Advertorial

Tak Cuma Petronas, Ini 7 Tempat Wisata Bersejarah di Malaysia yang Wajib Dikunjungi

Kompas.com - 03/08/2023, 09:03 WIB

KOMPAS.com – Salah satu destinasi wisata di Negeri Jiran yang kerap masuk dalam bucket list wisatawan Indonesia saat plesiran ke Malaysia adalah menara kembar Petronas. Bagi mereka, tak lengkap rasanya bertandang ke Malaysia tanpa berfoto di depan ikon populer tersebut.

Padahal, masih banyak destinasi wisata lain yang tak kalah menarik untuk dikunjungi selain Petronas. Jika ditelisik lebih dalam, Malaysia punya ragam destinasi wisata yang menarik untuk disambangi. Tak terkecuali, tempat bernilai sejarah.

Jika bertandang ke Malaysia, tak ada salahnya Anda menyempatkan diri mengunjungi tempat-tempat bersejarah.

Untuk diketahui, Malaysia adalah negara yang pernah berada di bawah kekuasaan Inggris. Tak heran, sejumlah nilai sejarah, seperti arsitektur, kaya akan ornamen khas Britania Raya.

Anda pun dapat melihat pengaruh-pengaruh tersebut di berbagai destinasi wisata bernilai sejarah yang ada di Malaysia. Sebagai contoh, The Stadthuys, Masjid Jamek Sultan Palace, dan Baba Nyonya Heritage.

Deretan destinasi wisata sejarah tersebut juga dekat dengan Hotel Kuala Lumpur. Oleh karena itu, Anda pun tidak perlu kesusahan mencarinya. 

Perlu diketahui, destinasi-destinasi itu memiliki terjangkau, apalagi dengan adanya potongan harga di Traveloka Travel Fair.

Berikut Kompas.com rangkumkan tujuh tempat wisawa bernilai sejarah di Malaysia yang dapat dimasukkan ke dalam bucket list.

  1. The Stadthuys

The Stadthuys merupakan bekas pusat administratif kantor Gubernur Belanda yang ada di Malaysia. Dibangun pada 1650, bangunan ini telah beralih fungsi sebagai museum sejarah.

Letaknya bersebelahan dengan Christ Church sehingga wisatawan dapat dengan mudah menemukannya.

Apalagi, dinding bangunan The Stadthuys cukup mencolok, yakni berwarna merah. Pintu besar yang kokoh serta jendela louver juga menjadi ciri khas tersendiri bangunan bersejarah itu.

  1. Melaka Sultanate Palace

Ada banyak sekali museum bernilai sejarah di Malaysia. Salah satu yang paling ikonik adalah Museum Kesultanan Melaka atau Melaka Sultanate Palace.

Untuk diketahui, museum yang dibangun sejak abad 80-an itu menampilkan miniatur Istana Kesultanan Melaka. Di dalam istana tersebut terdapat berbagai benda bersejarah, mulai dari baju adat hingga kamar tidur Sultan.

Untuk dapat melihat koleksi benda bersejarah di Melaka Sultanate Palace, Anda hanya cukup membayar tiket sebesar 5 ringgit.

  1. Masjid Jamek Sultan Abdul Samad

Di Malaysia ada satu masjid yang merupakan saksi masuknya kolonialisme di Negeri Jiran, yakni Masjid Jamek Sultan Abdul Samad. Destinasi ini adalah rumah ibadah yang berdiri di atas lahan dua sungai.

Dirancang arsitek asal Britania Raya, masjid tersebut semakin terlihat corak khasnya yang unik. Terdapat juga perpaduan unsur budaya Spanyol dan Afrika Utara yang membuatnya terlihat megah.

  1. Thean Hou Temple

Ingin mencoba wisata berbau sejarah di Malaysia tapi kantong lagi tipis? Anda bisa coba pergi ke Thean Hou Temple, tempat wisata berbau sejarah yang kental akan Budaya China. Lokasi kuil ini ada di 65 Persiaran Endah, Kuala Lumpur.

Salah satu hal menarik yang membuatnya jadi magnet pengunjung adalah bangunannya setinggi enam tingkat. Kuil dengan unsur Buddhisme yang kental itu biasanya digunakan untuk memuja Dewi Mazu.

  1. Muzium Diraja Negara

Muzium Diraja merupakan bekas istana tempat tinggal Paduka Baginda Yang Dipertuan Agong. Istana ini berdiri sejak 1957 hingga 2011.

Nah, selama istana tersebut aktif, bangunannya tertutup untuk umum dan dijaga tentara serta pasukan berkuda.

-Dok. Traveloka -

Sejak November 2011, istana dipindah ke Jalan Duta Kuala Lumpur sehingga istana yang lama diubah menjadi museum yang dibuka untuk umum. Di dalam komplek istana ini terdapat kolam renang, lapangan, taman, kantor polisi, air mancur, dan danau buatan.

  1. Kellie’s Castle

Jika Anda mampir ke daerah Batu Gajah, Malaysia, sempatkan singgah ke Kellie’s Castle. Istana ini selalu ramai dikunjungi wisatawan karena merupakan peninggalan warga Inggris pada era penjajahan kala itu.

Jika datang dari Ipoh railway ke Kellie’s Castle, Anda memerlukan waktu kurang lebih 60 menit ketika tidak macet untuk mengunjunginya. Sesampainya di Kellie’s Castle, Anda akan melihat arsitektur yang penuh ukiran seni.

  1. Baba Nyonya Heritage

Ada banyak sekali peranakan Chinese di Malaysia. Salah satunya, museum khas warga Chinese Baba Nyonya Heritage. Adapun tempat wisata satu ini merupakan museum keluarga Chan yang ditempati hingga generasi keempat.

Saat berkunjung ke Museum Baba Nyonya, Anda dapat melihat peninggalan kejayaan pada masa lampau. Adapun bangunan museum sudah ada sejak 1896 yang dulunya adalah rumah milik keturunan keluarga China.

Museum Baba Nyonya sendiri sebenarnya adalah kumpulan tiga rumah yang ditata indah. Anda bisa mengunjungi museum ini di kawasan Jonker Street.

Itulah tujuh destinasi wisata sejarah di Malaysia yang wajib disambangi saat liburan ke Malaysia. Tertarik untuk menyambanginya?

Bagi Anda yang ingin menyambangi deretan wisata tersebut, ada sedikit tip untuk berkeliling di Negeri Jiran dengan mudah.

Salah satunya, memanfaatkan fasilitas moda transportasi umum MRT. Tarif moda ini pun cukup terjangkau, hanya 1 ringgit 50 sen atau setara Rp 5.000. Namun, fasilitas ini hanya mencakup area Kuala Lumpur.

Biar makin hemat, Anda bisa booking hotel atau tiket pesawat menuju Negeri Jiran lewat Traveloka. Apalagi, sekarang ada Traveloka Travel Fair yang dapat Anda optimalkan untuk berliburan dengan ragam diskon hotel, tiket pesawat, dan atraksi sampai dengan 50 persen + 30 persen untuk keliling dunia!

Sebagai informasi, #TravelokaTravelFair diselenggarakan mulai Jumat (3/8/2023) hingga Minggu (3/9/2023).

Jangan lewatkan kesempatan tersebut dan rencanakan liburan ke Malaysia dari sekarang.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com