Advertorial

Kobarkan Semangat Kebangsaan, BRI Beri Dana Apresiasi untuk Paskibraka Nasional

Kompas.com - 26/08/2023, 09:03 WIB

KOMPAS.com – PT Bank Rakyat Indonesia Tbk atau BRI melalui program tanggung jawab sosial lingkungan (TJSL) perusahaan memberikan apresiasi kepada 76 Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Nasional dan 55 tenaga pendukung yang bertugas pada upacara bendera di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (17/8/2023).

Apresiasi tersebut diberikan dalam bentuk dana bantuan pendidikan bagi setiap anggota Paskibraka dan tenaga pendukung. Pemberian apresiasi dilakukan di BRILian Center, Kantor Pusat BRI Jakarta pada Selasa (22/08/2023).

Kegiatan bertema “Semangat Bangsa dari Paskibraka” tersebut merupakan bagian dari rangkaian BRILian Independence Week 2023.

Selain itu, pemberian apresiasi juga bagian dari program BRI untuk memaknai Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-78 Republik Indonesia (RI) yang mengusung semangat “Terus Melaju untuk Indonesia Maju”.

Direktur Jaringan dan Layanan BRI Andrijanto mengatakan, anggota Paskibraka Nasional 2023 yang berasal dari 38 provinsi telah menyelesaikan tugasnya dengan baik.

Mereka juga dinilai telah berjuang keras sejak periode seleksi hingga acara puncak, termasuk upacara pengibaran bendera hingga penurunan Sang Merah Putih yang dilaksanakan di Istana Merdeka.

Anggota Paskibraka Nasional, kata Andrijanto, patut mendapatkan apresiasi dari semua pihak. Pasalnya, seleksi untuk menjadi anggota Paskibraka Nasional tidaklah mudah, mulai dari tingkat sekolah, kabupaten/kota, hingga provinsi.

“Saat terpilih, mereka juga menjalani pendidikan dan pelatihan Paskibraka dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dengan kedisiplinan yang ketat,” ujar Andrijanto dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Jumat (25/8/2023).

Perjuangan berat tersebut diakui oleh salah satu anggota Paskibraka Nasional 2023 yang turut menerima dana apresiasi pendidikan dari BRI, Lilly Indiani Suparman Wenda.

Perempuan kelahiran Wamena pada 15 Mei 2007 itu adalah perwakilan dari Provinsi Papua Pegunungan. Lily sendiri bertugas sebagai pembawa baki bendera pusaka merah putih pada Paskibraka Nasional 2023.

Saat ini, ia menempuh pendidikan di SMAN 1 Wamena dan mengikuti seleksi Paskibraka Tingkat Provinsi Papua Pegunungan.

Atas perjuangan yang telah ditunjukkan Lily dan kawan-kawan, Andrijanto berharap, para anggota Paskibraka tetap bisa menjaga semangatnya di semua lini kehidupan.

Tak hanya itu, ia juga meminta mereka tetap fokus dalam menjalankan tugas-tugas selama belajar, dapat beradaptasi di berbagai macam lingkungan, serta bisa menjadi inspirasi bagi kaum muda lainnya.

“Semoga dana bantuan dari BRI dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Apresiasi yang diberikan BRI diharapkan juga dapat memberikan motivasi di kemudian hari. Sebab, kami tahu bahwa setelah penugasan ini, anggota Paskibraka harus kembali mengemban tugas utama, yaitu belajar dan meraih cita-cita yang diinginkan,” kata Andrijanto.

BRI selalu berkomitmen untuk terus mengedepankan pelayanan kepada masyarakat, tidak hanya melalui aktivitas bisnis perbankan semata, tapi juga melalui tanggung jawab terhadap pengembangan sosial dan kemasyarakatan yang diwujudkan dalam bentuk program BRI Peduli.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com