Advertorial

Berikan Eksposur untuk Nasabah Binaan, PNM Ikut Serta dalam Ajang UMKM Nasional Expo 2023

Kompas.com - 11/08/2023, 16:15 WIB

KOMPAS.com – PT Permodalan Nasional Madani (PNM) terus melakukan pendampingan kepada nasabah binaannya agar naik kelas dan semakin tenar. Salah satunya, dengan mengikutsertakan nasabah ke dalam ajang UMKM Nasional Expo 2023 di Lapangan Pamedan Mangkunegaran, Kota Surakarta, Jawa Tengah, Kamis (10/8/2023).

Pada acara tersebut, empat nasabah unggulan PNM difasilitasi untuk memamerkan produk usahanya kepada masyarakat luas.

Untuk diketahui, Sekretaris Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM) Arif Rahman Hakim dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming turut hadir memberikan dukungan dalam pembukaan pameran tersebut.

Arif mengatakan, usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) berperan besar dalam pengembangan kegiatan ekonomi lokal.

“Karena itu, penting untuk mengembangkan pendekatan teknologi dan mendorong produk lokal melalui kampanye #FlexingLokal,” ujar Arif dalam rilis pers yang diterima Kompas.com, Jumat (11/8/2023).

Sementara itu, Gibran berharap masyarakat ikut mendukung produk UMKM dengan mengunjungi pameran dan membeli produk UMKM unggulan yang telah berpartisipasi.

Direktur Utama (Dirut) PNM Arief Mulyadi menjelaskan, keikutsertaan nasabah binaan PNM dalam ajang tersebut menjadi momentum untuk berbagi pengalaman baru.

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming saat mengunjungi stan nasabah binaan PNM pada ajang UMKM Nasional Expo 2023 di Lapangan Pamedan Mangkunegaran, Kota Surakarta, Jawa Tengah. dok. PNM Wali Kota Solo Gibran Rakabuming saat mengunjungi stan nasabah binaan PNM pada ajang UMKM Nasional Expo 2023 di Lapangan Pamedan Mangkunegaran, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

Sebab, Arief optimistis bahwa jika terus diberikan stimulus, nasabah binaan PNM mampu bersaing pada skala yang lebih besar.

“Kita semua punya tanggung jawab besar untuk membantu ekonomi pelaku UMKM agar lebih sejahtera. Tumbuhnya usaha nasabah tentu perlu dibantu melalui berbagai stimulus, mulai dari modal finansial, intelektual, hingga sosial,” ujarnya.

Ia berharap, partisipasi PNM yang dikemas dengan nama Balai Warga PNM dapat menjadi titik pertukaran dan penyebaran informasi terkait UMKM. Apalagi, saat ini, ada lebih dari 14,7 juta nasabah PNM Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar) yang dibina di 62 cabang PNM di seluruh Indonesia.

Untuk itu, Arief pun mengajak warga Solo dan sekitarnya untuk mengunjungi acara yang diselenggarakan mulai Kamis hingga Minggu (13/8/2023) tersebut.

“Dukungan masyarakat sangat berperan untuk membangkitkan semangat bertumbuh bagi nasabah binaan PNM. Dengan mengunjungi Balai Warga PNM, tentunya(masyarakat) akan semakin disayang UMKM,” papar Arief.

Di sela-sela acara, Arief sempat mengajak Arif dan Gibran mengunjungi empat stan nasabah binaan PNM, salah satunya adalah Sarung Srawung.

Hal itu dilakukan guna memberi gambaran bahwa saat ini, UMKM sudah semakin adaptif dan unggul. Ini terbukti dari packaging produk yang semakin ciamik dan transformasi pemasaran melalui media sosial.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com