Advertorial

Mudah dan Praktis, Begini Cara Top Up Saldo DANA

Kompas.com - 16/08/2023, 11:02 WIB

KOMPAS.com – Di era digital seperti saat ini, penggunaan dompet digital semakin populer. Selain relatif aman, platform ini juga disenangi lantaran praktis dan efisien. Tak heran, penggunaan dompet digital berbasis aplikasi terus meningkat.

Adapun salah satu dompet digital yang kerap digunakan oleh banyak orang di Indonesia adalah DANA.

Tak hanya untuk menyimpan uang, aplikasi itu juga dapat digunakan untuk melakukan berbagai transaksi online, seperti membayar tagihan, mengisi pulsa, dan membeli token listrik.

Namun, sama seperti dompet digital lainnya, Anda harus memiliki saldo dan nominal yang cukup untuk bertransaksi.

Jika saldo tidak cukup untuk transaksi tertentu, Anda harus melakukan pengisian saldo atau top up terlebih dahulu.

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk melakukan top up saldo DANA. Salah satunya, dengan melakukan transfer dari sejumlah bank, seperti BCA dan BNI. Anda bisa melakukan pengisian saldo melalui mobile banking ataupun anjungan tunai mandiri (ATM).

Selain bank, Anda juga bisa melakukan top up melalui minimarket. Dilansir dari Sarjanatua, berikut cara top up DANA.

  1. Top up melalui BCA

Apabila Anda memiliki rekening Bank BCA, Anda bisa melakukan top-up saldo DANA melalui berbagai cara, yakni melalui ATM atau aplikasi m-BCA.

Untuk ATM, Anda harus memilih opsi “Transaksi Lainnya” saat berada di halaman utama. Kemudian, pilih opsi “Rekening Virtual”.

Setelah itu, Anda akan diminta untuk memasukkan nomor telepon yang telah terhubung ke aplikasi DANA yang ingin di-top up. Sebagai catatan, Anda perlu menambahkan kode 3901 di depan nomor telepon yang hendak dimasukkan.

Kemudian, Anda akan diminta untuk memilih jumlah saldo yang ingin dibayar. Anda hanya perlu mengeklik pilihan “Ok” untuk melakukan finalisasi.

Adapun untuk top-up lewat m-BCA, Anda cukup memilih menu “m-Transfer” saat berada di halaman utama.

Kemudian, pilih opsi “BCA Virtual Account” dan masukkan nomor telepon yang telah terhubung ke aplikasi DANA yang ingin di-top up. Jangan lupa juga untuk menambahkan kode 3901 di depan nomor telepon tersebut.

Selanjutnya, pilih jumlah saldo yang ingin dibayar dan masukkan nomor PIN BCA anda untuk menyelesaikan transaksi.

  1. Top up melalui BNI

Cara berikutnya adalah top up melalui BNI. Sama seperti BCA, top-up melalui BNI dapat dilakukan melalui ATM dan BNI Mobile Banking.

Untuk ATM, Anda hanya cukup memilih opsi “Menu Lain” saat berada di halaman utama. Lalu, pilih opsi “Dari Rekening Tabungan” dan “Virtual Account Billing”

Kemudian, masukkan kode top-up 8206 yang diikuti dengan nomor telepon yang terdaftar pada aplikasi DANA. Setelah itu, masukkan nominal top up dan lakukan finalisasi.

Sementara itu, untuk top up yang dilakukan melalui BNI Mobile Banking, Anda harus memilih menu “Transaksi” saat berada di halaman utama. Lalu. pilih opsi “Virtual Account Billing”.

Selanjutnya pilih “Input Baru” dan masukkan kode 8206 dengan diikuti nomor telepon yang terdaftar di DANA. Selanjutnya, masukkan nominal top up yang diinginkan dan masukkan PIN.

  1. Top up melalui toko atau minimarket

Selain melalui bank, Anda juga bisa melakukan top-up saldo DANA melalui toko atau minimarket, seperti Alfamart, Indomaret, Dan+Dan, dan Alfamidi.

Untuk top-up melalui semua gerai tersebut, Anda dapat melakukannya melalui kasir yang ada di setiap gerai.

Setelah itu, Anda hanya perlu meminta untuk melakukan pengisian saldo dan memberikan nomor telepon yang terdaftar pada DANA.

Kemudian, sebutkan jumlah saldo yang ingin Anda isi. Perlu diketahui bahwa minimal top up melalui minimarket adalah Rp 50.000.

Itu tadi cara top up saldo DANA yang dilakukan melalui bank dan minimarket. Setelah berhasil melakukan pengisian saldo, Anda pun langsung dapat untuk melakukan berbagai macam transaksi.

Untuk diketahui, DANA juga mempunyai fitur-fitur unggulan yang dapat mempermudah Anda dalam bertransaksi.

Salah satu fitur tersebut adalah DANA Premium bagi yang ingin memiliki akun premium alias VIP.

Dengan akun premium, Anda bisa mendapatkan lebih banyak keuntungan ketimbang menggunakan akun biasa.

Selain itu, ada juga fitur Tarik Saldo. Dengan fitur ini, Anda bisa melakukan penarikan uang di sejumlah tempat, seperti Alfamart, agen, Lawson, dan minimarket lain.

Biasanya, penarikan saldo akan dikenakan biaya administrasi, khususnya penarikan yang dilakukan di minimarket.

Sebagai informasi selain untuk menyimpan uang, Anda juga bisa menyimpan berbagai identitas diri pada aplikasi DANA. Anda tak perlu khawatir karena semua data yang tersimpan pada DANA telah dijamin keamanannya.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com