Advertorial

Tampil Kompak, 15.110 Pemain Angklung Indonesia Berhasil Pecahkan Rekor Dunia

Kompas.com - 10/08/2023, 11:18 WIB

KOMPAS.com – Indonesia berhasil memecahkan rekor dunia Guinness World Records (GWR) di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Sabtu (5/8/2023).

Pergelaran angklung yang diinisiasi oleh Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM) atas prakarsa Ibu Negara Iriana Joko Widodo (Jokowi) itu berhasil mendapat rekor sebagai permainan angklung dengan peserta terbanyak, yakni 15.110 orang.

Semua peserta bermain kompak selama 7 menit dengan nada dan musik yang padu saat memainkan dua lagu, yakni “Berkibarlah Benderaku” dan “Wind of Change”.

Padunya gerakan itu pun tak lepas dari antusiasme dan fokus mereka dalam mengikuti arahan konduktor.

Berkat hal tersebut, penilai resmi GWR Sonia Ushirogochi merasa kagum dan mengapresiasi kekompakan yang diperlihatkan oleh para peserta saat memecahkan rekor dunia.

Adapun pada akhir pergelaran, Sonia menyerahkan sertifikat GWR kepada koordinator acara sekaligus Ketua Umum OASE KIM Tri Tito Karnavian. Selanjutnya, Tri menyerahkan sertifikat itu kepada Ibu Negara Iriana Jokowi.

Tri mengatakan, pergelaran angklung terbesar itu sudah direncanakan sejak 2022. Para peserta pun selalu giat berlatih selama kurang lebih 3 bulan persiapan.

“Mereka ingin menyukseskan pergelaran tersebut. Kecintaan kepada alat musik tradisional angklung harus terus diupayakan ke seluruh masyarakat. Terlebih, pandemi Covid-19 berdampak kepada seniman, bahkan industri alat musik tradisional angklung,” ujar Tri dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Kamis (10/8/2023).

Tri berharap, lewat pergelaran tersebut, alat musik angklung dapat terus bangkit, semakin dicintai semua generasi, dan selalu menjadi bagian dari seni musik. Tidak hanya di daerah asalnya, Jawa Barat dan negara Indonesia, tapi juga di dunia.

Sebagai informasi, acara pergelaran angklung juga dimeriahkan oleh penampilan dari juara Indonesian Idol 2023 Salma Salsabil dan grup musik Kahitna.

Kegiatan itu pun turut dihadiri oleh Presiden Jokowi, Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim, dan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi.

Selanjutnya, Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita, Panglima Tentara nasional Indonesia (TNI) Laksamana TNI Yudo Margono, dan Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo.

Selain itu, acara juga dihadiri para pengurus OASE KIM yang terdiri atas istri-istri anggota Kabinet Indonesia Maju

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com