Advertorial

Susah-susah Gampang, Begini Cara Cerahkan Kulit Sensitif Tanpa Iritasi

Kompas.com - 24/08/2023, 14:23 WIB

KOMPAS.com – Kulit wajah yang cerah merupakan dambaan bagi setiap orang. Untuk itu, banyak orang melakukan perawatan kulit wajah.

Sayangnya, pemilik kulit sensitif harus berhati-hati dalam memilih produk perawatan wajah.

Alih-alih mencerahkan, kesalahan pemilihan produk perawatan wajah justru bisa membuat kulit iritasi. Kondisi ini ditandai dengan kemerahan, perih, gatal, kering, dan kulit mengelupas.

Lantas, bagaimana cara mencerahkan kulit sensitif secara aman dan efektif? Berikut adalah ulasannya.

  1. Bersihkan wajah dengan tepat

Salah satu kunci untuk membuat kulit wajah sensitif lebih sehat dan cerah adalah pembersihan wajah, misalnya lewat eksfoliasi.

Eksfoliasi merupakan pengangkatan sel kulit mati yang membuat wajah jadi kusam. Eksfoliasi secara rutin dapat membantu meningkatkan kecerahan wajah.

Eksfoliasi dimulai dengan mencuci wajah menggunakan sabun pembersih wajah yang ringan. Hindari sabun yang mengandung alkohol dan sulfat.

Agar lebih maksimal, lakukan pembersihan ganda (double cleansing) pada wajah. Pada teknik ini, pemilik kulit sensitif bisa menggunakan micellar water terlebih dahulu. Kemudian, lanjutkan pembersihan menggunakan sabun wajah (face wash).

Pemilik kulit sensitif bisa memilih micellar water dengan bahan dasar minyak. Selain efektif mengangkat sisa residu, micellar water dengan kandungan minyak juga dapat mengurangi risiko iritasi dan kulit kering pada kulit sensitif.

  1. Hindari bahan yang membuat iritasi

Pemilik kulit sensitif wajib memilih produk perawatan wajah yang ramah terhadap kulit. Hindari produk yang mengandung parfum, antibakteri, dan retinoid. Dengan demikian, wajah akan tetap terawat sekaligus cerah.

Agar tetap cerah, wajah juga perlu tetap terhidrasi secara alami. Jaga kulit agar tetap lembap dan perbaiki lapisan kulit dengan langkah yang tepat.

Hindari produk yang menawarkan klaim mencerahkan secara instan. Sebab, produk ini berpotensi membahayakan kulit dalam jangka waktu lama.

  1. Pilih produk yang mengandung antioksidan

Antioksidan, seperti vitamin C, merupakan bahan yang efektif mencerahkan kulit wajah, termasuk bagi pemilik kulit sensitif.

Meski demikian, tak semua vitamin C cocok bagi pemilik kulit sensitif. Untuk itu, pilihlah antioksidan atau serum vitamin C yang terbuat dari bahan alami, bebas alkohol dan parfum, serta memiliki efek menenangkan kulit

  1. Gunakan tabir surya

Agar cerah, pemilik kulit sensitif wajib menjaga kulit wajah dari paparan sinar ultraviolet (UV). Pasalnya, sinar UV dapat membuat wajah kusam dan iritasi.

Untuk itu, gunakan tabir surya (sunscreen) dengan kandungan sun protection faktor (SPV) minimal 30 atau SPF 30. Pilihlah sunscreen dengan kandungan ringan sehingga cocok bagi kulit sensitif.

Sunscreen sebaiknya digunakan setiap hari, bahkan ketika berada di dalam ruangan. Jika berada di luar ruangan, pemilik kulit sensitif disarankan menggunakan mengaplikasikan sunscreen secara berulang minimal 3 atau 4 jam sekali.

  1. Penggunaan retinol

Pemilik kulit sensitif kerap merasa ragu dengan keamanan produk berbahan retinol. Padahal, terdapat retinol yang khusus ditujukan untuk kulit sensitif.

Retinol sendiri memiliki fungsi serupa vitamin C, yakni mencerahkan wajah. Tak hanya itu, penggunaan retinol juga membantu proses regenerasi kulit sehingga membuat wajah satu tingkat lebih cerah.

Itulah sejumlah cara mencerahkan wajah bagi pemilik kulit sensitif. Pemilihan produk yang tepat merupakan kunci penting bagi pemilik kulit sensitif.

Oleh sebab itu, pilih produk yang dikhususkan bagi kulit sensitif, misalnya MeToo. Jenama produk perawatan kulit ini menghadirkan seri produk yang berfungsi membantu mencerahkan kulit sensitif, yakni MeToo 96.

Salah satu seri MeToo 96 adalah rice ferment essence yang berfungsi memperbaiki lapisan kulit rusak dan mencerahkan kulit dengan lembut.

Produk tersebut dibuat dengan teknologi mencerahkan 4D yang efisien menghilangkan melanin secara alami. Dengan demikian, selain mencerahkan, produk ini juga dapat menyamarkan bintik hitam di wajah.

Tak hanya rice ferment essence, MeToo 96 juga menghadirkan berbagai produk lain, seperti krim esens dan clay mask, yang ramah bagi pemilik kulit sensitif.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com