Advertorial

Menteri BUMN Bersama 20.000 Orang Semarakkan Pesta Rakyat Simpedes BRI di Pasuruan

Kompas.com - 28/08/2023, 10:45 WIB

KOMPAS.com – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menghadiri Pesta Rakyat Simpedes (PRS) yang diadakan oleh PT Bank Rakyat Indonesia Tbk atau BRI di Taman Candra Wilwatikta, Pandaan, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur (Jatim) pada Sabtu (26/8/2023) hingga Minggu (27/8/2023).

Selain Erick, acara tersebut juga dihadiri oleh Direktur Utama BRI Sunarso, Kepala Bank Indonesia (BI) Malang Samsun Hadi, Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Pasuruan Yudha Triwidya Sasongko, jajaran Direksi dan Dewan Komisaris BRI, serta Direktur BRI Group lain.

Sebagai informasi, kegiatan PRS adalah bentuk dukungan BRI terhadap pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) agar mereka dapat mengembangkan pangsa pasarnya.

Erick mengatakan, inisiatif pemberdayaan UMKM seperti PRS penting dilakukan sebagai upaya menyebarkan literasi keuangan dan pendampingan kepada pelaku UMKM.

Selain itu, Erick juga mengapresiasi upaya transformasi di perusahaan BUMN, termasuk BRI, yang secara konsisten terus digalakkan. Hal ini diharapkan dapat menjadi salah satu kontribusi dan pendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia.

“Sebagai agen pembangunan, BUMN mempunyai peran mempercepat peningkatan kesejahteraan rakyat. BUMN juga punya beragam program pemberdayaan seperti penyediaan pinjaman untuk pelaku usaha, termasuk salah satunya membuka akses layanan keuangan seluas-luasnya untuk masyarakat,” ujar Erick dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Senin (28/8/2023).

Senada dengan Erick, Sunarso menjelaskan bahwa ajang PRS adalah momentum kebangkitan pelaku UMKM Indonesia untuk menggerakkan perekonomian nasional.

Selain itu, PRS juga menjadi ajang bagi pelaku UMKM untuk memperkenalkan produknya kepada masyarakat luas. Dengan begitu, mereka dapat meningkatkan penjualan atau omzet pelaku usaha.

Pada PRS, BRI juga menyediakan fasilitas bagi pelaku UMKM untuk memperluas pemasaran, mendapatkan pelatihan untuk pengembangan usaha, dan kesempatan untuk kolaborasi bisnis.

“PRS menjadi acara yang rutin digelar secara tahunan oleh BRI sejak 2008 sebagai wadah pemberdayaan UMKM. BRI rutin menggelar PRS tak kurang di 300 titik di seluruh Indonesia setiap tahun,” kata Sunarso.

Khusus PRS 2023, acara tersebut telah berlangsung sejak Juli 2023 dan akan digelar di 382 titik yang tersebar di seluruh Indonesia dengan melibatkan kurang lebih 5.000 UMKM.

Seperti diketahui, UMKM merupakan pilar terpenting dalam perekonomian Indonesia. Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM), jumlah UMKM di Indonesia mencapai 64,2 juta dan mampu berkontribusi terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) sebesar 61,07 persen atau senilai Rp 8.573,89 triliun.

Selain itu, UMKM juga menyerap 97 persen dari total tenaga kerja Indonesia.

“Berkaca dari kondisi tersebut, BRI menilai pelaku UMKM di Indonesia sangat membutuhkan edukasi secara konsisten dan berkelanjutan daripada advokasi. Salah satu wujud komitmen BRI dalam pemberdayaan UMKM adalah dengan membentuk Holding Ultra Mikro bersama dengan Pegadaian dan PNM,” ucap Sunarso.

Sunarso menambahkan, upaya lain yang dilakukan BRI untuk memberdayakan UMKM adalah membentuk komunitas Desa BRILian yang merupakan program pemberdayaan potensi desa untuk mewujudkan ketahanan ekonomi yang sustain.

Kemudian, BRI juga menciptakan platform digital LinkUMKM untuk mendorong pelaku UMKM naik kelas.

Sementara itu, Irsyad mengapresiasi peranan BRI dalam mendukung perekonomian daerah.

Menurutnya, PRS telah menjadi ajang kolaborasi yang penting antara instansi pemerintah dengan lembaga keuangan, seperti BRI, untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Untuk diketahui, PRS BRI Pandaan menghadirkan lebih dari 150 UMKM binaan BRI Jatim. Acara yang berlangsung selama dua hari ini pun dihadiri oleh lebih dari 20.000 nasabah BRI Group, masyarakat umum, dan ratusan komunitas pegiat budaya Jatim.

Di samping berbagai program pemberdayaan UMKM dan literasi keuangan digital, serangkaian seni dan hiburan menarik juga disuguhkan pada acara itu.

Hiburan tersebut meliputi pawai seni dan budaya yang diikuti lebih dari 500 peserta meliputi marching band, parade fesyen, reog dan jaranan, Majapahitan, parade budaya antardesa, hingga pergelaran wayang spesial.

Kegiatan PRS semakin meriah berkat kehadiran beragam bintang tamu, seperti Via Vallen, Inul Daratista, Slank, Gigi, dan Repvblik.

Selain itu, PRS kali ini juga menghadirkan berbagai diskon dan pilihan produk UMKM unggulan, aneka jajanan kuliner, cek kesehatan dan sembako gratis, edukasi seputar bisnis dan literasi digital, wahana permainan dan kompetisi e-sport, panen hadiah, dan berbagai hiburan lain.

Dalam gelaran tersebut, pelaku usaha mengikuti panggung edukasi berupa kelas UMKM yang hadir dengan dua tema utama yaitu, “Besarkan Usahamu dan Hasilkan Produk yang Digemari” dan “Positioning Brand dan Membuat Konten Dasar”.

Penyelengaraan kelas UMKM tersebut diharapkan dapat membantu pelaku UMKM naik kelas serta memberikan pengetahuan dan bekal meraih kesuksesan di dunia bisnis.

Rangkaian acara PRS juga menghadirkan layanan lengkap kepada seluruh nasabah Tabungan BRI Simpedes. BRI juga mendorong akuisisi pedagang melalui pembayaran digital QRIS BRI untuk mempermudah UMKM dalam bertransaksi.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com