Advertorial

SGI dan WVI Donasikan 31 Laptop ke 3 Sekolah di Jakarta Timur

Kompas.com - 24/08/2023, 09:42 WIB

KOMPAS.com - Seoul Guarantee Insurance (SGI) dan Wahana Visi Indonesia (WVI) mendonasikan 31 laptop dan perangkat pendukung kegiatan belajar mengajar ke tiga sekolah di Jakarta Timur.

Sekolah yang menerima bantuan tersebut adalah SD Negeri Rawa Bunga 12 di Jatinegara, SDS BPS&K III di Cipinang Besar Selatan, serta SD Negeri Bali Mester 01 di Bali Mester. Sebanyak 874 siswa dan 49 guru menjadi penerima manfaat dari bantuan ini.

Bantuan tersebut diharapkan dapat mendorong siswa untuk mahir menggunakan perangkat digital serta membantu guru menyiapkan materi lebih kreatif dan inovatif. Dengan demikian, aktivitas pembelajaran menjadi lebih menyenangkan.

Seperti diketahui, metode pembelajaran mengalami perubahan menjadi pembelajaran berbasis komputer sejak pandemi Covid-19. Hal ini memaksa guru dan peserta didik untuk menggunakan perangkat digital.

Sistem pendidikan juga mengharuskan peserta didik menggunakan komputer untuk melakukan ujian akhir sebelum kelulusan. Sejak 2019, 91 persen siswa sekolah telah menerapkan ujian berbasis komputer. Padahal, tidak semua sekolah di Jakarta memiliki perangkat komputer yang memadai.

Chief Representative SGI Sanghoon Ohmengatakan, SGI mulai mendonasikan perangkat teknologi informasi (IT) ke sekolah-sekolah di Indonesia sejak membuka kantor perwakilan di Tanah Air pada 2022. Pada tahun lalu, SGI mendonasikan perangkat komputer ke empat sekolah.

Sanghoon mengatakan, siswa merupakan harapan dan penggerak untuk masa depan Indonesia. Oleh karena itu, sekolah dengan lingkungan dan fasilitas yang baik sangat diperlukan siswa.

“SGI akan terus melaksanakan program itu pada masa mendatang. Tujuannya supaya siswa dapat tumbuh menjadi pemimpin Indonesia di masa depan,” kata Sanghoon melalui siaran pers yang diterima Kompas.com, Selasa (22/8/2023).

Chief Representative SGI Sanghoon Oh saat memberikan bantuan. DOK. WVI Chief Representative SGI Sanghoon Oh saat memberikan bantuan.

Resource Development and Communications Director WVI Asteria Aritonangmenyampaikan bahwa WVI merasa terhormat dipilih menjadi mitra SGI bersama World Vision Korea untuk memberikan dukungan perangkat IT sejak 2022.

Hingga sekarang, sebanyak 2.209 siswa telah mendapatkan kesempatan untuk belajar lebih baik berkat dukungan SGI.

“Kami menyampaikan apresiasi terhadap inisiatif SGI yang mendukung proses belajar dan mengajar di berbagai sekolah dampingan WVI. Kami berharap, bantuan ini dapat membuat anak-anak semakin semangat belajar dan guru juga terbantu. Dengan demikian, kami dapat mewujudkan kehidupan yang lebih baik untuk setiap anak,” ujar Asteria.

Laptop dan perangkat pendukung lain yang didapat pihak sekolah akan didaftarkan sebagai aset sekolah. Ke depan, sekolah akan menggunakan perangkat ini untuk melatih siswa dalam pelajaran atau kursus TI.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com