Advertorial

Rayakan #Serunya17an, TikTok bersama Pandawara Group dan Sejumlah Kreator Konten Gelar Aksi Perubahan Positif

Kompas.com - 20/08/2023, 10:00 WIB

KOMPAS.com - Indonesia yang merayakan hari jadi ke-78 pada Kamis (17/8/2023) di tengah tantangan dan perubahan yang terjadi di dunia, Bumi Pertiwi tetap berjuang untuk terus melaju menuju kemajuan dan kesejahteraan bagi seluruh rakyatnya.

Sejalan dengan tema hari ulang tahun (HUT) ke-78 RI 2023, yakni “Terus Melaju untuk Indonesia Maju”, TikTok Indonesia mengajak komunitas dan masyarakat luas untuk merayakan semangat persatuan dan perjuangan melalui kampanye bertajuk #Serunya17an.

Kampanye tersebut menyorot kisah-kisah inspiratif dari para kreator konten yang terus berkontribusi bagi Indonesia melalui konten-konten menarik nan kreatif di TikTok ataupun aksi-aksi nyata di luar aplikasi.

Para kreator konten tersebut adalah contoh nyata dari generasi muda yang tidak hanya berkarya, tetapi juga berdaya dan bermakna bagi bangsa. Mengusung tema “Serunya Satu Tujuan”, TikTok ingin menginspirasi komunitas dan masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam membangun Indonesia lebih baik.

Salah satu pejuang kreatif yang menjadi sorotan dalam kampanye #Serunya17an adalah Leani Ratri Oktila. Ia adalah pemain bulu tangkis yang telah mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional.

Atlet kelahiran 1991 itu berhasil menyabet dua medali emas dan satu medali perak di ajang Paralimpiade Tokyo 2022, serta menjadi peringkat pertama dunia untuk nomor tunggal putri.

Oktila juga aktif berbagi pengalaman dan motivasinya melalui konten-konten di TikTok. Dengan semangat juang tinggi, ia membuktikan bahwa tidak ada batasan bagi siapa pun yang ingin berprestasi.

Selain Oktila, ada juga Mikha Tambayong. Di balik kesibukannya sebagai selebritas, ia juga aktif sebagai pejuang edukasi yang konsisten menyebarkan semangat belajar, termasuk pentingnya mengenyam bangku pendidikan.

Tidak kalah menarik, ada pula Pandawara Group. Seperti diketahui, kelompok pemuda asal Bandung, Jawa Barat, ini gemar menularkan semangat cinta lingkungan melalui aksi membersihkan sungai dan pantai di berbagai wilayah di Indonesia.

Tak ketinggalan, Roman Nuansa juga turut menyemarakkan kampanye #Serunya17an. Ia merupakan seniman tekstil yang telah mengharumkan Tanah Air lewat karya batik di kancah fashion week dunia. Salah satunya, New York Fashion Week.

Kampanye tersebut kian menarik dengan keterlibatan pejuang cuan Kohcun. Kreator TikTok ini dikenal akan kegigihannya sebagai creator affiliate. Hal ini yang membawanya pada pemasukan tambahan.

Kohcun juga sering berbagi tips dan trik seputar cara mendapatkan cuan dari TikTok. Secara tidak langsung, pria dengan 1,3 miliar pengikut ini telah membantu banyak orang dalam hal peningkatan kesejahteraan.

Pandawara Group menggelar aksi bersih-bersih anak Sungai Kalibaru, Bojonggede, Kabupaten Bogor. Dok. TikTok Pandawara Group menggelar aksi bersih-bersih anak Sungai Kalibaru, Bojonggede, Kabupaten Bogor.

Gelar aksi sosial bareng

Lewat kampanye tersebut, TikTok juga menggelar serangkaian kegiatan sosial bersama para kreator konten inspiratif. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kapasitas Indonesia dalam hal lingkungan, sumber daya manusia (SDM), karier, dan olahraga.

Terdapat empat sesi aksi sosial yang bakal digelar dengan representative pejuang berbeda.

Pertama, Pejuang Budaya yang diisi oleh Roman. Aksi sosial yang digelar berupa pelatihan eco-printed fabric untuk mengembangkan keterampilan warga desa di Lembang, Jawa Barat, Selasa (8/8/2023).

Kedua, Pejuang Prestasi. Sesi ini diisi dengan sharing session bersama kreator konten sekaligus perwakilan Persatuan Sepakbola Amputasi Indonesia (PSAI), Agung Rizki, di Wisma Pamentas, Jakarta, Minggu (13/8/2023).

