Advertorial

3 Ide Hiasan Unik untuk Meriahkan Perayaan HUT RI

Kompas.com - 14/08/2023, 16:26 WIB

KOMPAS.com – Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-78 Republik Indonesia (RI) tiba sebentar lagi. Berbagai persiapan sudah dilakukan masyarakat untuk menyambut momen penting ini. Salah satunya adalah membuat aneka dekorasi atau hiasan khas Agustusan yang identik dengan warna merah dan putih.

Karya-karya tersebut dipakai untuk menghiasi jalan-jalan, gang-gang, tempat umum, kantor, dan rumah warga.

Kamu pun bisa berpartisipasi dalam menyemarakkan Hari Kemerdekaan Indonesia dengan membuat hal serupa.

Untuk memudahkan, Kompas.com merangkumkan ide dekorasi unik dengan bahan-bahan yang mudah didapat. Simak ulasan berikut.

  1. Bendera Merah Putih dari kertas bekas

Kamu bisa membuat bendera Merah Putih dari kertas bekas, seperti koran, majalah, atau buku. Caranya mudah. Robek kertas bekas menjadi potongan-potongan kecil, lalu rekatkan di atas kertas karton atau tripleks dengan lem.

Setelah itu, cat bagian atas dengan cat poster merah dan bagian bawah dengan cat poster putih. Jangan lupa untuk memberikan garis tepi dengan cat poster hitam agar bendera terlihat lebih rapi.

  1. Lampion merah putih dari botol plastik

Dekorasi unik juga bisa dibuat dari botol plastik bekas minuman. Selain membuat perayaan HUT RI jadi semarak, pemanfaatan limbah tersebut menandakan bahwa kamu peduli terhadap lingkungan.

Untuk membuat lampion merah putih, kamu perlu menyiapkan balon putih, gunting, cat poster merah, dan kuas, selain botol plastik bekas minuman. Pembuatannya bisa mengikuti cara berikut.

  • Cat botol terlebih dahulu dan tunggu sampai kering.
  • Gunting botol secara vertikal dari dasar hingga mendekati leher botol atau sebaliknya. Kamu bisa menentukan jarak terlebih dahulu agar ukuran potongannya seragam.
  • Masukkan balon putih melalui leher botol, lalu tiup hingga mengembang dan bentuk lampion terlihat.
  • Lubangi tutup botol untuk menempatkan tali gantungan. Lampion pun jadi. Kamu bisa menggantungkannya di tempat yang diinginkan
  1. Lukisan kemerdekaan

Lukisan kemerdekaan dapat menjadi salah satu bentuk ekspresi seni yang menandai kecintaan terhadap Tanah Air.

Sebelum melukis, ada baiknya kamu menentukan tema lukisan yang ingin dibuat agar lebih terkonsep. Sebagai contoh, upacara bendera atau pembacaan teks Proklamasi.

Tuangkan tema tersebut dalam sketsa di kanvas. Pastikan kamu menggambarnya secara detail dan proporsional.

Setelah itu, warnai sketsa yang dibuat. Untuk latar belakang, kamu bisa menggunakan cat air. Sementara untuk obyek yang ingin ditonjolkan, kamu dapat memakai cat poster. Pilih warna-warna yang sesuai dengan tema lukisan.

Kamu boleh menambahkan efek-efek pada lukisan, seperti cahaya, bayangan, atau tekstur, agar lukisan terlihat lebih menarik. Jika sudah kering, karya tersebut bisa kamu pamerkan.

Itulah tiga ide dekorasi yang bisa dibuat untuk menyemarakkan HUT Ke-78 Indonesia. Kamu dapat pula bereksperimen dengan ide-ide lain sesuai kreativitas. Intinya, karya tersebut bisa menunjukkan rasa cinta dan bangga terhadap Tanah Air.

Untuk perlengkapan membuat hiasan, seperti cat air dan cat poster, kamu bisa menemukannya di Tokopedia. Di platform e-commerce ini, tersedia berbagai macam cat air dan cat poster dengan harga terjangkau dan kualitas terjamin.

Selain itu, kamu juga bisa menemukan berbagai macam produk office and stationery lain yang bisa digunakan untuk membuat hiasan 17 Agustus. Contohnya, kertas, kanvas, gunting, karton, lem, dan benang.

Berbagai promo menarik pun tersedia di Tokopedia, seperti gratis ongkos kirim (ongkir), diskon produk, dan cashback.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera kunjungi Tokopedia dan temukan produk-produk yang Anda butuhkan dengan mudah dan cepat. 

Baca tentang
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com