Advertorial

Sambut HUT Ke-78 RI, Pemkab Klaten Gelar Malam Tirakatan dan Renungan Suci

Kompas.com - 17/08/2023, 16:28 WIB

KOMPAS.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten menggelar rangkaian kegiatan malam tirakatan di Pendapa Ageng Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, Rabu (16/8/2023). Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia (RI).

Adapun kegiatan tersebut dihadiri oleh Bupati Klaten Sri Mulyani, Wakil Bupati Klaten Yoga Hardaya, jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) Klaten, dan 300 tamu undangan dari berbagai unsur.

Plt (Pelaksana tugas) Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Klaten sekaligus ketua panitia kegiatan, Muh Nasir, mengatakan bahwa kegiatan yang mengusung tema “Terus Melaju Untuk Indonesia Maju” diharapkan dapat menjadi semangat untuk mewujudkan Kabupaten Klaten yang semakin maju, mandiri dan sejahtera.

“Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk memperkokoh nilai budaya dan pilar kebangsaan, serta menguatkan kembali nilai-nilai proklamasi dan kepahlawanan bagi generasi selanjutnya,” ujar Nasir dalam rilis pers yang diterima Kompas.com, Kamis (17/8/2023).

Selain itu, kegiatan tersebut juga bertujuan untuk tali silaturahmi berbagai komponen masyarakat guna memperlancar langkah pembangunan menuju Kabupaten Klaten yang semakin maju, mandiri, dan sejahtera.

Setelah malam tirakatan, kegiatan dilanjutkan dengan renungan suci dan apel kehormatan di Taman Makam Pahlawan Ratna Bantala yang dipimpin Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Klaten AKBP Warsono. dok. Humas Pemkab Klaten Setelah malam tirakatan, kegiatan dilanjutkan dengan renungan suci dan apel kehormatan di Taman Makam Pahlawan Ratna Bantala yang dipimpin Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Klaten AKBP Warsono.

Sementara itu, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Klaten Hamenang Wajar Ismoyo mengatakan, kegiatan itu menjadi momentum yang tepat untuk merefleksikan diri dalam mengisi kemerdekaan.

Ia pun mengajak seluruh masyarakat dan komponen bangsa untuk bahu-membahu, saling mengingatkan, dan memberikan semangat untuk bersama membawa Indonesia yang semakin maju.

“HUT RI ini dirayakan berdekatan dengan hari jadi Klaten. Maka dari itu, saat ini adalah waktu yang tepat untuk merefleksikan diri dalam mengisi kemerdekaan serta saling bahu membahu membangun Indonesia yang semakin maju sekaligus mewujudkan Kabupaten Klaten yang juga semakin maju mandiri dan sejahtera,” paparnya.

Sebagai informasi, pada kegiatan tersebut turut digelar orasi kebangsaan oleh pemenang lomba esai pelajar Beri Aku Sepuluh Pemuda: Andai Aku Jadi Bung Karno.

Kemudian, kegiatan malam tirakatan dilanjutkan dengan renungan suci dan apel kehormatan di Taman Makam Pahlawan Ratna Bantala yang dipimpin Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Klaten AKBP Warsono. Kegiatan ini dilaksanakan guna mengenang arwah dan jasa para pahlawan.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com