Advertorial

PEP Bandung Sambut Wisudawan Angkatan ke-2

Kompas.com - 14/08/2023, 13:46 WIB

KOMPAS.com - Politeknik Energi dan Pertambangan (PEP) Bandung menggelar prosesi wisuda Diploma 3 (D3) Tahun Akademik 2022/2023 di Gedung SM Sair, Bandung, Jawa Barat, Rabu (9/8/2023). Pelaksanaan wisuda ini merupakan yang kedua kalinya dilaksanakan oleh PEP Bandung.

PEP Bandung mewisuda 73 mahasiswa yang terdiri dari 22 mahasiswa dari Program Studi (Prodi) Teknologi Geologi, 23 mahasiswa Prodi Teknologi Pertambangan, serta 28 mahasiswa Prodi Teknologi Metalurgi.

Wisuda tersebut turut dihadiri oleh Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Prahoro Nurtjahyo, Direktur PEP Bandung Asep Rohman, perwakilan senat, orangtua wisudawan, serta tamu undangan.

Asep Rohman pun menyampaikan terima kasih kepada para perusahaan yang telah menjadi mitra PEP Bandung. Utamanya, kepada 44 perusahaan yang telah memberikan kesempatan para mahasiswa untuk melaksanakan praktik kerja lapangan serta perusahaan lain yang memberikan bantuan beasiswa.

”Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada PT Bayan Resources yang telah memberikan beasiswa penuh kepada 40 mahasiswa baru PEP Bandung. Pada 2023, PEP Bandung telah menerima 139 mahasiswa baru, 41 di antaranya merupakan hasil kerja sama industri,” ujar Asep dalam siaran tertulis yang diterima Kompas.com, Jumat (11/8/2023).

PEP Bandung, lanjut Asep, selalu terbuka untuk membuka kerja sama dengan mitra dari industri untuk berkolaborasi. Demografi wisudawan angkatan kedua berasal dari 13 provinsi di Indonesia bagian barat, tengah, serta separuhnya dari Provinsi Jawa Barat.

PEP Bandung pun telah membuktikan kualitas pendidikannya. Saat ini, sejumlah wisudawan sudah diterima bekerja di PT J Resources (1 orang), PT Geoservices (2 orang), PT Halmahera Jaya Ferronickel (1 orang), PT Freeport Indonesia Manyar Project (1 orang), dan PT Kalimasada Nusantara Pratama (2 orang).

”Bahkan, mereka diterima kerja sebelum pelaksanaan wisuda dilakukan,” ujarnya.

PEP Bandung melakukan prosesi wisuda D3 Tahun Akademik 2022/2023 di Gedung SM Sair. DOK. PEP Bandung PEP Bandung melakukan prosesi wisuda D3 Tahun Akademik 2022/2023 di Gedung SM Sair.

Sementara itu, Kepala BPSDM ESDM menyampaikan optimismenya terhadap para wisudawan dalam mengambil peran di dunia industri. Para wisudawan akan bergabung dengan 3,5 juta wisudawan diploma lain untuk berkarya dan berkontribusi untuk negeri.

”Mengingat kebutuhan industri saat ini jauh lebih besar dari yang tersedia, saya sangat yakin lulusan PEP Bandung banyak dinanti oleh perusahaan karena kebutuhan tenaga kerja kian bertambah setiap tahun,” ujar Prahoro.

Optimisme Prahoro bukan tanpa alasan. Berdasarkan data PEP Bandung, wisudawan PEP Bandung angkatan pertama pada 2022 hingga saat ini telah diserap oleh industri sebesar 84 persen. Hal ini menjadi salah satu bukti bahwa kurikulum dan pembelajaran yang diselenggarakan PEP Bandung sesuai kebutuhan industri pertambangan.

Sebagai salah satu perguruan tinggi vokasi di bawah BPSDM Kementerian ESDM, PEP Bandung terbukti mampu menjawab tantangan dunia industri dalam menyiapkan tenaga kerja terampil di bidang geologi, pertambangan, dan metalurgi.

”Saya berpesan kepada para wisudawan untuk senantiasa bersikap profesional mengingat besarnya kompetisi. Para wisudawan tidak cukup hanya menjadi baik, tapi juga harus menjadi yang terbaik,” tuturnya.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com