Advertorial

Catat, 7 Keunggulan Terpal Kanvas Anti-air dengan Daftar Harganya

Kompas.com - 21/08/2023, 19:14 WIB

KOMPAS.com – Terpal merupakan lembaran material berukuran besar yang fleksibel dan dapat digunakan untuk berbagai keperluan, mulai dari melindungi dasar kolam hingga penutup kendaraan, seperti truk atau pikap. Material ini juga kerap digunakan sebagai atap tenda ataupun alas duduk pada acara tertentu.

Berdasarkan bahan pembuatnya, terpal terbagi menjadi beberapa jenis, yakni terpal berbahan dasar tarpaulin atau polivinil klorida (PVC), plastik, nilon, jaring, dan sunbrella.

Selain itu, ada pula terpal berbahan dasar kain kanvas. Material utama terpal ini adalah serat katun atau kanvas yang dikenal sebagai bahan superpremium.

Ciri khas atau karakteristik utama dari jenis terpal tersebut adalah kain yang tebal, kuat, dan tidak mudah sobek. Tak hanya itu, terpal kanvas pun dikenal tahan air atau waterproof.

Terpal kanvas anti-air terbuat dari material kuat sehingga tidak mudah sobek.Dok. SHUTTERSTOCK Terpal kanvas anti-air terbuat dari material kuat sehingga tidak mudah sobek.

Kemampuan tersebut tak lepas dari pembuatan terpal kanvas. Saat diproses, permukaan kain kanvas dilapisi bahan anti-air.

Jika dibandingkan terpal lain, terpal kanvas anti-air memiliki sejumlah keunggulan. Tak heran, terpal ini kerap dipilih untuk penggunaan di luar ruangan (outdoor).

Secara umum, terpal kanvas anti-air memiliki tujuh keunggulan. Berikut ulasannya seperti dikutip dari laman berita.99.co.

  1. Kuat

Terpal kanvas anti-air terbuat dari material berupa kain tebal. Oleh sebab itu, terpal ini kuat dan tidak mudah sobek. Bahkan, terpal ini dapat bertahan dalam jangka waktu lama.

  1. Anti-air

Terpal kanvas anti-air memang dirancang untuk memberikan perlindungan maksimal terhadap air. Sifat ini membuat pengguna kerap mengandalkan terpal kanvas untuk melindungi barang-barang yang diletakkan di luar ruangan.

  1. Tahan cuaca

Terpal kanvas anti-air dibuat dari bahan yang mampu memberikan perlindungan terhadap sinar matahari. Saat cuaca panas, terpal ini mampu memberikan perlindungan secara maksimal.

  1. Multifungsi

Sebagai material yang anti-air dan tahan panas, terpal kanvas anti-air kerap diandalkan untuk berbagai keperluan, khususnya penggunaan di luar ruangan.

Terpal itu bisa digunakan sebagai tenda berkemah, payung taman, kanopi, penutup mobil atau truk, dan penutup barang-barang yang diletakkan di halaman rumah.

  1. Ramah lingkungan

Jika dibandingkan dengan bahan pembuat terpal lain, misalnya plastik atau vinil, kanvas merupakan material yang lebih ramah lingkungan.

Sebab, material kanvas terbuat dari serat alami, seperti kapas atau linen. Kedua serat ini diketahui dapat lebih mudah terurai di alam.

  1. Mudah dibersihkan

Terpal kanvas anti-air terbuat dari material yang mudah dibersihkan dan tak memerlukan banyak perawatan. Sebab, kotoran ataupun debu tidak mudah masuk ke dalam serat kanvas.

Meski demikian, terpal kanvas anti-air tetap perlu dibersihkan secara rutin agar tahan lama, terlebih ketika terpal sering digunakan. Pembersihannya pun mudah, yakni cukup diseka dengan lap basah.

Terpal kanvas anti-air mudah dibersihkan.Dok. SHUTTERSTOCK Terpal kanvas anti-air mudah dibersihkan.

  1. Antijamur

Karena tahan air, terpal kanvas anti-air pun terhindar dari kelembapan. Hal ini membuat terpal kanvas tidak mudah ditumbuhi jamur.

Itulah tujuh keunggulan terpal kanvas anti-air. Saat ini, pengguna bisa dengan mudah menemukan terpal kanvas di pasaran dengan harga terpal per meter yang bervariasi.

Sebagai referensi, berikut kisaran harga terpal kanvas anti-air di pasaran.

  • Terpal kanvas ukuran 1 x 1 meter: Rp 77.500
  • Terpal PC atau kanvas PVC: Rp 44.000
  • Terpal kanvas waterproof ukuran 3 x 5 meter: Rp 1.350.000
  • Terpal kanvas Bima: Rp77.000
  • Terpal kain kanvas supertebal per meter: Rp 78.000
  • Terpal kain kanvas ukuran 6 x 8 meter: Rp 611.000
  • Terpal kain kanvas Robinhood: Rp 95.000
  • Terpal kanvas untuk kanopi: Rp 50.000
  • Terpal kanvas ukuran 5 x 5 meter: Rp 299.000
  • Terpal kanvas waterproof lebar 103 cm: Rp 48.900
  • Terpal kain kanvas Unica Waterproof: Rp 41.000
  • Terpal kanvas ukuran 4 x 6 meter: Rp 695.000
  • Terpal kanvas industri tebal 1 mm: Rp 111.000
  • Terpal tenda ukuran 4 x 6 meter: Rp 575.000
  • Terpal canvas ukuran 2 x 2 meter: Rp 135.000

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com