Advertorial

Meluncur di GIIAS 2023, Hyundai STARGAZER X Tawarkan Mobilitas yang Menyenangkan dengan Fitur dan Teknologi Terdepan

Kompas.com - 15/08/2023, 20:23 WIB

KOMPAS.com - PT Hyundai Motor Indonesia (HMID) hari ini resmi meluncurkan Hyundai STARGAZER X pada gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 yang berlangsung di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD, Tangerang, Banten, Jumat (11/8/2023).

STARGAZER X sendiri merupakan versatile crossover yang menurut HMID dapat menghadirkan pengalaman mobilitas menyenangkan serta dipadukan dengan berbagai fitur canggih untuk mendukung kebutuhan dan gaya hidup masyarakat Indonesia.

President Director PT Hyundai Motors Indonesia Woo-june Cha mengatakan, Hyundai meluncurkan STARGAZER X untuk menjawab kebutuhan masyarakat terhadap kendaraan dengan fitur superior dan spesifikasi canggih. Hal ini terlihat dari interior luas, mewah, dan nyaman untuk memaksimalkan performa berkendara yang dinamis.

“Kami berharap STARGAZER X dapat menjadi teman perjalanan di kondisi apa pun dan kapan pun. Dengan desain dan inovasi terkini, unleash the X in you bersama STARGAZER X,” ujar Woo-june Cha menurut siaran pers yang diterima Kompas.com, Sabtu (11/8/2023).

Pada kesempatan yang sama, Chief Operating Officer PT Hyundai Motors Indonesia Fransiscus Soerjopranoto mengatakan bahwa Hyundai STARGAZER X didesain berdasarkan aspirasi pelanggan Indonesia dengan mengusung konsep “Unleash the X in You”.

“Hyundai STARGAZER X hadir sebagai kendaraan yang menawarkan kenyamanan dan penampilan yang stylish bersama fitur keamanan yang lengkap untuk memberikan pengalaman mobilitas terbaik,” ujar Fransiscus.

Didesain khusus untuk pasar Indonesia, STARGAZER X tersedia dalam dua warna yang unik. Senior Designer Exterior Design Team Hyundai Motor Company Jae-sup Park menjelaskan, STARGAZER X memperkenalkan warna eksterior matte kepada pasar Indonesia untuk pertama kalinya, yaitu Optic White Matte dan Gravity Gold Matte.

"Warna- warna tersebut memberikan sentuhan kepercayaan diri dan kekuatan untuk menarik perhatian,” ujarnya

Mesin tangguh untuk semua medan

Hyundai STARGAZER X menawarkan performa optimal guna menjawab kebutuhan mobilitas yang menantang di Indonesia.

STARGAZER X dsokongi mesin Smartstream G4FIII 1.5 MPI Inline 4 Cylinder Dual Over Head Camshaft (DOHC) yang menghasilkan tenaga dan torsi maksimum masing-masing 115ps/6.300rpm dan 143,8Nm/4.500rpm untuk performa mesin responsif.

Performa STARGAZER X juga didukung oleh Intelligent Variable Transmission (IVT). Transmisi ini dapat meningkatkan efisiensi mesin agar penggunaan bahan bakar lebih efisien. Bobot IVT juga lebih ringan ketimbang mesin transmisi otomatis konvensional.

Hyundai STARGAZER X. DOK. Hyundai Hyundai STARGAZER X.

Agar berkendara lebih efektif, STARGAZER X dilengkapi fitur Cruise Control yang dapat menjaga laju kendaraan tetap stabil tanpa harus terus menginjak pedal gas. Hal ini membuat berkendara di jalan yang lowong lebih nyaman.

Sebagai informasi, STARGAZER X memiliki empat drive mode yang bisa dipilih sesuai kebutuhan, yakni Eco, Normal, Smart, dan Sport. Sebagai contoh, mode Eco dapat menghemat penggunaan bahan bakar dan mode Sport untuk memaksimalkan akselerasi dan performa kendaraan.

