Advertorial

PRS 2023 Hadirkan Semarak Pesta Seni hingga Edukasi Keuangan

Kompas.com - 27/08/2023, 17:38 WIB

KOMPAS.com –Sebagai bank yang fokus terhadap sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI terus melakukan pemberdayaan kepada pelaku usaha. Salah satunya melalui Pesta Rakyat Simpedes (PRS).

Sebagai informasi, PRS 2023 telah diselenggarakan di berbagai kota, seperti Bandung, Yogyakarta, serta Pasuruan.

Di Pasuruan, PRS diselenggarakan di Taman Candra Wilwatikta, Kecamatan Pandaan pada Sabtu (26/8/2023) dan Minggu (27/8/2023). Gelaran bertema “Pede Raih Peluang” ini diikuti lebih dari 150 UMKM unggulan Jawa Timur, dan 10.000 nasabahBRI Group, masyarakatumum, serta ratusan komunitas pegiat budaya Jawa Timur.

Dilaksanakan sejak 2008, PRS sudah menjadi sarana edukasi dan hiburan. Tujuannya, supaya masyarakat percaya diri (pede) untuk menjadi entrepreneur. Bahkan, pada masa pandemi Covid-19 (2020-2021), PRS tetap diselenggarakan secara daring dan disiarkan melalui media streaming.

Selain menampilkan hiburan, PRS juga memiliki berbagai program untuk memberdayakan UMKM, literasi digital, serta memberikan pelayanan perbankan bagi nasabah BRI.

Pelaksanaan PRS di Pandaan juga merupakan bentuk dukungan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk mendukung UMKM di Jawa Timur, khususnya di Kabupaten Pasuruan.

Direktur Bisnis Mikro BRI Supari mengatakan bahwa melalui kegiatan tersebut, BRI terus menyosialisasikan penggunaan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) BRI sebagai bentuk edukasi digitalisasi finansial kepada masyarakat.

“Hal tersebut sejalan dengan komitmen PRS untuk mengajak seluruh UMKM semakin pede meraih peluang. Dengan demikian, mereka mampu meraih peluang di segala lini bisnis,” ujar Supari melalui keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Jumat (25/8/2023).

Pada acara tersebut, BRI memberikan layanan lengkap kepada seluruh nasabah Tabungan BRI Simpedes. BRI juga mendorong transformasi digital pedagang melalui pembayaran menggunakan QRIS BRI untuk mempermudah UMKM dalam bertransaksi.

Adapun salah satu rangkaian PRS yang ditunggu-tunggu adalah Grebek Pasar. Acara ini menyasar lima pasar tradisional, yakni Pasar Kebonagung, Pasar Purwosari, Pasar Sukorejo, Pasar Pandaan dan Pasar Wisata Cheng Ho. Acara ini dilaksanakan mulai Senin (27/8/2023) hingga Jumat (25/8/2023).

Melalui kegiatan tersebut, para pegawai BRI menemui para pedagang lokal di pasar tradisional untuk memberikan edukasi keuangan BRI kepada masyarakat dan para pelaku UMKM. Layanan ini di antaranya pembukaan Tabungan BRI Simpedes secara digital, transaksi melalui BRImo, serta pembayaran menggunakan QRIS BRI.

Enam PRS 2023

Sebagai informasi, gelaran PRS 2023 di Pandaan mengusung enam pilar. Pertama, pilar Pawai. Pada pilar ini, pelaku UMKM di Pandaan diberikan edukasi literasi digital oleh BRI, seperti penggunaan BRImo beserta fitur-fitur yang dapat memenuhi kebutuhan transaksi harian nasabah. Pilar Pawai dimeriahkan dengan karnaval seni dan budaya oleh marching band dan komunitas pada Sabtu (26/8/2023).

Kedua, pilar Pasar. PRS di Pandaan menyuguhkan bazar UMKM unggulan binaan BRI. Bazar ini menampilkan berbagai macam produk UMKM dari beberapa kategori, yaitu kulinerfesyen, sertakerajinan. Setiap transaksi pembelian produk-produk UMKM di bazar ini menggunakan QRIS BRI yang diakses melalui aplikasi BRImo.

Ketiga, pilar Panen. Pilar ini diisi acara undian berhadiah bagi para pengunjung. Selain itu, pada pilar ini, BRI juga menyerahkan hadiah program Panen Hadiah Simpedes secara simbolis.

Keempat, pilar Pojok X’Sis. Pengunjung PRS Pandaan bisa menikmati pesta durian dengan syarat dan ketentuan yang berlaku, kegiatan mural kolaborasi, serta menikmati 1.000 porsi rujak cingur bersama youtuber Bobon Santoso.

Kelima, pilar Peduli. Pilar ini merupakan bentuk kepedulian BRI untuk masyarakat Pandaan. BRI menyediakan layanan cek kesehatan gratis, program donor darah, tebus sembako gratis, penukaran botol atau sampah plastik dengan voucer bernilai ratusan ribu rupiah, serta face painting dan nail art yang dapat dinikmati oleh pengunjung secara gratis dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Keenam, pilar Panggung. Pilar ini menampilkan kegiatan seni dan budaya berupa wayangan dan ludrukan pada Sabtu (2/8/2023) dan Minggu (27/8/2023). Kegiatan ini juga menampilkan deretan artis Tanah Air dan lokal, yakni Inul Daratista, Slank, Gigi, Repvblik, Via Vallen, New Palapa, dan Om Sera.

PRS 2023 sendiri berlangsung pada Juli hingga September 2023 di 20 kota dan 362 titik di seluruh Indonesia. Acara ini akan ditayangkan melalui kanal Youtube BRI dan ditayangkan langsung melalui siaran televisi Kompas TV.

Untuk datang ke PRS Pandaan 2023, pengunjung bisa melakukan pembelian tiket melalui laman pestarakyatsimpedes.com. Selain secara online, tiket dapat dibeli seharga Rp 1 di lokasi acara (on the spot) dengan scan QRIS BRI menggunakan BRImo.

Untuk informasi selengkapnya mengenai PRS 2023, Anda bisa mengunjungi Instagram @bankbri_id atau websitebbri.id/PRS2023.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com