Advertorial

Menyelisik Manfaat Pompa Pasir untuk Industri Konstruksi hingga Pertambangan

Kompas.com - 22/08/2023, 17:49 WIB

KOMPAS.com - Pompa pasir merupakan salah satu perangkat krusial untuk mendukung aktivitas operasional sejumlah industri yang melibatkan pekerjaan fisik serta material padat.

Sesuai namanya, alat tersebut berfungsi untuk mengefisienkan proses pengangkutan material padat. Pada sektor konstruksi, misalnya, pompa pasir digunakan untuk mengangkut pasir, kerikil, dan material padat lainnya untuk pembangunan gedung, jalan, dan irigasi.

Adapun di sektor pertambangan, pompa pasir dapat membantu para pekerja mengekstraksi material padat dari lokasi penambangan.

Tak hanya itu, pompa pasir juga digunakan di sektor minyak dan gas (migas) guna memudahkan proses pengeboran migas serta mengangkut material padat dan lumpur dari sumur bor.

Sementara itu, di sektor pembangunan pantai, pompa pasir digunakan untuk mengangkut pasir dari dasar laut atau pantai.

Berbeda dengan perangkat lain, pompa pasir dapat meminimalkan kerusakan terhadap lingkungan. Sebab, proses ekstraksi material dari bawah air atau tanah dapat dilakukan secara terkontrol.

Pompa pasir juga memungkinkan proses pengangkutan material padat secara efisien dari satu lokasi ke lokasi lain tanpa manual yang berat. Proses pemindahan material pun lebih efisien, cepat, dan akurat.

Perangkat tersebut juga dinilai lebih aman oleh para pelaku industri. Pasalnya, pompa pasir dapat mengurangi risiko cedera dan kelelahan pada pekerja. Berkat perangkat ini pula, kebutuhan industri terhadap tenaga kerja fisik berat dapat diminimalkan.

Jangan salah pilih pompa pasir

Untuk mendukung efisiensi kerja di berbagai sektor, pemilihan jenis pompa pasir pun tak boleh dilakukan secara asal-asalan.

Anda pun dapat menggunakan pompa pasir, seperti pompa hisap pasir dan pompa submersible, sesuai dengan lokasi serta material yang akan diangkut.

Untuk itu, ada sejumlah hal yang patut dipertimbangkan dalam memilih pompa pasir yang tepat.

Pertama, perhatian kapasitas dan daya yang sesuai dengan volume dan jarak angkut yang dibutuhkan. Kedua, material konstruksi. Pilih pompa yang terbuat dari bahan antikarat serta tahan korosi, terutama jika akan digunakan di lingkungan yang keras.

Ketiga, pastikan pompa pasir diproduksi oleh perusahaan bereputasi dengan merk tepercaya dalam industri.

Salah satu produk pompa pasir berkualitas yang dapat Anda pertimbangkan untuk mendukung kegiatan operasional usaha adalah pompa pasir DICO dari PT Guna Indo Perkasa.

Varian pompa pasir DICO terdiri dari Pompa Pasir Mini DICO 2½" 12mm DC 200/390, Pompa Pasir 3" DICO 12mm type J, Pompa Pasir 4" DICO 12mm type J, Pompa Pasir 6" DICO 20mm J - (AS 2"), serta ukuran lebih besar dari Pompa Pasir 8" DICO 20mm J - (AS 2½") juga tersedia, Produk berkualitas dengan harga terjangkau.

Anda pun dapat memilih pompa pasir DICO sesuai dengan kapasitas skala usaha serta material kasar yang hendak diangkut.

Untuk mendapatkan pompa pasir DICO, Anda dapat memanfaatkan promo kupon diskon 8 persen yang ditawarkan PT Guna Indo Perkasa. Promo ini dihadirkan dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia (RI).

Sebagai informasi, potongan maksimal dari kupon diskon tersebut adalah Rp 200.000. Promo ini berlaku sejak Kamis (17/8/2023) untuk setiap pembelian produk DICO di DICO Official Store.

Untuk informasi lebih lanjut, klik tautan berikut.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com