Advertorial

Bulog Raih Kinerja Positif Berkat Implementasikan Nilai AKHLAK

Kompas.com - 25/08/2023, 12:09 WIB

KOMPAS.com - Implementasi core value Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif (AKHLAK) selama tiga tahun di Perusahaan Umum (Perum) Bulog membuahkan hasil.

Direktur Human Capital Perum Bulog Purnomo Sinar Hadi mengatakan, internalisasi core values AKHLAK yang ditetapkan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) telah meningkatkan net income dan earnings before interest, taxes, depreciation, and amortization (EBITDA) Bulog sejak 2021.

Selain itu, berdasarkan hasil AKHLAK Culture Health Index (ACHI) 2021, Perum Bulog memiliki tingkat positive energy index sebesar 72,1 persen atau dalam kategori Cukup Sehat. Angka ini mengindikasikan bahwa Perum Bulog berada pada moderate energy.

“Singkatnya, Perum Bulog minim isu yang dapat menghambat pencapaian kinerja optimal. Hasil ini terdiri dari aspek komitmen pimpinan, sistem, dan simbol yang melebihi standar,” ujar Purnomo pada acara AKHLAK Culture Festival, Jakarta, Kamis, (24/8/2023), seperti dikutip Kompas.com dari rilis pers Bulog.

Purnomo melanjutkan bahwa nilai-nilai AKHLAK menjadi panduan perilaku positif bagi insan BUMN, termasuk insan BULOG,

Jika diimplementasikan dengan baik dan sungguh, nilai-nilai tersebut tidak hanya menciptakan lingkungan kerja yang kondusif, tapi juga meningkatkan produktivitas kerja karyawan.

“Hal tersebut dapat berdampak pada kinerja perusahaan secara keseluruhan,” katanya.

Penyelenggaraan AKHLAK Culture Festival sendiri merupakan bentuk komitmen Perum BULOG terhadap implementasi nilai-nilai AKHLAK selama tiga tahun di lingkungan perseroan.

Kegiatan bertema “AKHLAK untuk Indonesia Perum BULOG” itu dimeriahkan dengan sharing session dari inspirator sukses Mulia Jamil Azzaini.

Selain itu, terdapat juga Chief Executive Officer (CEO) Talk bersama Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso dan berbagai penampilan bakat dari para insan Bulog.

Adapun puncak acara AKHLAK Culture Festival adalah town hall meeting. Acara ini dihadiri oleh dewan pengawas, para direksi, serta karyawan Perum Bulog dari seluruh Indonesia secara hibrida.

Pada kesempatan tersebut, Budi Waseso yang akrab disapa Buwas mengingatkan karyawan untuk menjunjung tinggi sikap saling menghargai antar-sesama. Hal ini sesuai tercantum pada core values Harmonis.

“Untuk dapat mencapai target, karyawan harus saling berkolaborasi dan bekerja sama untuk mencapai kinerja terbaiknya,” ujar Buwas.

Festival AKHLAK Culture Festival, kata Buwas, diharapkan dapat menjadikan insan Perum Bulog sebagai pribadi yang ber-AKHLAK.

Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso. DOK. Perum Bulog Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso.

Dengan demikian, insan Perum Bulog mampu meningkatkan kinerja perusahaan secara berkelanjutan serta menerapkan respectful workplace policy di lingkungan perseroan.

Penerapan core values AKHLAK tidak hanya dilakukan oleh karyawan sebagai culture targets. Para pimpinan juga wajib menerapkannya sebagai culture leaders.

“Para culture leaders harus mampu menggerakkan jajaran di unit kerjanya untuk bersama-sama berkomitmen dalam mengimplementasikan core values AKHLAK," tuturnya.

Partisipasi Perum BULOG melalui town hall meeting serta CEO Talk merupakan puncak dari rangkaian AKHLAK Culture Festival yang diselenggarakan sejak Juni 2023.

Adapun rangkaian acara lain pada festival tersebut meliputi lomba video TikTok dengan tema “Penerapan AKHLAK di Keluarga Insan BUMN”, lomba desain kemeja AKHLAK, serta lomba koreografi jingle BUMN untuk Indonesia. Pada ajang ini, Perum Bulog menjadi Juara 2 Lomba Video Tiktok di tingkat BUMN.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com