Advertorial

3 Rahasia Sukses Menuju Berat Badan Ideal

Kompas.com - 14/08/2023, 13:51 WIB

KOMPAS.com - Kesehatan adalah harta yang paling berharga dalam hidup. Untuk itu, kesehatan perlu dijaga sebagai investasi masa depan.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk merawat kesehatan adalah dengan menjaga berat badan ideal. Adapun penentuan berat badan ideal bisa dilakukan dengan menggunakan kalkulator BMI.

BMI sendiri merupakan singkatan dari body mass index (BMI). Cara penghitungannya adalah berat badan (kg) dibagi dengan kuadrat tinggi badan (m). Untuk berat badan ideal, besaran indeksnya adalah 18,5 hingga kurang dari 23.

Agar manfaat yang dirasakan maksimal, menjaga berat badan ideal harus dilakukan dengan cara yang benar dan sehat. Jika tidak, perjalanan menuju keseimbangan berat badan tidak akan mulus.

Berikut adalah tiga langkah yang akan membantu Anda mencapai berat badan ideal secara sehat dan terencana.

  1. Kurangi camilan tinggi GGL dan perbanyak konsumsi sayur dan buah

Langkah pertama, Anda harus mengurangi makanan camilan yang tinggi kandungan gula, garam, dan lemak.

Sebagai ganti, tingkatkan konsumsi buah dan sayur. Selain membantu menghindari risiko penyakit seperti jantung dan diabetes, konsumsi buah dan sayur dapat membantu Anda membentuk berat badan ideal.

Adapun buah yang dapat digunakan sebagai camilan meliputi pepaya, nanas, dan anggur.

Anda bisa pula mengombinasikan buah dan sayur untuk dijadikan salad. Makanan ini dapat memberikan kenikmatan makanan manis dan menyegarkan tanpa menambah berat badan.

Kedua jenis makanan tersebut juga akan memberikan manfaat bagi tubuh berupa vitamin dan antioksidan yang melimpah.

  1. Lakukan aktivitas fisik 30 menit per hari

Rutin bergerak selama 30 menit setiap hari tidak harus dalam bentuk olahraga yang intens. Aktivitas ringan, seperti joging, sit up, atau naik-turun tangga, sudah cukup bermanfaat untuk mencapai berat badan ideal.

Anda bisa pula mengurangi penggunaan kendaraan bermotor dan menggantinya dengan bersepeda atau berjalan kaki saat beraktivitas di sekitar rumah.

  1. Istirahat cukup

Langkah ketiga, usahakan tidur dengan durasi yang cukup. Sesuai anjuran National Sleep Foundation, orang dewasa seharusnya mendapatkan tidur selama 7-9 jam per malam.

Bila kurang tidur atau sering begadang, hormon yang merangsang nafsu makan akan meningkat dan mengganggu metabolisme tubuh.

Itulah tiga rahasia yang bisa Anda praktikkan untuk mendapatkan berat badan ideal. Sebagai tambahan, Anda bisa mengonsumsi suplemen Flimty Fiber dan meminum Susu Appeton Weight Gain.

Flimty adalah minuman suplemen yang kaya nutrisi dengan kandungan serat yang tinggi dan manfaat yang melimpah. Diformulasikan dari bahan alami, minuman ini mengandung sifat-sifat istimewa yang berasal dari bahan-bahan alami.

Produk tersebut bukanlah obat atau teh pelangsing, melainkan minuman pelangsing berbasis serat yang terbuat dari berbagai bahan herbal, termasuk buah-buahan dan sayuran.

Sementara, Susu Appeton Weight Gain merupakan produk susu yang dirancang khusus untuk membantu orang yang mengalami kesulitan dalam menaikkan berat badan.

Susu tersebut mengandung nutrisi lengkap, termasuk protein, karbohidrat, lemak sehat, serta berbagai vitamin dan mineral. Berkat kandungan ini, susu ini bisa memberikan asupan kalori tambahan dengan kualitas nutrisi yang baik.

Dengan demikian, Anda yang kekurangan berat badan dapat mencapai target yang ideal.

Sebagai informasi, Anda bisa menghitung BMI secara mudah di Toko Sehat Tokopedia. Cukup masukkan tinggi dan berat badan, Anda akan mendapatkan skor BMI serta panduan awal dalam merencanakan program peningkatan atau penurunan berat badan Anda dengan bijaksana.

Baca tentang
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com