Advertorial

Mendagri: Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih di Bulukumba Tingkatkan Ekonomi UMKM

Kompas.com - 13/08/2023, 10:37 WIB

KOMPAS.com – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian mengapresiasi kegiatan Gerakan Nasional Pembagian 10 juta Bendera Merah Putih di Lapangan Hitam, Kawasan Tanjung Bira, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan pada Jumat (11/8/2023).

Mendagri Tito menilai, gelaran tersebut turut berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) setempat.

“Pihak yang diuntungkan pasti banyak sekali, mulai dari event organizer-nya (EO), kemudian UMKM yang menyiapkan kostum-kostum untuk pagelaran tari tadi juga pasti kecipratan (untung),” ujar Mendagri dalam rilis pers yang diterima Kompas.com, Minggu (13/8/2023).

Mendagri menambahkan, gerakan nasional tersebut tidak hanya berdampak positif bagi perekonomian Kabupaten Bulukumba, tetapi juga daerah-daerah di sekitarnya.

Pasalnya, sebanyak 10 juta bendera Merah Putih yang dibagikan dalam acara tersebut dibeli dari pelaku UMKM di wilayah Kabupaten Bulukumba dan sekitarnya. Selain itu, permintaan terhadap fasilitas penginapan, transportasi, dan restoran juga meningkat selama pelaksanaan kegiatan tersebut.

“Gelaran ini mudah-mudahan akan semakin menekan inflasi di wilayah Bulukumba. Itu nilai ekonominya,” imbuh Tito.

Kemudian, Tito juga menyinggung soal inflasi yang kini menjadi perhatian serius pemerintah pusat. Dia menjelaskan, saat ini, angka inflasi di Indonesia terus mengalami tren positif.

Berdasarkan data dari situs web tradingeconomics.com per Selasa (1/8/2023), angka inflasi Indonesia sebesar 3,08 persen.

“Angka itu adalah angka yang sangat bagus sekali. Sebab, kalau di bawah 10 persen, artinya relatif bagus dan di bawah 5 persen sangat bagus. Angka 3 persen menunjukkan bahwa barang-barang dan kebutuhan pangan tersedia dengan baik dan terjangkau,” papar Tito.

Peresmian acara penyerahan Bendera Merah Putih dilakukan di Lapangan Hitam, Kawasan Tanjung Bira, Kabupaten Bulukumba. Dok. Puspen Kemendagri Peresmian acara penyerahan Bendera Merah Putih dilakukan di Lapangan Hitam, Kawasan Tanjung Bira, Kabupaten Bulukumba.

Di hadapan ribuan masyarakat Kabupaten Bulukumba yang memadati acara tersebut, Mendagri juga mengajak semua pihak untuk terus memupuk rasa bangga sebagai warga Indonesia. Pasalnya, kemampuan Indonesia sebagai negara berkembang untuk terus bertumbuh telah diakui oleh negara lain di dunia.

Pada forum Group of Seven (G7), misalnya, negara-gara partisipan mengapresiasi Indonesia karena mampu bangkit dari pandemi Covid-19 serta mengendalikan inflasi dengan baik.

“Pascapandemi, (pertumbuhan ekonomi) negara kita bangkit lebih dari 5 persen. Per hari ini, (angka pertumbuhan ekonomi Indonesia) berada di 5,17 persen. Angka ini merupakan salah satu yang tertinggi di dunia,” tuturnya.

Pada kesempatan tersebut, Tito juga menyaksikan beberapa pertunjukan budaya, termasuk sambutan tari-tarian adat Bulukumba.

Untuk mendukung geliat sektor olahraga di Kabupaten Bulukumba, Mendagri juga menyerahkan bantuan berupa peralatan olahraga kepada sejumlah perwakilan olahragawan yang hadir.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com