Advertorial

Ciptakan Lingkungan Kerja Terbaik, Gandum Mas Kencana Raih 2 Penghargaan dari HR Asia

Kompas.com - 10/08/2023, 13:58 WIB

KOMPAS.com – Produsen cokelat dengan brand Colatta, Haan, Bendico, dan La Kreiva, PT Gandum Mas Kencana (GMK), terpilih sebagai salah satu perusahaan tempat kerja terbaik di Asia dalam ajang HR Asia Best Companies to Work for in Asia Awards 2023 yang digelar HR Asia.

Dalam ajang itu, GMK dianugerahi dua penghargaan, yaitu Best Companies to Work in Asia dan Special Awards: The Most Caring Company. Adapun penghargaan tersebut diterima langsung oleh President Director GMK Susanna Solichin di Hotel Ritz Carlton, Jakarta, Selasa (27/6/2023).

"Kami sangat bersyukur dan merasa terhormat menerima penghargaan HR Asia Best Companies to Work for in Asia 2023 dan Special Awards: The Most Caring Company untuk kedua kalinya. Prestasi ini tak dapat diraih tanpa kolaborasi seluruh tim di GMK," papar Susan dalam rilis pers yang diterima Kompas.com, Kamis (10/8/2023).

Susan menjelaskan bahwa penghargaan tersebut merupakan bentuk apresiasi untuk GMK sebagai tempat bekerja terbaik bagi karyawan. Berbagai upaya pun telah dilakukan perusahaan untuk menciptakan lingkungan kerja yang nyaman dan menyenangkan.

“GMK selalu berusaha mendorong karyawan mengeluarkan potensi terbaiknya dan terus mengembangkan diri seiring dengan perkembangan bisnis GMK,” ujarnya.

GMK meyakini bahwa budaya kerja yang positif merupakan pondasi dari lahirnya pencapaian kinerja terbaik. Dengan mengusung tagline “Energized and Happy People”, GMK ingin terus menciptakan tempat kerja yang menyenangkan dan mendatangkan semangat bagi seluruh karyawan.

Untuk meningkatkan work-life balance, GMK kerap menginisiasi sejumlah kegiatan rekreasi yang disebut Fun at Work. dok. Gandum Mas Kencana Untuk meningkatkan work-life balance, GMK kerap menginisiasi sejumlah kegiatan rekreasi yang disebut Fun at Work.

“Karyawan yang merasa kerja keras mereka diakui dan dihargai akan termotivasi untuk mempertahankan dan meningkatkan kinerja hebat mereka,” papar Senior Manager of Organization and People Development GMK Titian Utami.

Lingkungan kerja suportif

GMK pun berkomitmen untuk menciptakan lingkungan kerja yang suportif dan menarik. Melalui berbagai program kesehatan dan kesejahteraan, GMK memperkuat praktik kesehatan, keselamatan, dan kesejahteraan bagi karyawan, serta memupuk budaya tempat kerja yang inklusif.

General Manager Human Capital GMK Pangudi Prayoga mengatakan, pihaknya berkomitmen untuk terus memberikan dukungan terbaik kepada G-People–sapaan untuk karyawan GMK–dengan membuat kebijakan yang berorientasi pada manusia.

“Untuk meningkatkan work-life balance G-People, kami juga menginisiasi sejumlah kegiatan rekreasi yang disebut Fun at Work. Sebagai contoh, GMK Got Talent, Sport Competition, Breakout, dan G-Cinema atau nonton bareng,” ujar Prayoga.

Acara Kick Off Budget 2023 yang diselenggarakan GMK dan dikemas dengan suasana yang menarik mengusung tema basket.dok. Gandum Mas Kencana Acara Kick Off Budget 2023 yang diselenggarakan GMK dan dikemas dengan suasana yang menarik mengusung tema basket.

Lebih lanjut, Susan mengatakan, menghadirkan lingkungan kerja yang positif tidak hanya sebatas mendukung produktivitas, tetapi juga kenyamanan karyawan.

“Sebab, lingkungan kerja yang nyaman dan menyenangkan akan memberikan dampak positif bagi kepuasan kerja karyawan," ujar Susan.

Sebagai informasi, Best Companies to Work for in Asia Awards merupakan penghargaan yang diberikan kepada perusahaan yang secara konsisten menciptakan suasana bekerja yang nyaman dan menyenangkan sehingga menghasilkan skor tingkat keterlibatan tertinggi.

Selain tingkat keterlibatan karyawan yang tinggi dan budaya tempat kerja yang baik, penghargaan itu juga diberikan kepada perusahaan dengan praktik sumber daya manusia (SDM) terbaik.

Lebih dari 300 perusahaan dari 13 negara Asia, yakni China, Kamboja, Hong Kong, Indonesia, India, Korea, Makau, Malaysia, Filipina, Singapura, Taiwan, Thailand, dan Vietnam, berpartisipasi dalam ajang tersebut.

Setelah melalui proses penilaian cukup ketat yang dilakukan melalui survei online kepada karyawan, kunjungan ke kantor, presentasi, dan audit, GMK berhasil meraih kembali dua penghargaan prestisius itu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com