Advertorial

Petani Kabupaten Klaten Unjuk Gigi di Pameran Pembangunan Pertanian dan Pasar Tani 2023

Kompas.com - 09/08/2023, 16:39 WIB


KOMPAS.com
– Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Klaten menggelar Pameran Pembangunan Pertanian dan Pasar Tani di halaman Mal Pelayanan Publik (MPP), Kabupaten Klaten, mulai Rabu (9/8/2023) hingga Jumat (11/8/2023).

Kepala DKPP Klaten Widiyanti mengatakan, pameran tersebut menghadirkan 65 stan yang menampilkan produk dari kelompok wanita tani, Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA), dan perbankan.

Tidak hanya itu, imbuh Widiyanti, gelaran tersebut juga memamerkan potensi hasil pertanian dari berbagai wilayah di Kabupaten Klaten, mulai dari beras, sayuran, aneka hasil palawija, hingga hasil perikanan.

“Pameran Pembangunan Pertanian dan Pasar Tani 2023 bertujuan untuk menginformasikan progres pertanian Kabupaten Klaten sekaligus mempromosikan produk-produk sektor pertanian lokal. Lewat kegiatan ini, petani juga membangun jejaring dengan pasar,” ujar Widiyanti dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Rabu.

Pada kesempatan sama, Bupati Klaten Sri Mulyani mengapresiasi penyelenggaraan pameran tersebut.

Sedikitnya terdapat 65 stan yang menampilkan produk dari kelompok wanita tani, Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA), dan perbankan pada gelaran Pameran Pembangunan Pertanian dan Pasar Tani 2023 di Kabupaten Klaten.Dok. Pemkab Klaten Sedikitnya terdapat 65 stan yang menampilkan produk dari kelompok wanita tani, Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA), dan perbankan pada gelaran Pameran Pembangunan Pertanian dan Pasar Tani 2023 di Kabupaten Klaten.

Ia berharap, kehadiran Pameran Pembangunan Pertanian dan Pasar Tani 2023 dapat mendorong petani di Kabupaten Klaten agar semakin berkembang, khususnya dalam meningkatkan kualitas produk pertanian.

“Sebagai sektor unggulan, usaha sektor pertanian harus menguntungkan dan menyejahterakan petani,” kata Sri.

Ia menambahkan, selain memamerkan produk pertanian, pameran tersebut juga menjadi kesempatan untuk mempertemukan petani sebagai produsen dan konsumen.

“Pameran ini sekaligus bertujuan untuk mempromosikan dan mengangkat potensi agar dikenal masyarakat luas. Kegiatan ini perlu ditingkatkan dan digelar secara berkala. (Dengan begitu), diharapkan nilai produk lokal dapat meningkat agar masyarakat lebih sejahtera,” imbuhnya.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com