Advertorial

Menilik 1 Tahun Kiprah ALVA di Pasar Otomotif Indonesia

Kompas.com - 24/08/2023, 20:14 WIB

KOMPAS.com -Jenama sepeda motor listrik Tanah Air, ALVA, sudah satu tahun menjejakkan kaki di pasar otomotif Indonesia. Perjalanan ALVA dimulai pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 dengan meluncurkan produk pertama, ALVA One.

Genap setahun, ALVA telah mencatatkan dampak signifikan dalam menciptakan mobilitas berkelanjutan di Indonesia. Berdasarkan data ALVA, unit-unit produk jenama ini, yakni ALVA One dan ALVA Cervo, telah menempuh 1.070.000 kilometer (km) dengan total 121.000 perjalanan. Adapun jarak terjauh yang ditempuh unit ALVA mencapai 156 km.

Masih dari data yang sama, perjalanan paling efisien yang ditempuh unit ALVA mencapai 1,99 km per 1 persen baterai. Sementara itu, rerata pemakaian 1 persen baterai unit ALVA dapat menempuh 0,76 km.

Pengendara unit ALVA rata-rata melakukan perjalanan selama 33,84 menit dalam satu kali perjalanan. Adapun rerata isi ulang baterai menghabiskan waktu 1,8 jam.

Dari seluruh perjalanan yang ditempuh user menggunakan unit ALVA selama setahun, emisi karbon yang dapat ditekan mencapai 88,5 ton karbon dioksida ekuivalen (CO2e). Jumlah ini setara dengan menanam 4.000 pohon.

Dapat penghargaan bergengsi di GIIAS 2023

Tak sekadar mencatatkan dampak signifikan bagi lingkungan, ALVA juga menyabet penghargaan bergengsi “Most Driven Motorcycle”pada perhelatan GIIAS 2023. Penghargaan ini diraih untuk produk ALVA Cervo yang baru diluncurkan pada Sabtu (27/5/2023).

Chief Marketing Officer PT Ilectra Motor Group yang menaungi jenama ALVA, Putu Yudha, mengatakan bahwa penghargaan tersebut merupakan pengakuan atas inovasi dan keunggulan ALVA Cervo. Selain itu, penghargaan juga menjadi bukti minat masyarakat yang tinggi dalam menyambut masa depan kendaraan listrik.

ALVA Cervo menghadirkan tiga mode berkendara yang fleksibel, yakni Eco, Urban, dan Sport. Kendaraan listrik ini juga memiliki fitur Boost yang dapat menambah kecepatan motor ALVA Cervo dalam hitungan detik.

Tak cuma ramah lingkungan

Salah satu pengendara ALVA Cervo, Engelbertus Bibang, merasakan sendiri keunggulan ALVA Cervo dalam tiga mode berkendara tersebut.

"Buat saya, mode Urban saja sudah oke, apalagi jika langsung ke mode Sport. Saya dapat merasakan (perbedaannya) saat beralih dari mode Eco ke Urban, sungguh keren. Speed-nya keren, tenaganya (juga) keren,” kata Engel.

Sesuai klaim, Engel melanjutkan, ALVA Cervo pun bisa menaklukkan tanjakan dengan kemiringan hingga 17 derajat.

“Pada awalnya, saya meragukan kemampuan motor ALVA Cervo untuk hal itu, tapi kemampuannya di luar dugaan saya,” kata Engel.

Selain performa, Engel juga mengakui layanan purnajual yang prima dari ALVA. Ia mengapresiasi layanan pelanggan dan after sales yang sangat baik setelah menjalani servis 1.000 km pertama di ALVA Experience Center Sudirman Central Business District (SCBD), Jakarta Selatan.

"Customer service (ALVA) cepat dan tanggap melayani pelanggan. Hal ini bagus untuk pelanggan,” tuturnya.

Salah satu keunggulan motor listrik ketimbang motor konvensional, lanjut Engel, adalah biaya operasionalnya lebih hemat.

Engel memaparkan, pengisian baterai motor listrik ALVA Cervo di rumahnya hanya membutuhkan waktu 2-3 jam dengan biaya kurang dari Rp 10.000 setiap hari.

Dengan jarak tempuh yang sama, ia harus mengeluarkan biaya Rp 30.000 hingga Rp 35.000 per hari saat masih menggunakan motor berbahan bakar bensin.

“Biaya motor listrik hanya sepertiga biaya pengeluaran motor konvensional. Jadi, sangat irit,” ungkap Engel.

Engel juga membandingkan biaya pajak tahunan kepemilikan motor listrik. Menurutnya, biaya pajak tahunan kendaraan listrik roda dua, seperti ALVA Cervo, relatif lebih rendah ketimbang motor konvensional.

Biaya pajak tahunan ALVA Cervo hanya sekitar Rp 35.000. Biaya ini jauh lebih ekonomis ketimbang besaran pajak kendaraan roda 2 dengan mesin 250 cc yang berkisar Rp 850.000.

Motor listrik gratis

Guna merayakan satu tahun perjalanan di Indonesia, ALVA membuka kesempatan kepada masyarakat untuk mendapatkan ALVA Cervo secara gratis melalui program #ExpressYourBoost. Masyarakat dapat mengikuti test ride di ALVA Experience Center, SCBD, Jakarta, hingga Kamis (31/8/2023).

Selama satu tahun di pasar Indonesia, ALVA telah membuktikan bahwa mobilitas berkelanjutan tidak hanya sebagai sebuah tren, tetapi juga keharusan. Oleh karena itu, jangan melewatkan kesempatan untuk mendapatkan 1 motor listrik ALVA Cervo.

Dengan menggunakan ALVA Cervo, masyarakat tidak hanya akan merasakan performa unggul dan berbagai fitur canggih motor listrik, tapi juga berkontribusi secara langsung dalam menjaga lingkungan.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com