Advertorial

Penyelenggaraan PRS BRI 2023 di Pasuruan Dihadiri 10.000 Nasabah dan 150 UMKM

Kompas.com - 27/08/2023, 15:19 WIB

KOMPAS.com – PT Bank Rakyat Indonesia Tbk atau BRI menghadirkan Pesta Rakyat Simpedes (PRS) dengan tema “Pede Raih Peluang" di Taman Candra Wilwatika, Pandaan, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur (Jatim), pada Sabtu (26/8/2023) hingga Minggu (27/8/2023).

Sebagai informasi, acara tersebut adalah penyelenggaran PRS yang ketiga pada 2023. Sebelumnya, BRI telah menyelenggarakan PRS di kota Yogyakarta dan Bandung.

Direktur Bisnis Mikro BRI Supari mengatakan, penyelenggaraan PRS merupakan wujud komitmen BRI dalam memberdayakan pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Tanah Air.

“PRS sudah menjadi komitmen BRI dalam mendukung UMKM di Indonesia. Acara ini telah dilaksanakan rutin dan diadakan di sejumlah kota untuk mengusung UMKM unggulan di daerah masing-masing. Tentunya, hal ini sejalan dengan komitmen PRS untuk mengajak seluruh UMKM semakin pede meraih peluang sehingga mampu meraih peluang di segala lini bisnis,” ujar Supari dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Minggu.

PRS di Pandaan, lanjut Supari, diikuti oleh lebih dari 150 UMKM unggulan Jatim yang menjadi binaan BRI.

Acara tersebut juga dihadiri oleh lebih dari 10.000 nasabah BRI Group dan masyarakat umum serta ratusan komunitas pegiat budaya Jatim.

Kegiatan PRS pun semakin meriah berkat adanya kehadiran bintang tamu spesial, seperti Via Vallen, Inul Daratista, Slank, dan Repvblik.

Adapun hari pertama PRS di Pandaan diawali dengan agenda pawai seni dan budaya yang diikuti oleh lebih dari 500 peserta, mulai dari marching band, parade fesyen, reog dan jarananmajapahitan, hingga parade budaya antardesa.

“PRS kali ini juga menghadirkan berbagai diskon dan pilihan produk UMKM unggulan, aneka jajanan kuliner, cek kesehatan dan pembagian sembako gratis, edukasi seputar bisnis dan literasi digital, wahana permainan, kompetisi e-sport, dan panen hadiah. Ada juga berbagai program untuk memberdayakan UMKM, literasi digital, dan pemberian pelayanan perbankan bagi nasabah,” kata Supari.

Produk unggulan khas Kota Pandaan yang dijual oleh UMKM, lanjut Supari, ditempatkan di area pasar yang menjadi pusat kegiatan bazar.

Area bazar tersebut juga menjadi tempat edukasi terkait digitalisasi finansial untuk mengubah kebiasaan para nasabah yang sebelumnya menggunakan tunai menjadi cashless melalui aplikasi BRImo.

Kegiatan itu pun diharapkan dapat membuat nasabah BRI jadi terbiasa dalam menggunakan aplikasi tersebut dengan fitur-fiturnya.

Selanjutnya, ada pula kegiatan panen yang merupakan pengundian hadiah mewah berupa uang tunai jutaan rupiah. Kegiatan ini dapat diikuti oleh seluruh pengunjung.

 “PRS BRI 2023 juga memberikan ruang kegiatan hiburan melalui Pojok X’Sis yang diisi dengan kegiatan mural dengan kolaborasi seni lokal dan pesta durian. Pokoknya, masih banyak lagi keseruan pada kegiatan Pojok X’Sis,” tutur Supari.

Bentuk kepedulian sosial BRI juga dihadirkan melalui booth BRI Peduli yang dapat dikunjungi oleh pengunjung selama acara PRS berlangsung.

Dengan membayar Rp 1 melalui aplikasi BRImo, pengunjung dapat melakukan cek kesehatan secara gratis, donor darah, sembako gratis, dan menukarkan sampah plastik secara gratis dengan voucer ratusan ribu rupiah.

Sementara itu, Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf mengapresiasi peranan BRI dalam mendukung perekonomian daerah.

Menurutnya, penyelenggaraan PRS menjadi kolaborasi yang penting antara instansi pemerintah dengan lembaga keuangan, seperti BRI untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Salah satu wujud komitmen BRI dalam memberdayakan UMKM pada PRS Pandaan 2023 ditunjukkan melalui talkshow edukatif kelas UMKM. Talkshow tersebut bertujuan untuk memberikan pengetahuan baru kepada para pelaku UMKM agar mereka dapat berkembang lebih pesat lagi,” ucap Irsyad.

Panggung edukasi Kelas UMKM itu hadir dengan dua tema utama, yaitu “Besarkan Usahamu dan Hasilkan Produk yang Digemari” dan “Positioning Brand dan Membuat Konten Dasar”.

Irsyad berharap, penyelenggaraan talkshow dan kelas UMKM tersebut dapat memberdayakan pelaku usaha serta memberikan pengetahuan dan bekal untuk meraih kesuksesan di dunia bisnis.

Untuk diketahui, PRS BRI diadakan di 20 kota serta 362 titik di seluruh Indonesia dan berlangsung pada Juli hingga September 2023.

Acara tersebut ditayangkan secara langsung melalui kanal Youtube BRI dan siaran televisi Kompas TV.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com