Advertorial

Biar Bijak, Perhatikan Hal Berikut sebelum Gunakan Aplikasi Kredit HP Tanpa DP

Kompas.com - 27/08/2023, 14:59 WIB

KOMPAS.com – Layanan kredit tanpa down payment (DP) untuk pembelian handphone (HP) kini semakin mudah ditemukan. Bahkan, jumlah aplikasi kredit HP tanpa DP yang menawarkan kredit instan semakin banyak.

Meski demikian, Anda perlu mempelajari rekam jejak perusahaan financial technology (fintech) agar tidak merugi di kemudian hari. Pastikan Anda mengetahui layanan tersebut diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Selain itu, Anda juga wajib tahu syarat pendaftaran, bunga yang ditetapkan, serta biaya-biaya lain.

Di samping hal teknis tersebut, Anda juga perlu memahami cara bijak menggunakan aplikasi kredit HP tanpa DP. Simak ulasan berikut.

  1. Prioritas kebutuhan

Saat ini, smartphone sudah menjadi barang penting untuk melakukan berbagai aktivitas, mulai dari komunikasi, mengurus pekerjaan, hingga transaksi perbankan.

Jika smartphone rusak, pengguna harus mencari perangkat pengganti untuk dapat melakukan berbagai keperluan.

Jika ingin menggunakan aplikasi kredit HP tanpa DP, Anda harus mengetahui kebutuhan. Jangan sampai membeli HP flagship dengan spesifikasi gahar tanpa tahu besaran cicilan per bulan. Sebab, semakin mahal harga HP, cicilan per bulannya pun semakin besar.

Selain itu, perhitungkan juga kapasitas finansial Anda. Jangan sampai cicilan melebihi 30 persen dari total penghasilan. Hal ini bertujuan untuk menjaga arus keuangan Anda tetap lancar.

  1. Pahami syarat dan ketentuan

Meski menawarkan kemudahan, setiap aplikasi kredit biasanya memiliki syarat pendaftaran yang berbeda-beda. Salah satunya adalah Kredivo.

Sebagai aplikasi kredit yang #Sefleksibelitu, Kredivo menawarkan tiga syarat mudah kepada pengguna yang ingin melakukan registrasi akun.

Pertama, warga negara Indonesia (WNI) berusia 18-60 tahun.

Kedua, sudah bekerja dan punya penghasilan tetap minimal sebesar Rp 3 juta per bulan.

Ketiga, berdomisili di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek), Bandung, Surabaya, Semarang, Palembang, Medan, Bali, Yogyakarta, Solo, Makassar, Malang, Sukabumi, Cirebon, Balikpapan, Batam, Purwakarta, Padang, Pekanbaru, Manado, serta Samarinda.

Selanjutnya, Kediri, Tasikmalaya, Tegal, Lampung, Banjarmasin, Pontianak, Cilegon, Bontang, Tanjung Pinang, Metro, Dumai, Gowa, Maros, Banyuasin, Deli Serdang, Brebes, Karanganyar, Banjarbaru, Karawang, Mojokerto, dan Sukoharjo.

Anda dapat mengunduh aplikasi Kredivo di Google Play Store atau App Store. Selanjutnya, pilih daftar akun Premium Kredivo. Anda bisa mendapatkan limit kredit yang lebih besar hingga Rp 50 juta. 

  1. Perhatikan bunga dan biaya admin

Pengguna aplikasi kredit biasanya dibebankan suku bunga dan biaya admin yang harus dibayar. Sebelum mengambil cicilan HP tanpa DP, Anda harus mengetahui besaran bunga supaya bisa disesuaikan dengan kemampuan.

Sebagai contoh, cicilan tanpa uang muka di Kredivo berlaku dengan minimal transaksi sebesar Rp 500.000. Ada dua opsi bunga yang bisa Anda pilih.

Pertama, cicilan 0 persen dengan tenor maksimal sampai 3 bulan. Kedua, cicilan dengan bunga 2,6 persen per bulan dengan tenor 6 sampai 12 bulan.

Jika memilih cicilan 0 persen, Anda dibebankan biaya admin sebesar 1 persen per bulan. Informasi ini bisa didapatkan di dalam simulasi cicilan Kredivo pada website atau aplikasi Kredivo. Anda dapat mencoba simulasi ini sebelum memutuskan untuk mengajukan kredit.

  1. Lakukan perbandingan harga dan simulasi cicilan

Jika sudah mendaftar akun, Anda bisa membandingkan harga dan lakukan simulasi cicilan. Tujuannya supaya Anda mendapatkan harga HP terbaik serta mengetahui tagihan yang akan dibayarkan setiap bulannya.

Jika menggunakan Kredivo, Anda bisa membandingkan harga HP di berbagai macam merchant, seperti Tokopedia, Lazada, Blibli, Erafone, iBox, Digimap, serta ribuan merchant online dan offline lainnya.

Anda bisa memilih harga termurah dan lakukan simulasi cicilan langsung di aplikasi Kredivo. Caranya, buka aplikasi Kredivo lalu masuk ke menu “Akun”. Selanjutnya, pilih “Kalkulator Cicilan”. Masukkan harga HP yang Anda inginkan, maka hasil simulasinya akan keluar.

  1. Ketahui kemampuan bayar

Hal terakhir yang harus Anda pertimbangkan adalah kemampuan bayar agar kondisi keuangan tetap sehat saat menyicil smartphone

Idealnya, Anda tidak memiliki tagihan lebih dari 30 persen dari total pendapatan per bulan. Apabila memiliki gaji Rp 8 juta per bulan, misalnya, total uang yang bisa dialokasikan untuk cicilan sebesar Rp 2,4 juta per bulan.

Selain itu, jangan lupa menghitung jumlah cicilan yang sedang berjalan sebelum mengambil kredit HP tanpa DP. Tujuannya, supaya rasio utang terhadap penghasilan tetap sehat. Jika memiliki tagihan Rp 1 juta setiap bulan, Anda hanya memiliki jatah tagihan Rp 1,4 juta per bulan.

Itulah hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum menggunakan aplikasi kredit HP tanpa DP. Dengan melakukan langkah tersebut, Anda bisa terhindar dari kredit macet atau terkena denda keterlambatan bayar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com