Desain mewah dan interior luas

Hyundai STARGAZER X memiliki dimensi panjang 4.495 milimeter (mm), lebar 1.815 mm, tinggi 1,710 mm, serta wheelbase 2.780 mm.

Dari aspek desain, STARGAZER X masih mempertahankan DNA lini STARGAZER yang menawarkan kenyamanan berkendara dengan mengusung desain one-curve. Hasilnya, desain interior mobil teranyar Hyundai ini menjadi lebih luas.

STARGAZER X menyediakan varian tujuh kursi penumpang yang menawarkan kenyamanan lebih saat berkendara dengan teman-teman dan keluarga. Hal ini membuat mobil ini nyaman dikendarai untuk jarak jauh.

Demi menekankan aspek kemewahannya, Hyundai memberikan opsi konfigurasi captain seat untuk semua varian STARGAZER X. Captain seat-nya memiliki sandaran lengan agar para penumpang di baris kedua mobil bisa rehat. Selain itu, penumpang juga bisa menyesuaikan tempat duduk sesuka hati, baik maju, mundur, tegak lurus, maupun bersandar.

President Director PT Hyundai Motors Indonesia Woo-june Cha. DOK. Hyundai President Director PT Hyundai Motors Indonesia Woo-june Cha.

Berkat ruang luas di area kabin, para pengguna bisa merasakan kenyamanan dalam lapangnya interior STARGAZER X. Tempat duduknya yang berbahan kain atau kulit dihias dengan jahitan merah untuk menampilkan aspek keberanian dan kemewahan. Selain itu, STARGAZER X juga menawarkan meja back seat untuk para penumpang di baris kedua mobil. Meja ini tersedia untuk STARGAZER X varian Prime.

Untuk sistem pendingin di dalam kabin, STARGAZER X menggunakan double blower AC untuk memberikan kenyamanan maksimal. Sistem pendingin ini mampu menjamin kenyamanan pengemudi dan penupang hingga ke baris ketiga.

Guna menunjang kenyamanan, STARGAZER X menggunakan panel high glossy untuk kontrol fascia, audio, dan pemanas. Selain itu, LED Room Lamps di interior depan dan belakang menambah kesan futuristik.

Hyundai Bluelink

Dari aspek teknologi, STARGAZER X menghadirkan teknologi Hyundai Bluelink. Fitur ini menghadirkan inovasi Connected Car Service. Teknologi ini memungkinkan pengguna tetap terhubung dengan kendaraan mereka melalui smartphone.

Tersedia untuk semua varian STARGAZER X, Hyundai Bluelink memberikan akses penuh fitur-fitur penting untuk pemilik mobil.

Sebut saja, mengetahui kondisi mobil, menyalakan atau mematikan mesin, mengatur suhu dalam kabin, mengunci atau membuka pintu, menyalakan klakson, menyalakan atau mematikan lampu, serta mengetahui letak mobil saat diparkir.

Selain itu, Hyundai Bluelink juga meningkatkan keamanan saat berkendara dengan STARGAZER X. Salah satunya adalah tombol SOS atau Emergency Assistance dan Roadside Assistance (RSA). Selain itu, terdapat fitur-fitur andal lainnya, yakni Remote Engine Start/Stop, Climate Control, Remote Door Lock/Unlock, Remote Horn and Light Control, serta mengetahui lokasi mobil yang diparkir dengan Find My Car.

Fitur keamanan Hyundai SmartSense

Hyundai mempertahankan komitmennya untuk menciptakan pengalaman berkendara worry-free bersama STARGAZER X melalui fitur keamanan Hyundai SmartSense. Salah satu fitur tersebut adalah Forward Collision-Avoidance Assist (FCA) yang hanya tersedia di varian Prime.

Fitur tersebut dirancang untuk membantu mendeteksi adanya kendaraan dari arah depan dan memperingatkan pengemudi terhadap potensi terjadinya benturan. Jika diperlukan, fitur ini akan secara otomatis melakukan pengereman.