Kegiatan tersebut diikuti oleh 30 pesepak bola amputasi. Mereka membahas sejarah sepak bola amputasi di Indonesia, serta rencana PSAI ke depan.

Agung sendiri menceritakan perjalanan kariernya sebagai atlet sekaligus kreator konten TikTok. Baginya, platform ini punya peran besar dalam membantu menyebarkan komunitas olahraga tersebut kepada khalayak luas.

Selain itu, ia juga mengakui TikTok telah memberikan banyak inspirasi dan menjadi wadah belajar untuk banyak hal.

Ketiga, Pejuang Edukasi yang akan dipandu oleh pakar human resource development (HRD) kenamaan Vina Muliana. Ia akan mengadakan kelas pelatihan karier untuk pelajar sekolah menengah kejuruan (SMK) pada Sabtu (12/8/2023).

Pandawara Group menggelar aksi bersih-bersih anak Sungai Kalibaru, Bojonggede, Kabupaten Bogor. Dok. TikTok Pandawara Group menggelar aksi bersih-bersih anak Sungai Kalibaru, Bojonggede, Kabupaten Bogor.

Terakhir, Pejuang Hijau yang didapuk oleh Pandawara Group. Kelompok ini menggelar bersih-bersih anak Sungai Kalibaru, Bojonggede, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, pada Selasa (15/8/2023).

Kegiatan tersebut melibatkan puluhan kreator konten dan komunitas TikTok. Mereka membersihkan lokasi tersebut dari tumpukan sampah. Menurut keterangan warga sekitar, sampah tersebut telah menumpuk lebih dari 10 tahun.

“Sampah di lokasi tersebut merupakan kiriman dan menumpuk hingga menyumbat aliran sungai. Pembersihannya pun cukup menantang karena arusnya deras,” ujar salah satu anggota Pandawa Group, Gilang Rahma, kepada Kompas.com, Selasa.

Sejak berdiri pada 2022, Pandawara Group telah mengumpulkan sekitar 600 ton sampah dari selokan, sungai, dan pantai di lima provinsi Indonesia. Adapun kelompok ini menargetkan dapat mengunjungi 34 provinsi hingga 2024.

Pandawara Group merupakan lima sekawan yang terdiri dari Gilang Rahma, Agung Permana, Muchamad Iksan, Rifki Sa'dullah, dan Rafli Pasya.Dok. TikTok Pandawara Group merupakan lima sekawan yang terdiri dari Gilang Rahma, Agung Permana, Muchamad Iksan, Rifki Sa'dullah, dan Rafli Pasya.

“Alhamdulillah, dalam setiap kunjungan ke daerah-daerah yang memiliki sungai atau pantai penuh sampah, kami selalu mendapat respons positif, baik dari kepala daerah, dinas lingkungan hidup, maupun aparat keamanan setempat,” ujar Gilang.

Pandawara Group juga berkomitmen untuk merekonstruksi dan merenovasi sungai atau pantai yang sudah dibersihkan, tapi tidak dipelihara lebih lanjut oleh masyarakat dan pemerintah setempat.

"Jadi, tidak hanya sebatas clean-up. Kan yang kami lakukan sejauh ini masih sebatas clean-up atau membersihkan guna mengurangi sampah. Namun, nantinya, jika tidak ada tindak lanjut pemeliharaan, kami yang akan merekonstruksi dan merenovasi sungai atau pantai tersebut. Intinya, kami tidak ingin kerja setengah-setengah," tegas Gilang.

Kompetisi berhadiah

Para kreator konten tersebut hanyalah sebagian kecil dari jutaan komunitas TikTok yang terus berkarya dan berkontribusi bagi Indonesia. Kamu juga bisa menjadi bagian dari mereka dengan mengikuti tantangan #Serunya17an yang sedang berlangsung di TikTok mulai dari 2-31 Agustus 2023.

Caranya mudah, cukup unggah video yang menceritakan perjuangan dan pencapaian kamu sebagai kreator konten TikTok. Buat caption semenarik mungkin dan cantumkan hashtag #Serunya17an.

Contoh video kompetisi #Serunya17an, bisa kamu lihat di tautan ini.

TikTok telah menyiapkan hadiah menarik dengan total Rp 17 juta untuk lima video terbaik.

Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk rayakan semangat #Serunya17an untuk Indonesia yang lebih baik!

Informasi lebih lanjut mengenai kampanye tersebut, silakan klik tautan ini.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com