Advertorial

Ribuan Siswa Ikuti Aubade HUT Ke—78 Kemerdekaan RI

Kompas.com - 17/08/2023, 21:45 WIB

KOMPAS.com - Ribuan siswa Kabupaten Klaten tingkat SMP dan SMA mengikuti aubade HUT ke-78 Kemerdekaan RI di Alun-alun Klaten, Kamis (17/8/2023). Kegiatan ini digelar dalam rangka memeriahkan peringatan HUT ke—78 kemerdekaan Indonesia di tingkat Kabupaten Klaten.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Klaten, Titin Windiyarsih mengatakan kegiatan aubade tahun ini diikuti sekitar 1.600 siswa tingkat SMP dan SMA.

Kegiatan aubade ini merupakan salah satu kegiatan dalam memeriahkan HUT ke—78 RI, sekaligus untuk menjunjung tinggi para pejuang yang telah mempertahan kemerdekaan Indonesia.

"Selain dari itu, aubade ini juga dapat menumbuhkan apresiasi seni di kalangan pelajar. Kegiatan ini juga untuk menumbuhkan rasa kebanggaan berkebangsaan Indonesia bagi generasi penerus," paparnya.

Aubade tersebut digelar sebelum pelaksanaan upacara penurunan bendera HUT ke—78 Kemerdekaan RI yang digelar pada Kamis sore. Kegiatan ini dihadiri oleh Bupati Klaten, Sri Mulyani dan jajaran Forkopimda Klaten.

Ribuan siswa SMP dan SMA Kabupaten Klaten mengikuti aubade HUT ke-78 Kemerdekaan RI di Alun-alun Klaten, Kamis (17/8/2023) DOK. KOMINFO KLATEN Ribuan siswa SMP dan SMA Kabupaten Klaten mengikuti aubade HUT ke-78 Kemerdekaan RI di Alun-alun Klaten, Kamis (17/8/2023)

Dalam kegiatan aubade, siswa menyanyikan lagu nasional, di antaranya; Hari Merdeka, Hymne Kemerdekaan, Garuda Pancasila, Dari Sabang Sampai Merauke, Indonesia Pusaka, serta lagu Klaten Bersinar sebagai penutup.

Usai parade lagu nasional, dilanjutkan dengan pembacaan ikrar siswa Indonesia.

SMPN 2 Klaten terpilih sebagai peserta terbaik tingkat SMP, disusul SMPN 1 Klaten sebagai juara 2 dan SMPN 3 Klaten sebagai juara 3.

Sementara tingkat SMA, juara 1 diraih SMK Leonardo, juara 2 SMKN 2 Klaten, dan SMAN 2 Klaten sebagai juara 3.

Usai kegiatan aubade, dilanjutkan upacara penurunan bendera HUT ke-78 Kemerdekaan RI. Bertindak sebagai inspektur upacara, Dandim 0723 Klaten, Letkol Czi Bambang Setyo Triwibowo.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com