Tersedia pula fitur Driver Attention Warning (DAW) yang juga hanya tersedia di varian Prime. Sesuai namanya, fitur ini menganalisis fokus pengemudi saat mengendarai STARGAZER X. Jika pengemudi terdeteksi tidak fokus, sistem akan memberikan notifikasi untuk rehat sejenak. Hal ini dapat mencegah potensi kecelakaan saat berkendara jarak jauh yang melelahkan.

STARGAZER X varian Prime juga dilengkapi dengan fitur Lane Keeping Assist (LKA) dan Lane Following Assist (LFA). Dengan LKA, sistem mobil memandu pengemudi tetap di jalur yang benar dan memberi saran agar pengemudi tidak keluar jalur. Sementara itu, fitur LFA mengandalkan kamera depan STARGAZER X untuk memastikan mobil tetap berada di tengah jalur.

Pengemudi juga tidak perlu mengkhawatirkan titik buta karena STARGAZER X varian Prime dilengkapi fitur Blind-Spot Collision-Avoidance Assist (BCA). Fitur ini menggunakan sensor radar untuk memonitor daerah titik buta di sekitar mobil. Dengan demikian, risiko tabrakan dengan kendaraan atau objek lain dapat dihindari.

STARGAZER X juga telah dilengkapi dengan fitur Forward and Reverse Parking Distance Warning (PDW) yang mendeteksi objek di depan mobil saat sedang memarkir.

Fitur Hyundai SmartSense varian Prime terasa makin sempurna dengan kehadiran Rear Cross Traffic Collision Avoidance Assist (RCCA), Safe Exit Warning (SEW), dan High Beam Assist (HBA).

Fitur digital terkini

Untuk meningkatkan pengalaman berkendara, STARGAZER X memiliki Tire Pressure Monitoring System yang dapat memantau kondisi ban dan memastikan kondisinya prima. STARGAZER X juga menggunakan Rear Disc Brakeuntuk pengereman serta menyediakan resistansi panas yang lebih baik dalam jangka panjang.

Mobil teranyar Hyundai tersebut juga telah dilengkapi fitur-fitur yang menjamin pengalaman berkendara lebih aman dan nyaman. Sebagai contoh, fitur Smart Keyless Entry dan Push Start Button tanpa kunci dapat membuat membuat pengguna menyalakan mobil lebih cepat.

Hyundai STARGAZER X juga memudahkan pengguna memarkir mobil. Outside Rear View Mirror STARGAZER X juga sudah elektrik sehingga lebih mudah disesuaikan. Jika sudah memarkir, fitur Electric Parking Brake memudahkan pengguna mengunci atau melepaskan rem.

Hyundai STARGAZER X juga menghadirkan fitur hiburan berkualitas tinggi. Selain layar 4,2 inci TFT LCD Cluster, mobil ini juga memiliki touch display audio 8 inci dengan USB Multimedia Port, bluetooth, serta wireless phone connectivity untuk Android Auto dan Apple Carplay.

Chief Operating Officer PT Hyundai Motors Indonesia Fransiscus Soerjopranoto. DOK. Hyundai Chief Operating Officer PT Hyundai Motors Indonesia Fransiscus Soerjopranoto.

Untuk varian Prime, Hyundai STARGAZER X hadir dengan BOSE premium sound system dengan 8 speaker untuk kualitas audio yang immersive dan jernih.

Pengemudi dan penumpang yang ingin mengisi daya perangkat elektronik juga tidak perlu khawatir. Pasalnya, baris depan dan ketiga STARGAZER X tersedia power outlet untuk mengisi daya berbagai perangkat.

Di baris kedua, Hyundai menyediakan 2 USB charger. STARGAZER X varian Prime juga menyediakan wireless charger untuk mendukung pengisian daya nirkabel dalam perjalanan.

Eksterior sporty dan stylish

STARGAZER X telah dilengkapi hood dan bumper yang didesain untuk menonjolkan tampilan maskulin. Roof garnish dan Roof spoiler pada STARGAZER X juga didesain berbeda untuk menekankan aspek dinamis dan futuristis.

