Advertorial

Tumbuh Signifikan, Volume Trade Finance BRI Capai Rp 341 Triliun dalam 7 Bulan

Kompas.com - 22/08/2023, 10:33 WIB

KOMPAS.com - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI mencatatkan pertumbuhan trade finance BRI signifikan dengan volume mencapai Rp 341 triliun per akhir Juli 2023. Angka ini tumbuh double digit dari periode yang sama pada tahun lalu.

Direktur Bisnis Wholesale dan Kelembagaan BRI Agus Noorsanto mengatakan, BRI optimistis dapat menjaga pertumbuhan tersebut hingga akhir 2023.

“Untuk penguatan trade finance BRI, kami akan terus melakukan inovasi digitalisasi produk guna meningkatkan komersialisasi pada nasabah existing dan layanan terintegrasi untuk nasabah,” ujar Agus dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Senin (21/8/2023).

BRI, lanjut Agus, juga optimistis dapat memperoleh fee-based income (FBI) dari trade finance yang lebih baik ketimbang tahun lalu. Pada 2022, FBI yang berhasil didapat dari trade finance mencapai Rp 1,7 triliun.

BRI akan mengembangkan strategi bisnis transaction banking yang mengarah pada pengembangan target market baru (expanding new target markets) dan menciptakan value propositions yang tepat bagi kebutuhan nasabah.

“Strategi ini diharapkan dapat meningkatkan wallet share yang lebih mendalam di sektor agrobisnis, manufaktur, energy and mininge-commerce, serta multinational companies,” ujarnya.

Agus melanjutkan bahwa BRI terus berinovasi melalui berbagai bentuk layanannya, seperti integrated wholesale superapps platform, yaitu QLola by BRI. Aplikasi ini dapat memudahkan nasabah dalam melakukan akses ke berbagai produk dan layanan wholesale BRI dengan hanya satu kali login (single Sign on access).

Selain itu, QLola by BRI juga memudahkan layanan transaksi cash management, trade finance, guarantee, supply chain management, foreign exchange, investment service, serta financial dashboard.

Melalui dukungan platformQLola by BRI, BRI akan selalu memberikan efisiensi dan fleksibilitas kepada nasabah untuk melakukan transaksi di mana pun dan kapan saja secara aman serta nyaman.

“Kami meyakini bahwa Qlola by BRI mampu menjadi salah satu pilihan favorit bagi nasabah nonindividu dalam memberikan solusi integratif bagi bisnis nasabah, khususnya menggabungkan ekosistem wholesale ke ritel,” kata Agus.

Sebagai informasi, BRI mendapatkan penghargaan Trade Finance Survey 2023 dari Asiamoneysebagai peringkat 1 market leader 2023 di Indonesia atas kinerja trade finance.

Adapun penilaian tersebut dilakukan berdasarkan survei dan analisis dari ribuan nasabah, klien, serta pengguna layanan trade finance. Selanjutnya, media ekonomi dan keuangan berskala internasional tersebut memberi peringkat kepada perbankan atau penyedia jasa layanan keuangan di berbagai kategori di tingkat regional (Asia-Pasifik) dan nasional atau domestik.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com