Advertorial

Universitas Halmahera bersama UGM dan Unkhair Gelar Festival Pengembangan Potensi Lokal

Kompas.com - 15/08/2023, 16:19 WIB

KOMPAS.com - Universitas Halmahera (Uniera) bekerja sama dengan Universitas Gadjah Mada (UGM) mengadakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kolaborasi di tiga desa di kawasan Kabupaten Halmahera Utara, Provinsi Maluku Utara.

Kegiatan yang berlangsung dari Rabu (2/8/2023) hingga Jumat (4/8/2023) itu turut melibatkan 15 mahasiswa Uniera, 30 mahasiswa UGM dan 9 mahasiswa Universitas Khairun (Unkhair).

Sebagai penutupan rangkaian KKN Kolaborasi, mahasiswa peserta KKN dari ketiga universitas tersebut menyelenggarakan Festival Kala Hara. Acara ini didukung oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Halmahera Utara, Bank Syariah Indonesia (BSI), Bank Maluku, dan CV Lion.

Festival tersebut bertujuan untuk memetakan potensi rempah di wilayah setempat dan mengembalikan kejayaannya, serta menjadi wadah mahasiswa untuk menunjukkan kemampuan kewirausahaan.

Salah satu produk inovatif yang dipamerkan dalam Festival Kala Hara adalah abon ikan tuna bumbu rempah. Produk ini dibuat oleh mahasiswa Program Studi (Prodi) Akuntansi Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (Fishum) Uniera di bawah bimbingan Dosen Prodi Akuntansi Uniera Rina Silvia, SE, MAk.

Tak hanya itu, mahasiswa Prodi Agroteknologi Fakultas Ilmu Alam dan Teknologi Rekayasa (Fiater) Uniera juga turut memamerkan produk inovatif berbasis rempah. Di bawah bimbingan Dosen Prodi Agroteknologi Dr Johanis Wairata, mereka menghasilkan sabun, minyak, lilin aromaterapi, dan nutmeg butter atau mentega pala.

Dekan Fishum Uniera Irena S Kaomaneng, SE, MSi, mengatakan bahwa mahasiswa tidak hanya memanfaatkan rempah sebagai bahan baku produk, tetapi juga limbah laut dan pelepah pisang.

“Mahasiswa Prodi Manajemen Fishum dan Prodi Akuntansi Uniera, misalnya, membuat kerajinan dari kulit kerang, karang yang rusak, dan pelepah pisang yang tidak terpakai. Dengan demikian, mereka dapat menciptakan nilai ekonomi sembari mengembangkan kreativitas,” ujarnya dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Jumat (11/8/2023).

Ia melanjutkan, Festival Kala Hara merupakan wujud nyata dari kolaborasi antara Uniera, Unkhair dan UGM dalam mengembangkan potensi lokal Halmahera Utara. Kegiatan ini juga sejalan dengan visi Uniera sebagai perguruan tinggi unggul yang berbasis rempah dan budaya lokal.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com