Advertorial

Siapkan Generasi Emas Cilegon, Wali Kota Helldy Maksimalkan Program Beasiswa Full Sarjana

Kompas.com - 04/08/2023, 21:54 WIB

KOMPAS.com – Wali Kota Cilegon Helldy Agustian fokus mendorong peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) melalui berbagai program pendidikan. Salah satunya memaksimalkan program Beasiswa Full Sarjana S1.

Hal itu dilakukan sebagai upaya untuk menyiapkan dan menciptakan generasi emas Kota Cilegon. Oleh karena itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) giat melakukan sosialisasi.

Terbaru, Dindikbud Cilegon menggelar sosialisasi Beasiswa Full Sarjana S1 2023 di Aula Setda II Kota Cilegon, Banten, Jumat (4/8/2023). Kegiatan ini diikuti oleh pengurus organisasi siswa intra sekolah (OSIS) sekolah menengah atas (SMA) atau sederajat se-Kota Cilegon.

“Kalian (pelajar) adalah juara. Dari banyak orang, kalian adalah pilihan menjadi pengurus OSIS. Lebih jauh lagi, kalian adalah juara dari rahim ibu kalian. Maka, berbanggalah karena kalian adalah juara dan juara haruslah terus berusaha,” kata Wali Kota Cilegon Helldy Agustian di hadapan peserta seperti dalam rilis pers yang diterima Kompas.com.

Helldy mengatakan, pelajar merupakan generasi yang harus memiliki mental baja. Ia pun meminta peserta yang hadir untuk tidak mudah menyerah.

“Sama seperti halnya berlian yang kuat karena ditempa oleh proses yang berat. Jangan lemah seperti arang yang tak bernilai harganya, padahal sama-sama berasal dari karbon. Terlebih, kami, (Pemkot) Cilegon, sedang mempersiapkan generasi emas Indonesia 2045,” tuturnya.

Helldy pun meminta para pelajar untuk membuat sejarah dengan menjadi orang Cilegon yang berhasil populis secara nasional.

“Saya meminta kalian dapat menciptakan sejarah. Belum ada orang yang populis secara nasional dari Cilegon. Maka, ini kesempatan kalian untuk menciptakan sejarah,” pintanya.

Helldy berharap, para pelajar dapat menyosialisasikan program Beasiswa Full Sarjana S1 kepada pelajar lain. Sebab, ia meyakini bahwa pendidikan dapat mengubah keadaan keluarga.

Kepala Dindikbud Kota Cilegon Heny Anita Susila mengatakan, tujuan mengundang perwakilan OSIS se-Kota Cilegon itu dalam rangka menyosialisasikan program Beasiswa Full Sarjana S1 2023.

"Kami mengumpulkan adik-adik ini untuk menyosialisasikan program Beasiswa Full Sarjana agar bisa diinformasikan kembali kepada teman-teman lain di sekolah. Kami mengundang dua pengurus OSIS dari 60 SMA, SMK, dan MA se-Kota Cilegon untuk menjadi jembatan kepada teman-temannya," kata Heny.

Heny menjelaskan, setidaknya sudah ada 1.731 mahasiswa yang sudah menerima program Beasiswa Full Sarjana dari Pemkot Cilegon.

“Target tahun ini bisa menjadi 3.000 orang penerima sehingga adik-adik berpeluang besar mengisi 1.269 kuota beasiswa tahun ini. Saya berharap, adik-adik dapat mengambil kesempatan baik ini dan semakin banyak yang memanfaatkan program Beasiswa Full Sarjana,” jelasnya.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com