Advertorial

Meraih Kesuksesan di Era Digital Bersama FTSP Universitas Trisakti

Kompas.com - 22/08/2023, 10:38 WIB

KOMPAS.com - Demi menghadapi berbagai tantangan global yang semakin kompleks pada era digital, calon mahasiswa perlu memilih program studi (prodi) dan perguruan tinggi yang tepat.

Salah satu lembaga pendidikan yang menghadirkan pendidikan berkualitas dan lulusan yang siap kerja di era digital adalah Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) Universitas Trisakti (Usakti).

Sebagai informasi, Usakti merupakan salah satu perguruan tinggi swasta (PTS) yang didirikan pemerintah pada 1965. FTSP sendiri merupakan salah satu fakultas tertua di Usakti yang telah mencetak ribuan lulusan dengan rekam jejak positif, baik di dalam maupun luar negeri.

FTSP Usakti memiliki Prodi Arsitektur untuk jenjang sarjana (S1), magister (S2), dan doktor (S3), serta Produk Teknik Sipil untuk jenjang S1 dan S2.

Kurikulum terkini dan pengakuan internasional

Agar para lulusan siap menghadapi dunia kerja yang dinamis dan beragam di era digital, FTSP Usakti menawarkan kurikulum yang telah diperbarui sesuai perkembangan terkini, baik untuk Prodi Arsitektur maupun Teknik Sipil.

Tak hanya itu, FTSP Usakti juga selalu berupaya meningkatkan kualitas pendidikan dan pengajaran.

Hal itu diwujudkan dengan menghadirkan fasilitas modern dan lingkungan pembelajaran yang nyaman, mulai dari laboratorium yang lengkap hingga sarana kegiatan mahasiswa untuk mendukung perkembangan akademik dan nonakademik.

FTSP Usakti juga memiliki 59 dosen yang bersertifikasi, baik dalam bidang akademik maupun profesional.

Upaya tersebut pun membuahkan pengakuan dari dunia internasional. Pada 2021, Prodi Arsitektur (S1) Usakti meraih sertifikasi ASEAN University Network Quality Assurance (AUN-QA).

Kemudian, Prodi Teknik Sipil (S1) Usakti mendapatkan status “Provisionally Accredited” dari Indonesia Accreditation Board for Engineering Education (IABEE) pada 2023.

Tingkatkan pengalaman mahasiswa

Demi meningkatkan pengalaman sekaligus pengembangan karier mahasiswa, FTSP Usakti terlibat aktif dalam program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), menjalin kerja sama dengan mitra industri, dan pertukaran pelajar internasional.

Melalui program MKBM, misalnya, mahasiswa FTSP Usakti dapat belajar sekaligus merasakan situasi kerja nyata.

FTSP Usakti pun telah meneken kerja sama dengan PT Jaya Obayashi. Lewat kerja sama ini, mahasiswa FTSP Usakti berkesempatan meraih beasiswa, waktu magang, dan ikatan kerja sama selama lima tahun di Jepang.

Dalam hal pertukaran pelajar, FTSP Usakti saat ini telah menerima 2 mahasiswa S2 dari Polytech Nantes, Prancis, untuk melakukan penelitian pada bidang material struktur dan geoteknik.

Mahasiswa FTSP-Usakti sedang presentasi summer camp di Thammasat University, Thailand Dok. FTSP Usakti Mahasiswa FTSP-Usakti sedang presentasi summer camp di Thammasat University, Thailand

Selain itu, FTSP Usakti juga telah mengirim mahasiswanya untuk mengikuti program “International Multidisciplinary Summer School KU Leuven Faculty of Architecture and Thammasat Design School in collaboration with WHO Téchne”. Program ini berlangsung selama dua minggu di Rangsit Campus, Bangkok, Thailand.

Mahasiswa berprestasi pun berkesempatan mengikuti program fast track FTSP Usakti. Melalui program ini, mereka dapat menyelesaikan program S1 dan S2 dalam waktu lima tahun.

Kemudahan pembayaran

FTSP Usakti memberikan berbagai kemudahan bagi calon mahasiswa baru. Sebagai contoh, mahasiswa baru yang merupakan keluarga alumnus FTSP Usakti bisa mendapatkan potongan 10 persen untuk biaya sumbangan pengembangan pendidikan (SPP).

Selain itu, mahasiswa berprestasi juga berkesempatan untuk mendapatkan beasiswa selama menempuh perkuliahan.

Adapun pengguna Kartu Kredit BNI bisa mendapatkan kemudahan pembayaran cicilan 12 kali dengan bunga 0 persen.

Tak hanya itu, calon mahasiswa baru yang mendaftar lewat jalur Ujian Tulis Berbasis Komputer di laman www.spmb.trisakti.ac.id selama periode 17 Agustus – 17 September 2023 berkesempatan mendapatkan cashback SPP hingga Rp 6 juta. Perlu diketahui, promo ini memiliki kuota terbatas serta syarat dan ketentuan berlaku.

Jika melakukan pembayaran secara tunai, calon mahasiswa baru juga berkesempatan mendapatkan potongan 5 persen untuk biaya SPP.

Sebagai informasi, penerimaan mahasiswa baru Usakti lewat jalur ujian saringan masuk (USM), rapor, dan nilai UTBK masih dibuka hingga Minggu (17/9/2023).

Jadi, tunggu apa lagi, segera daftarkan diri Anda dan jadi bagian dari keluarga besar FTSP Usakti.

Untuk informasi lebih lanjut terkait penerimaan mahasiswa baru, silakan hubungi email humas_ftsp@trisakti.ac.id, nomor WhatsApp 0821-2408-8658, laman www.ftsp.trisakti.ac.id, atau Instagram @ftspusakti_official.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com