Advertorial

Gelar Sidang Senat Terbuka, PEM Akamigas Lantik 309 Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2023/2024

Kompas.com - 06/08/2023, 09:09 WIB

KOMPAS.com - Politeknik Energi dan Mineral Akademi Minyak dan Gas Bumi (PEM Akamigas) menggelar Sidang Senat Terbuka Pelantikan Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2023/2024, di Graha Oktana PEM Akamigas, Jumat (4/8/2023).

Perguruan tinggi vokasi di bawah Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (Kementerian ESDM) itu menerima 309 mahasiswa baru (maba) yang akan mengikuti pendidikan mulai Tahun Akademik 2023/2024.

Ratusan maba tersebut telah dinyatakan lolos seleksi dari total jumlah peminat 2.146 orang. Mereka lolos setelah melalui rekrutmen yang dilakukan sebanyak empat gelombang.

Untuk diketahui PEM Akamigas memiliki lima program studi (prodi), yaitu Teknik Produksi Minyak dan Gas (Migas), Teknik Pengolahan Migas, Teknik Mesin Kilang, Teknik Instrumentasi Kilang dan Logistik Migas.

Direktur PEM Akamigas Erdila Indriani mengatakan, pihaknya memiliki jumlah student body sebanyak 1.093 mahasiswa. Dari jumlah ini, persentase mahasiswa program beasiswa sebesar 35 persen dan mahasiswa reguler 65 persen.

“Hal ini menunjukkan peran dan fungsi PEM Akamigas sebagai lembaga pendidikan tinggi inklusif yang mampu memberikan kesempatan, serta akses pendidikan tinggi bagi mahasiswa yang berasal dari berbagai latar belakang,” ujar Erdila dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Sabtu (5/8/2023)

Ia menjelaskan bahwa pihaknya menerima mahasiswa baru tahun akademik 2023/2024 yang berasal dari luar Indonesia, yaitu Timor Leste.

Selain itu, kata dia, PEM Akamigas juga menerima mahasiswa baru dari berbagai perusahaan di luar negeri, seperti Dolphin Energy Qatar dan Abu Dhabi National Oil Company (Adnoc).

“PEM Akamigas saat ini menerapkan kurikulum yang mendukung sistem full day school dan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Hal ini menjadi awal yang baik dari upaya PEM Akamigas menuju World Class Polytechnic,” ucapnya.

Pada kesempatan tersebut, PEM Akamigas juga melakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan Yayasan Bina Taruna Indonesia Bumi Cendrawasih tentang Penyelenggaraan Pendidikan Vokasi Program Sarjana Terapan dalam rangka Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) di Sektor Energi dan Mineral.

Perjanjian tersebut juga mencantumkan bahwa 25 mahasiswa atau lima mahasiswa dari masing-masing prodi berhak atas penghargaan dari PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) untuk prestasinya sebagai peraih skor tertinggi pada saat seleksi penerimaan mahasiswa baru.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com