Hyundai STARGAZER X juga memiliki eksterior yang dibuat lebih menarik dengan dukungan roda yang lebih solid. Mobil ini menggunakan Roda Diamond-cut Alloy 17 inci yang membuatnya lebih stylish. Lebih ringan dibanding roda besi biasa, roda 17 inci ini memberikan ground clearance lebih tinggi. Dengan demikian, STARGAZER X bisa bermanuver lebih mulus dan menjamin pengalaman berkendara lebih andal.

Hyundai Owner Assurance Program

Sebagai bentuk komitmen untuk menjamin pengalaman kepemilikan kendaraan yang worry-free, HMID mempersembahkan Hyundai Owner Assurance Program. Program ini memiliki berbagai keuntungan untuk pelanggan yang membeli STARGAZER X sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Berikut keuntungan dari Hyundai Owner Assurance Program.

  • New Car Replacement Guarantee. Program ini menjamin penggantian mobil baru dengan tipe, warna, dan spesifikasi yang sama jika mobil Hyundai mengalami kerusakan hingga 65 persen. Program ini berlaku hingga 1 tahun dari pengiriman mobil.
  • Resale Value Guarantee. Hyundai menjamin harga jual kembali hingga 70 persen jika pelanggan ingin menjual mobil Hyundai dalam 3 tahun kepemilikan.
  • Payment Protection Program. Hyundai menjamin pembayaran pembiayaan selama masa tenor untuk pemilik kendaraan Hyundai yang mengalami kecelakaan. Program ini berlaku khusus untuk pelanggan Hyundai Finance.
  • Customer Protection Program. Hyundai menjamin perawatan medis untuk pengemudi dan penumpang saat kecelakaan. Jaminan ini berlaku untuk maksimal tujuh orang dengan biaya Rp 100 juta per individu. Program ini berlaku hingga 1 tahun setelah pelanggan menerima mobil Hyundai.
  • Tire Protection Program. Hyundai menjamin pengembalian dana untuk penggantian ban dengan tipe dan ukuran yang sama. Keuntungan ini berlaku selama 1 tahun setelah serah terima mobil Hyundai dan diberikan jika roda yang rusak akibat kecelakaan tidak bisa digunakan lagi.

Layanan purnajualmenyeluruh dan mudah diakses

HMID menyediakan layanan purnajual terdepan untuk pengguna STARGAZER X. Layanan ini termasuk layanan pelanggan 24 jam yang bisa diakses melalui Hyundai Call Center, WhatsApp, dan Hyundai Bluelink.

Layanan tersebut juga telah terintegrasi dengan layanan darurat 24 jam, seperti Roadside Assistance dan Take Me Home. Layanan after-sales HMID memastikan akses yang lebih mudah melalui solusi Mobile Service, Pick Up and Delivery Service, dan Service @myHyundai.

Agar kepuasan pelanggan makin optimal, layanan after-sales HMID didukung oleh jaringan dealer Hyundai di 131 titik di seluruh Indonesia. HMID juga menjamin ketersediaan suku cadang di Indonesia melalui program Hyundai Genuine Parts Availability 24 Hours Guarantee or Free.

Program tersebut didukung fasilitas Hyundai Parts Center seluas 1,2 hektare di Deltamas, Cikarang, Jawa Barat. Adapun kapasitas penyimpanannya lebih dari 30.000 item.

Selain itu, HMID juga menyediakan kenyamanan yang lebih baik untuk pelanggan STARGAZER X melalui Hyundai Guarantee. Berikut layanan Hyundai Guarantee.

Pertama, gratis biaya suku cadang untuk pemeliharaan kendaraan rutin selama 3+1 tahun atau 60.000 kilometer (km). Tergantung mana yang tercapai lebih dulu.

Kedua, garansi dasar 3+1 tahun atau 100.000 km (tergantung mana yang tercapai lebih dulu).

Ketiga, gratis biaya pemeliharaan kendaraan selama 5 tahun atau 75.000 km (tergantung mana yang tercapai lebih dulu).

