Advertorial

Inflasi Indonesia Terkendali berkat Arahan Presiden Jokowi dan Koordinasi Pusat-Daerah

Kompas.com - 03/08/2023, 13:16 WIB

KOMPAS.com – Indonesia berhasil menekan angka inflasi secara tahunan atau year-on-year (yoy) dari 3,52 persen pada Juni 2023 menjadi 3,08 persen pada Juli 2023, sebagaimana dilaporkan Badan Pusat Statistik (BPS) pada Selasa (1/8/2023).

Capaian itu bahkan lebih baik jika dibandingkan negara-negara lain yang masih mengalami inflasi tinggi. Sebut saja, Jerman (6,17 persen), Inggris (7,90 persen), Turki (38,21 persen), dan Argentina (115,60 persen), seperti dilansir dari laporan tradingeconomics.com per Rabu (2/8/2023).

Salah satu faktor yang berkontribusi terhadap keberhasilan pengendalian inflasi di Indonesia adalah komitmen, perhatian, dan arahan yang diberikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). 

Pada sejumlah rapat, Presiden selalu memberikan instruksi yang jelas dan detail mengenai solusi masalah tersebut, baik di pusat maupun daerah. Bahkan, Jokowi juga sering mengecek langsung kondisi inflasi di lapangan, termasuk harga komoditas pangan dan barang jasa.

Selain itu, Presiden juga rutin menyelenggarakan rapat koordinasi (rakor) Tim Pengendalian Inflasi Pusat (TPIP) yang berada di bawah Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian (Kemenko Perekonomian).

Di level daerah, rakor Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) dilaksanakan di bawah koordinasi Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Presiden juga secara khusus menugaskan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian untuk menggelar kegiatan tersebut secara rutin setiap minggu seperti saat penanganan pandemi Covid-19.

Tito sendiri menilai bahwa pemerintah daerah (pemda) punya peran vital dalam pengendalian inflasi. Oleh karena itu, upaya tersebut harus terus dilakukan oleh pemda.

Ia pun mengingatkan, meski saat ini secara umum angka inflasi mengalami tren positif, beberapa daerah masih mencatatkan angka inflasi tinggi.

“Kemendagri terus berupaya membantu daerah yang angka inflasinya masih tinggi. Tim dari Kemendagri juga turun langsung ke daerah-daerah yang pada kurun waktu tertentu angka inflasi tidak turun-turun,” ujarnya dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Kamis (3/8/2023).

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com