Advertorial

Pemkab Klaten Gelar Malam Resepsi HUT Ke-78 RI

Kompas.com - 18/08/2023, 16:36 WIB

KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten menggelar malam resepsi di Pendopo Agung Kabupaten Klaten, Kamis (17/08/2023), sebagai penutup rangkaian Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-78 Republik Indonesia (RI).

Acara tersebut dihadiri oleh Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Klaten, asisten dan kepala badan usaha milik daerah (BUMD), kepala organisasi perangkat daerah (OPD), camat, dan anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Klaten 2023.

Bupati Klaten Sri Mulyani mengatakan, malam resepsi diadakan sebagai wujud syukur atas penyelenggaraan acara rangkaian HUT Ke-78 RI di Kabupaten Klaten.

Sri pun mengapresiasi para pihak yang telah berpartisipasi untuk menyukseskan acara tersebut.

“Saya mengucapkan apresiasi kepada Ketua Umum Hari Jadi Ke-219 Klaten dan HUT Ke-78 RI serta segenap panitia yang telah bekerja dengan sungguh-sungguh dari awal sampai akhir. Rangkaian kegiatan Hari Jadi dan HUT Ke-78 RI sangat luar biasa dan rangkaian kegiatannya masih berlanjut sampai September 2023,” ujar Sri dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Jumat (18/8/2023).

Sri Mulyani menambahkan, beragam rangkaian acara HUT Ke-78 RI juga bertujuan untuk membangkitkan perekonomian Kabupaten Klaten.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Klaten Jajang Prihono menjelaskan bahwa terdapat 70 kegiatan dalam rangka peringatan Hari Jadi Ke-219 Klaten dan HUT Ke-78 RI.

Rangkaian acara tersebut meliputi pengukuhan Paskibraka Klaten 2023, menyaksikan pidato kenegaraan Presiden RI, malam tirakatan, apel kebesaran dan renungan suci di Taman Makam Pahlawan (TMP Ratna Bantala), upacara detik-detik Proklamasi, upacara penurunan bendera, dan malam resepsi. Semua kegiatan ini berjalan dengan khidmat dan lancar.

“Saya berharap, semua pihak mendukung dan membantu memeriahkan Hari Jadi Ke-219 Klaten dan HUT Ke-78 RI. Sebab, masih ada beberapa agenda yang akan dilaksanakan hingga September,” kata Jajang.

Kegiatan yang dilaksanakan, lanjut Jajang, tidak hanya bertujuan untuk kemeriahan saja, tetapi juga untuk meningkatkan potensi lokal secara positif seperti mendukung ekonomi kerakyatan.

Hal tersebut sejalan dengan tema HUT Ke-78 RI, yakni “Terus Melaju untuk Indonesia Maju”.

Pada malam resepsi tersebut, Sri dan Forkopimda menyerahkan piagam kepada 70 orang Paskibraka Klaten 2023. Penghargaan diberikan karena mereka telah menunaikan tugas mengibarkan dan menurunkan Sang Saka Merah Putih di Alun-alun Klaten dengan baik.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com