Varian Hyundai STARGAZER X

Sebagai informasi, Hyundai STARGAZER X tersedia dalam berbagai warna eksterior, yakni Creamy White Pearl, Magnetic Silver Metallic, Titan Gray Metallic, Midnight Black Pearl, dan Dragon Red Pearl.

Untuk varian Prime, Hyundai STARGAZER X menawarkan varian warna eksterior baru, seperti Gravity Gold Matte dan Optic White Matte dengan biaya tambahan sebesar Rp 3,5 juta. Selanjutnya, varian Two-tone Colors dengan biaya tambahan sebesar Rp 1,5 juta. Sementara itu, warna Captain Seat tersedia untuk varian Style dan Prime dengan biaya tambahan sebesar Rp1 juta.

Hyundai STARGAZER X sudah tersedia di seluruh dealer Hyundai. Untuk harga, Hyundai STARGAZER XStyle dibanderol dengan harga Rp 325.600.000 on the road (OTR) dan STARGAZER X Prime Rp 336.200.000 (OTR).

HMID juga menawarkan program pembiayaan spesial dari Hyundai Finance untuk setiap pembelian STARGAZER X sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku. Berikut program pembiayaan dari Hyundai Finance.

  • Cicilan ringan mulai dari 3.4 Juta per bulan selama 3 tahun, atau
  • Program DP ringan mulai dari 10 persen, atau
  • Gratis cicilan selama 3 bulan, atau
  • Cuti cicilan hingga 1 tahun, atau
  • Bunga rendah mulai dari 2.18 persen dengan pilihan jangka waktu tenor hingga 10 tahun.

Penawaran menarik selama GIIAS 2023

HMID memberikan berbagai program dan penawaran menarik selama GIIAS 2023. Pertama, test drive benefit. Pengunjung yang melakukan test drive STARGAZER dan CRETA serta mengunduh dan mendaftarkan akun myHyundai berhak mendapatkan keuntungan dalam bentuk koin sebesar 150.000.

Kedua, Lucky Dip Program. Untuk pembelian seluruh lini Hyundai di GIIAS 2023, para pelanggan berkesempatan untuk mengikuti Lucky Dip Program dengan total hadiah lebih dari Rp3 miliar.

Adapun hadiah yang tersedia di antaranya Samsung Galaxy S23, Samsung Flip 4, Samsung TV QLED 50 inci, E-voucher Ismaya senilai Rp 1 juta, voucher belanja senilai Rp 500.000, aksesori wheel locktravel voucher senilai Rp 10 juta, serta poled car seat.

Ketiga, CRETA Black Edition Free Accessories. Untuk pembelian CRETA Black Edition di GIIAS 2023, para pelanggan akan mendapatkan dua Genuine Accessories item, yaitu door visor dan 3 Mat.

Keempat, Hyundai Finance. Pelanggan juga berkesempatan menggunakan program pembiayaan khusus dari Hyundai Finance. Program ini mencakup berbagai keuntungan dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Berikut keuntungannya.

  • Cicilan ringan mulai dari Rp2,5 juta per bulan selama 3 tahun, atau
  • Program uang muka atau down payment (DP) rendah mulai dari 10 persen, atau
  • Bunga rendah mulai dari 0 persen dengan pilihan tenor jangka panjang hingga 10 tahun, atau
  • Gratis asuransi hingga 3 tahun.

Masyarakat dapat mengunjungi booth Hyundai Motors Indonesia di GIIAS 2023, Hall 9-10, ICE BSD Citymulai tanggal Jumat (11/8/2023) hingga Minggu (20/8/2023) untuk melihat secara langsung keunggulan dan kenyamanan STARGAZER X.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai produk Hyundai, Anda bisa mengunjungi situs resmi www.hyundai.com/id/, Instagram @HyundaiMotorIndonesia, Youtube Hyundai Motors Indonesia, Facebook Hyundai Motors Indonesia, dan Twitter @HyundaiMotorID.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com