Advertorial

Respons Dampak El Nino, Pemkab Klaten Kirim Air Bersih Ke Lereng Merapi

Kompas.com - 22/08/2023, 18:24 WIB

KOMPAS.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten mengirimkan bantuan air bersih kepada warga Desa Sidorejo dan Tegalrejo, Kemalang, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah (Jateng), Selasa (22/8/2023).

Bantuan tersebut dikirim untuk mengurangi beban warga yang terdampak kekeringan pada musim kemarau akibat fenomena El Nino di kedua desa yang berada di lereng Gunung Merapi itu.

Bupati Klaten Sri Mulyani mengatakan, warga di kedua desa tersebut biasanya mengandalkan air hujan yang ditampung sebagai cadangan air bersih untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

“Alhamdulillah, masyarakat merasa antusias menerima bantuan air bersih dari Pemkab Klaten. Saat kemarau, warga biasanya harus membeli air bersih. Semoga (bantuan) ini bisa meringankan beban masyarakat,” ujar Sri dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Selasa (22/8/2023).

Sebagai informasi, bantuan yang diserahkan kepada warga Desa Sidorejo dan Tegalmulyo berupa 6 tangki air bersih dengan kapasitas masing-masing tangki 5.000 liter atau sekitar 30.000 liter.

Sri melanjutkan, selama musim kemarau, Pemkab Klaten telah menyalurkan bantuan air bersih sebanyak 210 tangki kepada warga di wilayah terdampak kekeringan, di antaranya wilayah Wedi, Bayat, dan Cawas.

Dia menambahkan, kehadiran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Klaten telah membantu menyerap aspirasi masyarakat Kemalang.

Menurutnya, permasalahan kekeringan di wilayah Kemalang, terutama Desa Sidorejo dan Tegalmulyo, membutuhkan perhatian khusus. Sebab, kedua wilayah ini tidak memungkinkan pembangunan sumur dalam.

“Solusi yang paling memungkinkan adalah memperbaiki saluran air dari mata air Bebeng berada di Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Kami akan koordinasikan (dengan pemangku kepentingan terkait) agar masalah ini dapat selesai,” imbuh Sri.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com