Advertorial

Mau Rayakan Kemerdekaan dari Puncak Gunung? Persiapkan 3 Hal Ini

Kompas.com - 21/08/2023, 12:59 WIB

KOMPAS.com – Puncak gunung menjadi salah satu lokasi favorit untuk merayakan hari kemerdekaan Indonesia. Tiap 17 Agustus, sejumlah gunung favorit, seperti Semeru, Gede-Pangrango, dan Slamet, pun dipadati pendaki.

Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Indonesia di gunung punya sejumlah manfaat. Selain baik bagi kesehatan, hiking saat 17-an dapat menjadi cara menghayati perjuangan para pahlawan di masa lalu.

Meski demikian, Anda yang ingin melakukan upacara 17 Agustus di puncak gunung perlu mempersiapkan diri dan perlengkapan dengan baik. Pasalnya, cuaca di gunung tidak bisa diprediksi.

Berikut adalah tiga hal yang perlu Anda lakukan sebelum mendaki gunung pada 17 Agustus.

  1. Pilih gunung sesuai kemampuan

Sebagai negara berjuluk “Ring of Fire”, Anda tak akan kehabisan dalam memilih gunung. Meski begitu, pastikan Anda memilih gunung tersebut dengan bijak.

Pilihlah gunung dengan trek dan tingkat kesulitan pendakian yang sesuai kemampuan Anda. Selain itu, pertimbangkan juga lokasi gunung dengan jarak rumah Anda. Hal ini dapat membantu Anda untuk menghemat biaya dan tenaga.

Anda juga perlu mempertimbangkan faktor-faktor lain, seperti cuaca, persyaratan izin masuk, dan kapasitas pendaki.

  1. Siapkan perlengkapan dan logistik dengan baik

Perlengkapan harus Anda persiapkan dengan baik sebelum mendaki gunung. Terdapat beberapa perlengkapan dasar yang wajib dibawa, yakni pakaian ganti, sepatu, kaos kaki dan gantinya, peralatan makan, peralatan medis dan obat-obatan, senter, head lamp, matras, sleeping bagtenda camping, jaket, peralatan masak, tumbler, dan gas, serta GPS.

Selain perlengkapan, logistik pun perlu disiapkan dengan baik. Anda wajib membawa logistik sesuai itinerari pendakian.

Jika melakukan pendakian selama 2 hari 1 malam, Anda wajib menyiapkan logistik tersebut sesuai durasinya. Sesuaikan pula logistik dengan jumlah orang yang ikut dalam pendakian.

Untuk menampung itu semua, pastikan Anda membawanya dengan tas carrier atau tas ransel berkapasitas besar dan terbuat dari bahan yang kuat serta dan ringan, seperti tas carrier Consina.

Bila ingin membeli perlengkapan pendakian gunung, Anda bisa mengunjungi gerai yang khusus menjual perlengkapan pendakian secara langsung atau membeli melalui toko online seperti Tokopedia.

  1. Latih fisik dan mental

Selain menyiapkan perlengkapan dan logistik dengan baik, Anda juga perlu melatih fisik dan mental sebelum mendaki gunung.

Fisik dan mental yang prima akan membantu Anda menghadapi tantangan dan rintangan saat melakukan aktivitas tersebut

Untuk melatih fisik, Anda perlu melakukan sejumlah olahraga yang dapat meningkatkan stamina, kekuatan otot, fleksibilitas sendi, dan keseimbangan tubuh.

Beberapa contoh olahraga itu adalah joging, bersepeda, renang, senam, yoga, atau pilates.

Sementara untuk melatih mental, Anda dapat melakukan beberapa aktivitas yang dapat meningkatkan motivasi, kepercayaan diri, dan ketenangan pikiran.

Itulah tiga hal yang perlu Anda lakukan agar aktivitas pendakian lebih lancar dan aman. Dengan begitu, Anda dapat merayakan upacara kemerdekaan di puncak gunung dengan khidmat dan nyaman.

Baca tentang
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com