Advertorial

BRI Gelar Bazaar UMKM di BRILiaN Independence Week 2023

Kompas.com - 21/08/2023, 12:37 WIB

KOMPAS.com - Hari ulang tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia menghadirkan kegembiraan dan semangat kemerdekaan bagi seluruh masyarakat Indonesia hingga ke pelosok negeri.

Peringatan yang jatuh pada Kamis (17/8/2023) itu diharapkan dapat menjadi momentum untuk mendorong Indonesia agar menjadi negara maju. Hal ini sesuai tema HUT ke-78 Republik Indonesia, yakni “Terus Melaju Untuk Indonesia Maju”.

Dalam rangka merayakan dan memaknai hari kemerdekaan Indonesia, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI menyelenggarakan BRILian Independence Week 2023 pada 17–18 Agustus 2023.

Selain upacara bendera dan lomba khas kemerdekaan, rangkaian acara tersebut juga menyajikan berbagai kegiatan yang bermanfaat bagi para nasabah dan pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Salah satunya, melalui Bazaar UMKM BRILiaN yang digelar di Kantor BRI Pusat, Jakarta, Jumat (18/8/2023).

Kegiatan tersebut menghadirkan delapan klaster unggulan BRI, yakni Klaster Durian Kuyambut, Klaster Jambu Kristal Tanwidjie, Klaster Pokhlasar Mekarsari, Klaster Wanita Nelayan, Klaster Tani Maju Jeruk Sipiturang, Klaster Keripik Ubi Banjar, Klaster Kelompok Tani Alpukat Tempilang, dan Klaster Kampung Nanas. 

Seluruh klaster tersebut didampingi Mantri BRI Unit secara intensif dan mendapatkan dukungan program pemberdayaan dari BRI.

Selain memperkenalkan produk masing-masing klaster, bazar tersebut juga diharapkan dapat menginspirasi lebih banyak UMKM binaan BRI bangkit dan maju bersama.

Direktur Bisnis Mikro BRI Supari mengatakan, UMKM merupakan fundamental utama dalam penerapan ekonomi kerakyatan. Peningkatan kesejahteraan UMKM bisa memiliki efek berganda yang kuat bagi ekonomi Indonesia.

“BRI memiliki journey pemberdayaan yang komprehensif, mulai dari pemberdayaan dasar hingga membuka pasar bagi pelaku usaha binaan. Dalam rangka mendukung skala bisnis klaster usaha binaan, BRI secara rutin mengadakan pameran. Salah satunya lewat Bazaar Klaster Mantriku yang bertujuan untuk memperkenalkan produk-produk unggulan klaster usaha kepada masyarakat luas," ujar Supari dalam siaran tertulis yang diterima Kompas.com, Senin (21/8/2023).

Dalam rangkaian BRILian Independence Week 2023, BRI menyajikan kebermanfaatan dari sektor pendidikan melalui program corporate social responsibility (CSR) BRI Peduli.

Program tersebut berupa pemberian apresiasi dana pendidikan kepada seluruh Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Nasional dan tenaga pendukungnya. BRI konsisten memberikan bantuan ini selama 13 tahun berturut-turut.

Selain itu, beasiswa juga diberikan kepada 1.800 anak berprestasi di Desa binaan BRI atau Desa BRILian. Adapun penyerahan bantuan dilakukan secara simbolis kepada tiga perwakilan anak di Kantor Pusat BRI pada saat BRILiaN Independence Week.

Sementara itu, Corporate Secretary BRI Agustya Hendy Bernadi menyampaikan bahwa apresiasi tersebut bertujuan untuk memotivasi generasi penerus bangsa agar tetap berprestasi.

“Hal tersebut sesuai komitmen BRI untuk dapat memberikan dan men-deliver value untuk masyarakat secara luas,” ujar Agustya.

Sebagai informasi, BRILian Independence Week 2023 menghadirkan berbagai rangkaian acara menarik, seperti culture fest. Acara ini menampilkan program culture activation BRI, Pegadaian, dan Madani (BRIGADE MADANI).

Program tersebut ditujukan untuk menginternalisasi core values AKHLAK yang menjadi bagian dari strategi Holding Ultra Mikro (UMi) dalam menjalankan inisiatif strategis. Hal ini untuk memperkuat ketangguhan UMKM dan inklusi keuangan.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com