kemenpan RB, dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Selain itu, ada pula Radio Republik Indonesia (RRI), Badan Keamanan Laut, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Badan Pembinaan Ideologi Pancasila, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Arsip Nasional, Kementerian Perindustrian, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendesa PDTT), Sekretariat Kabinet, dan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com