Advertorial

Prodia OHI Ajak Masyarakat Peduli pada Keamanan dan Kualitas Air

Kompas.com - 11/08/2023, 08:52 WIB

KOMPAS.com – Air merupakan sumber kehidupan yang sangat penting bagi manusia. Sayangnya, tidak semua air aman dikonsumsi, apalagi berkualitas baik. Banyak air yang tercemar mikroba, bahan kimia, atau benda asing lainnya sehingga menyebabkan berbagai penyakit, bahkan kematian.

Oleh karena itu, Prodia Occupational Health Indonesia (Prodia OHI) menggelar seminar web daring bertajuk POHI PROVEN bagian ketiga dengan tema “Water Safety & Quality for Our Health” pada Kamis, (10/8/2023).

Perlu diketahui, seminar web yang digelar itu merupakan kelanjutan dari dua seminar web sebelumnya yang membahas tentang deteksi dini dan pencegahan penyakit infeksi pada pekerja dan dispepsia pada pekerja.

Manager Prodia Food Health Laboratory (Prodia FHL) Marissa Apriyeni mengatakan, seminar web ketiga digelar untuk memberikan informasi dan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga keamanan dan kualitas air yang digunakan dan dikonsumsi, terutama di tempat kerja dan industri pangan.

“Kami memilih tema tersebut karena kami melihat bahwa air memiliki peran yang sangat besar bagi kelangsungan kehidupan manusia. Keamanan dan kualitas air yang digunakan dan dikonsumsi tentu sangat penting untuk diperhatikan dan dijaga oleh semua pihak,” ujar Marissa dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Kamis.

Narasumber ahli yang hadir dalam webinar POHI Proven 'Water Safety & Quality for Our Health'.Dok. Prodia OHI Narasumber ahli yang hadir dalam webinar POHI Proven 'Water Safety & Quality for Our Health'.

Sebagai informasi, kegiatan tersebut menghadirkan tiga narasumber ahli, yaitu Pembimbing Kesehatan Kerja Ahli Madya Dinas Kesehatan Provinsi Bali I Made Partiana, SKM, MSi, Guru Besar Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Udayana Prof Dr Ir I Nengah Kencana Putra, MS, serta Guru Besar Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia Prof Drs Bambang Wispriyono, Apt, PhD.

Bambang menyampaikan bahwa akses air minum yang aman di Indonesia masih di bawah 20 persen. Karenanya, ini menjadi pekerjaan rumah bersama dalam meningkatkan persentasenya. Ia juga mengajak masyarakat untuk bijak dalam pengelolaan dan penggunaan air.

“Masyarakat harus peduli pada lingkungan dengan menjaganya agar tetap bersih dan hijau. Sayangi juga diri sendiri dan keluarga dengan tidak minum air yang kotor dan berbahaya. Di sisi lain, penyedia air harus menyediakan dan mengolah air, serta memastikan airnya aman untuk masyarakat,” tuturnya.

Sementara itu, Partiana menjelaskan bahwa dalam menjamin kesehatan masyarakat, pemerintah telah melakukan uji petik secara berkala untuk memastikan kualitas dan keamanan air, khususnya, bagi pelaku usaha dan industri wisata di Bali.

Terkait air untuk pengolahan produk makanan, Kencana menekankan bahwa kualitasnya harus setara dengan kualitas air minum agar produk tersebut aman dikonsumsi masyarakat.

Sebagai informasi, Prodia FHL merupakan salah satu unit layanan dari Prodia OHI yang berfokus pada keamanan pangan termasuk keamanan dan kualitas air. Laboratorium yang telah terakreditasi ISO 17025 pada 2022 tersebut menyediakan layanan uji mikrobiologi, kimia, uji kualitas air dan nilai gizi pangan.

Webinar Series - 'Water Safety & Quality for Our Health' berlangsung lancar.Dok. Prodia OHI Webinar Series - 'Water Safety & Quality for Our Health' berlangsung lancar.

Prodia OHI sendiri merupakan salah satu anak perusahaan dari Prodia Group yang berdiri sejak 2008 dengan fokus pada layanan kesehatan kerja, kedokteran okupasi, dan keamanan pangan.

Prodia OHI memiliki enam layanan utama, yaitu medical surveillance, electronic health data management (e-HDM), factory clinic management, hazard identification and risk assessment (HIRA), layanan pemeriksaan keamanan pangan, dan specific OH program.

Prodia OHI juga memiliki empat unit pelayanan kesehatan, yaitu Prodia Occupational Health Center (Prodia OHC) di Jakarta dan Jababeka, serta Laboratorium Toksikologi Industri (Prodia IndTox) di Jababeka dan Prodia Food Health Laboratory (Prodia FHL) di Bali yang telah bersertifikat ISO 17025.

“Kami berharap, Prodia FHL dapat menjadi pusat laboratorium keamanan pangan yang mendukung kegiatan di industri food and beverage (F&B), pariwisata, dan fast-moving consumer goods (FMCG), serta bidang usaha lain, seperti perkantoran, perumahan, kantin, katering, usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dan masyarakat umum yang membutuhkan pengujian makanan dan air di Indonesia, khususnya di wilayah Indonesia Timur,” jelas Marissa.

Sebagai bentuk apresiasi kepada masyarakat, Prodia FHL memberikan promo khusus berupa diskon 17 persen untuk pengujian kualitas air bersih dan minum mulai 14 Agustus 2023 hingga 30 September 2023.

Untuk informasi lebih lengkap tentang promo terbaru dan layanan Prodia OHI, silakan hubungi nomor hotline 021-3192 4388 atau kunjungi laman web www.prodiaohi.co.id.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com