Advertorial

Wapres RI Berikan Penghargaan Adhikarya Pratama Pembangunan kepada Bupati Klaten

Kompas.com - 16/08/2023, 20:15 WIB

KOMPAS.com - Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia (RI) Ma’ruf Amin memberikan penghargaan Adhikarya Pembangunan Pertanian di Aula Istana Wakil Presiden RI, Jakarta, Senin (14/8/2023).

Penghargaan tersebut diberikan kepada 2 menteri, 10 gubernur, dan 12 bupati, termasuk Bupati Klaten Sri Mulyani.

Dalam sambutannya, Wakil Presiden Republik Indonesia Ma’ruf Amin menilai, semua menteri dan kepala daerah yang menerima penghargaan tersebut sukses berperan dalam pembangunan pertanian dan pelepasan ekspor komoditas pertanian.

“Selamat dan sukses atas penghargaan yang telah diterima. Jangan berhenti dan terus berkarya untuk kemajuan Indonesia agar Negara Republik Indonesia dapat terus dipandang besar di mata dunia. Terima kasih atas sumbangsih nyata untuk Indonesia,” ujarnya dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Rabu (16/8/2023).

Wapres juga mendorong mitigasi komprehensif dan kolaboratif untuk mengatasi ancaman krisis pangan akibat fenomena El Nino. Hal tersebut perlu disikapi oleh seluruh pemangku kepentingan.

Pasalnya, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan ancaman El Nino membuat wilayah Indonesia lebih kering dibandingkan tiga tahun sebelumnya.

Pada kesempatan sama, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan bahwa penghargaan tersebut merupakan wujud apresiasi kepada para pihak yang berperan penting dalam upaya menyukseskan pembangunan pertanian di Indonesia.

“Dengan penghargaan ini, diharapkan kita semakin termotivasi dalam pelaksanaan pembangunan sektor pertanian, serta juga sebagai wujud kepedulian kita terhadap kepentingan bangsa dan negara, termasuk dua menteri yang hadir yang telah berkontribusi melampaui tugas fungsi dan peranan mereka,” katanya.

Adapun menteri yang mendapatkan penghargaan tersebut adalah Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Abdullah Azwar Anas.

Keduanya dinilai terlibat secara langsung bersama sejumlah kepala daerah yang terdiri dari 10 gubernur dan 12 bupati dalam Gerakan Nasional Penanganan Dampak El Nino untuk menambah penanaman padi seluas 500.000 hektare selama periode Agustus—September 2023.

Sementara itu, jajaran gubernur yang menerima Adhikarya Pembangunan Pertanian, di antaranya Gubernur Sumatera Utara, Gubernur Sumatera Selatan, Gubernur Lampung, Gubernur Banten, Gubernur Jawa Barat, Gubernur Jawa Tengah, Gubernur Jawa Timur, Gubernur Kalimantan Selatan, Gubernur Nusa Tenggara Barat, dan Gubernur Sulawesi Selatan.

Kemudian, bupati yang menerima penghargaan tersebut, antara lain Bupati Deli Serdang, Bupati Banyuasin, Bupati Indramayu, Bupati Grobogan, Bupati Lamongan, Bupati Bone, Bupati Lampung Tengah, Bupati Pandeglang, Penjabat Bupati Barito Kuala, Bupati Lombok Tengah, Bupati Klaten, dan Bupati Gowa.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com