Advertorial

Gubernur Andi Sudirman Resmikan Masjid Kubah 99 Asmaul Husna, Ikon Baru Wisata Religi Sulsel

Kompas.com - 23/08/2023, 18:14 WIB

KOMPAS.com - Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Andi Sudirman Sulaiman meresmikan Masjid Kubah 99 Asmaul Husna di Kawasan Center Point of Indonesia, Makassar, Minggu, (20/8/2023). Meski baru diresmikan, masjid ini sudah digunakan untuk kegiatan umat Islam sejak Sabtu (12/3/2022).

Masjid Kubah 99 memiliki desain yang khas. Kubahnya yang berjumlah 99 buah mencerminkan filosofi Asmaul Husna. Selain itu, masjid ini mengusung desain arsitektur modern dan futuristik. Karena itu, Masjid Kubah 99 termasuk dalam daftar 10 masjid unik di Indonesia.

Untuk kapasitas, masjid tersebut dapat menampung sekitar 13.075 jemaah, baik di ruang utama, mezanin, maupun pelataran suci.

Adapun perencanaan pembangunan masjid tersebut dimulai sejak Gubernur Sulsel terdahulu, yakni Syahrul Yasin Limpo, pada 2016. Sempat terhenti selama 3 tahun, pembangunan masjid yang didesain oleh Ridwan Kamil ini kemudian dilanjutkan Gubernur Sulsel Andi Sudirman.

Penyelesaian pembangunan masjid tersebut menjadi bukti bahwa keberlanjutan pembangunan yang dilakukan Andi Sudirman.

Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman. Dok. Pemprov Sulsel Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman.

“Masjid Kubah 99 Asmaul Husna dapat menjadi ikon wisata religi di Sulsel setelah diresmikan,” tutur Andi Sudirman dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Rabu (23/8/2023).

Terlebih, masjid tersebut juga terhubung dengan area kuliner Anjungan Lego-Lego. Area ini didukung penetapan zona Kuliner Halal, Aman, dan Sehat (KHAS) Lego-Lego.

"Semoga Masjid Kubah 99 dapat meningkatkan kunjungan masyarakat atau wisatawan. Dengan demikian, dapat menggeliatkan sektor perekonomian masyarakat," tutur Andi.

 

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com