Advertorial

Upacara HUT Ke-78 RI, Sri Mulyani: Klaten Raih Sejumlah Penghargaan

Kompas.com - 17/08/2023, 17:00 WIB

KOMPAS.com – Bupati Klaten Sri Mulyani menyebut, Kabupaten Klaten meraih sejumlah penghargaan bergengsi. Hal ini disampaikan saat ia menjadi inspektur upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-78 Republik Indonesia di Alun-Alun Klaten, Jawa Tengah (Jateng), Kamis (17/8/2023).

Untuk diketahui, acara tersebut juga dihadiri Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), sejumlah asisten, direktur badan usaha milik daerah (BUMD), kepala organisasi perangkat daerah (OPD), camat, pelajar, aparatur sipil negara (ASN), masyarakat, dan tamu undangan.

“Berkat dukungan seluruh elemen masyarakat, Kabupaten Klaten meraih capaian yang membanggakan, baik dalam skala provinsi maupun nasional,” ujar Sri dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Kamis (17/8/2023).

Pada Senin (14/8/2023), misalnya, Kabupaten Klaten menerima Penghargaan Adhikarya Pembangunan Pertanian dari Menteri Pertanian (Mentan) di Istana Wakil Presiden Republik Indonesia, Jakarta.

Sri menyebut, penghargaan itu tak hanya menjadi kado terindah bagi Kabupaten Klaten, tetapi juga melengkapi prestasi dan penghargaan yang telah diraih sebelumnya.

Penghargaan lain yang juga diterima Kabupaten Klaten adalah penghargaan Satya Lencana Wira Karya dari Presiden Republik Indonesia atas prestasi pembangunan kependudukan dan keluarga berencana.

Kemudian, Kabupaten Klaten juga mempertahankan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) selama lima kali berturut-turut dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Kabupaten Klaten juga mendapatkan penghargaan Adipura dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Selain itu, Kabupaten Klaten juga menerima penghargaan atas prestasi pada program pangembangan pertanian padi varietas Rojolele Srinar dan Srinuk dari Kementerian Pertanian.

“Kami juga dinobatkan sebagai Kabupaten Layak Anak (KLA) Peringkat Nindya dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPA),” ujar Sri.

Pada kesempatan itu, Sri menegaskan bahwa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten berkomitmen penuh untuk merealisasikan harapan serta tuntutan masyarakat melalui pembangunan infrastruktur, fasilitas umum, dan ruang terbuka publik, seperti tempat ibadah, stadion, Alun-Alun Klaten, Pasar Gedhe Klaten, serta Mal Pelayanan Publik.

Pemkab Klaten juga berkomitmen untuk memberikan fasilitas tempat berjualan bagi pedagang kaki lima (PKL) di sekitar Jalan Bhalo dan Mal Pelayanan Publik.

“Untuk mewujudkan kemajuan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat, Pemkab Klaten perlu dukungan dari semua pemangku kepentingan,” imbuh dia.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com