Advertorial

Ribuan Pelari Padati Rowo Jombor Meriahkan Jombor Run 2023

Kompas.com - 05/08/2023, 20:12 WIB

KOMPAS.com – Rowo Jombor, sebuah kawasan wisata di Bayat, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, menjadi saksi ribuan pelari berkompetisi menyelesaikan lomba lari bersama dalam Jombor Run 2023.

Evenolahraga tersebut digelar pada Sabtu (5/8/2023) pagi sebagai salah satu rangkaian perayaan hari ulang tahun (HUT) ke-219 Kabupaten Klaten.

Para peserta Jombor Run 2023 dibagi menjadi dua kategori, yaitu umum dan pelajar. Mereka berlari mengelilingi Rowo Jombor yang memiliki luas sekitar 198 hektar. Start dan finish dilakukan di Taman Nyi Ageng Rakit.

Antusiasme pelari terlihat dari peserta yang berasal dari berbagai daerah, mulai dari Salatiga, Demak, hingga Sumatera.

Kepala Dinas Kebudayaan Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Kabupaten Klaten Sri Nugroho mengatakan bahwa Jombor Run akan dijadikan agenda tahunan karena mendapat sambutan positif dari masyarakat.

Untuk diketahui, ajang tersebut tidak hanya diikuti oleh pelari dari daerah setempat, tetapi juga Salatiga, Demak, bahkan Pulau Sumatera.

Menurut Sri, selain menambah khazanah olahraga di Klaten, Jombor Run 2023 juga meningkatkan potensi pariwisata dan ekonomi lokal.

“Kami akan mengembangkan event tersebut agar lebih semarak pada tahun mendatang. Selain mengembangkan potensi keolahragaan, kami juga ingin mengangkat wisata Rowo Jombor dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar,” ujarnya dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Sabtu.

Jombor Run 2023 turut dihadiri Bupati Klaten Sri Mulyani. Selain menyemangati para pelari saat lomba dimulai, ia juga menyerahkan medali secara langsung kepada para pelari yang mencapai garis finish paling awal di setiap kategori.

Pada kesempatan itu, ia pun mengapresiasi penyelenggaraan Jombor Run 2023. Menurutnya, acara ini bisa menjadi salah satu daya tarik wisatawan ke Klaten.

“Olahraga bisa menjadi magnet bagi wisatawan dari berbagai daerah untuk berkunjung ke Klaten. Jombor Run merupakan salah satu sarana promosi bagi Klaten sebagai Kota Bersinar,” tuturnya.

Ia berharap, event serupa, bahkan dari cabang olahraga lain, bisa digelar di tempat-tempat wisata lain di Klaten. Dengan demikian, potensi pariwisata Kota Bersinar semakin meningkat.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com