Advertorial

Berdayakan Nelayan, Pemprov Sulawesi Selatan Berikan Bantuan 18 Unit Kapal

Kompas.com - 14/08/2023, 11:14 WIB

KOMPAS.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan (Sulsel) kembali memberikan bantuan fasilitas kepada nelayan di beberapa wilayah. Tahun ini, bantuan yang diberikan berupa 18 unit kapal perikanan.

Dari jumlah tersebut, para nelayan menerima 16 unit kapal perikanan berukuran 5 gross ton (GT). Sementara, 2 unit lain berukuran lebih besar, yakni 10 GT.

"Alhamdulillah, pada tahun ini, kami alokasikan 18 unit kapal untuk dibagikan kepada kelompok nelayan di beberapa kabupaten dan kota," ujar Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman dalam rilis pers yang diterima Kompas.com, Minggu (13/8/2023).

Andi melanjutkan, pembuatan kapal-kapal tersebut sebagian besar dilakukan di Kabupaten Bulukumba, Sulsel.

"Sebanyak 15 unit (kapal) dibuat di Kabupaten Bulukumba, yakni dari pengrajin di Bonto Bahari. Kawasan tersebut memang (merupakan) pusat industri pembuatan kapal," jelas Andi.

Daerah yang juga dikenal dengan sebutan Butta Panrita Lopi tersebut, kata Andi, juga dikenal sebagai produsen pinisi. Adapun pinisi sendiri merupakan kapal legendaris dari Sulsel yang ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda (Intangible Cultural Heritage) oleh UNESCO beberapa tahun lalu.

"Bantuan yang kami berikan diharapkan dapat mendukung peningkatan produksi perikanan tangkap masyarakat nelayan, sekaligus membantu menggeliatkan perekonomian bagi pengrajin kapal di Bulukumba dan Palopo," imbuh Andi.

-Dok. Pemprov Sulsel -

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com