Advertorial

Gandeng IFBEC Banten, Atria Hotel Gading Serpong Gelar Kompetisi Bartender

Kompas.com - 10/08/2023, 14:57 WIB

KOMPAS.com - Indonesian Food & Beverage Executive Association Provinsi Banten (IFBEC Provinsi Banten) bersama Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Provinsi Banten menggelar kompetisi bartender perdana bertajuk “Local Pair Mixologist” di Atria Hotel Gading Serpong, Tangerang, Sabtu (5/8/2023).

Acara tersebut digelar untuk memperkenalkan bahan-bahan tradisional Indonesia dan meningkatkan kompetensi seluruh peserta yang turut dalam mengembangkan dunia pariwisata.

Local Pair Mixologist turut dihadiri Ketua Badan Pengurus Daerah (BPD) PHRI G S Ashok Kumar dan Ketua IFBEC Provinsi Banten Dimas Purbo Iskandar.

Cluster General Manager Atria Hotel & Residences Gading Serpong mengatakan bahwa lewat kerja sama dengan IFBEC dan PHRI, pihaknya ingin menunjukkan bahwa bahan-bahan tradisional juga dapat dikreasikan menjadi minuman modern.

“Kreasi tersebut juga dapat menambah nilai dari minuman tradisional. Sebab, bahan tradisional juga dianggap memiliki banyak manfaat dan ragam cerita menarik yang bisa diangkat dari bahan-bahan tersebut," tutur Wahyono dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Kamis (10/8/2023).

Pada kesempatan sama, G S Ashok Kumar turut mengapresiasi gelaran Local Pair Mixologist. Sebab, acara ini tidak sekadar menjadi kompetisi, tetapi juga memberikan pengetahuan tentang cara meracik minuman.

“Harapannya, mereka dapat menggunakan kemampuan kreatif mereka dengan baik untuk membuat minuman yang sangat bervariasi dan disukai oleh semua generasi,” imbuhnya.

Pemenang dan Seluruh Peserta Live Bartender Competition Dok. Atria Residence Pemenang dan Seluruh Peserta Live Bartender Competition

Sementara itu, salah satu juri Local Pair Mixologist, Andrew, menuturkan bahwa menjadi bartender tidak sekadar mencampur segala macam minuman yang ada, tetapi juga membangun tujuan dan cerita.

"Begitu pula dengan cara penyampaian dan juga presentasi dari minuman yang menjadi poin penilaian kami," jelasnya.

Kompetisi tersebut diikuti oleh 28 peserta individu dan profesional yang berasal dari Tangerang dan Jakarta.

Setelah babak penyisihan, enam bartender terbaik dipilih oleh juri untuk membuat minuman dengan bahan yang telah disiapkan oleh panitia. Untuk menghasilkan tiga pemenang, masing-masing juri akan memilih satu minuman.

Adapun juara pertama diraih Ramos Nenggo dari Golden 8 Bar Pantai Indah Kapuk, juara kedua diraih Kristiyawan Radityo Swasti dari Atria Hotel & Residences Gading Serpong, dan juara ketiga diraih Fajri Ramadoni dari The Hermitage, A Tribute Portfolio Hotel Jakarta.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com