Advertorial

Puluhan Ribu Masyarakat Meriahkan Gelaran Pesta Rakyat Simpedes BRI di Pasuruan

Kompas.com - 29/08/2023, 10:39 WIB

KOMPAS.com – Pesta Rakyat Simpedes (PRS) yang dipersembahkan Tabungan BRI Simpedes sukses digelar di Pandaan, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur (Jatim).

Festival yang digelar sejak Sabtu (26/8/2023) hingga Minggu (27/8/2023) itu dimeriahkan oleh sekitar 20.000 masyarakat.

Adapun PRS merupakan salah satu wujud dukungan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI terhadap pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Tanah Air. Melalui festival ini, BRI melakukan pemberdayaan UMKM sekaligus meningkatkan literasi digital.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan, kegiatan PRS menjadi medium belajar bagi para pelaku UMKM untuk memajang produk mereka sekaligus mendapatkan informasi serta inovasi untuk meningkatkan kualitas produk.

“Pesta Rakyat Simpedes menjadi ajang pesta (bagi) orang yang mau sukses. Jangan membatasi diri. Buktinya, ini ada UMKM yang sampai bisa ekspor ke luar negeri," ujar Erick dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Selasa (29/8/2023).

Menurut Erick, BRI telah menjadi ekosistem yang mumpuni dalam membantu pelaku UMKM untuk naik kelas serta melek literasi digital.

Tak hanya BRI, sambungnya, PT Permodalan Nasional Madani atau PNM serta Pegadaian yang tergabung dalam Holding Ultra Mikro (UMi) juga ada pada ekosistem tersebut.

“Holding UMi menjadikan ekosistem tersebut sebagai kekuatan. Pada blueprint BUMN 2024-2034, disebutkan bahwa UMKM menjadi prioritas, selain peningkatan infrastruktur yang modern," tambahnya.

Gerakkan ekonomi nasional

Pada kesempatan sama, Direktur Utama BRI Sunarso mengatakan bahwa PRS merupakan momentum kebangkitan pelaku UMKM Indonesia untuk menggerakkan perekonomian nasional.

Adapun PRS telah menjadi kegiatan rutin yang digelar secara tahunan oleh BRI sejak 2008 sebagai wadah pemberdayaan UMKM.

“Setiap tahun, BRI menggelar PRS tak kurang di 300 titik di seluruh Indonesia,” kata Sunarso.

Pada 2023, lanjut Sunarso, gelaran PRS telah berlangsung sejak Juli. Adapun PRS tahun ini bakal digelar di 382 titik yang tersebar di seluruh Indonesia dengan melibatkan 5.000 pelaku UMKM.

Sunarso menuturkan, UMKM merupakan pilar terpenting dalam perekonomian Indonesia.

Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM), jumlah UMKM di Tanah Air mencapai 64,2 juta dan berkontribusi terhadap produk domestik bruto (PDB) sebesar 61,07 persen atau senilai Rp 8.573,89 triliun.

Kontribusi UMKM terhadap perekonomian Indonesia pun memiliki kemampuan menyerap 97 persen dari total tenaga kerja Indonesia.

Berkaca dari kondisi tersebut, lanjut Sunarso, perseroan menilai pelaku UMKM di Indonesia sangat membutuhkan edukasi secara konsisten dan berkelanjutan daripada advokasi.

“Salah satu wujud komitmen BRI dalam pemberdayaan UMKM adalah pembentukan Holding UMi bersama Pegadaian dan PNM,” tambahnya.

Tidak hanya itu, kata Sunarso, PRS juga menjadi momentum bagi pelaku UMKM untuk memperkenalkan produk kepada masyarakat luas. Dengan begitu, mereka dapat meningkatkan omzet penjualan.

“Dalam kegiatan PRS, BRI juga menyediakan fasilitas bagi pelaku UMKM untuk memperluas pemasaran, mendapatkan pelatihan untuk pengembangan usaha, serta kesempatan untuk kolaborasi bisnis,” kata Sunarso.

Sebagai informasi, PRS BRI Pandaan menghadirkan lebih dari 150 UMKM binaan BRI unggulan Provinsi Jatim, masyarakat umum, serta ratusan komunitas pegiat budaya Jatim.

Di samping berbagai program pemberdayaan UMKM dan literasi keuangan digital, PRS juga menyuguhkan serangkaian acara seni dan hiburan menarik. Rangkaian acara tersebut meliputi pawai seni dan budaya yang diikuti lebih dari 500 peserta, meliputi marching band, parade fashion, reog dan jaranan, Majapahitan, parade budaya antardesa, hingga pergelaran wayang spesial.

Selain itu, PRS Pandaan juga menghadirkan berbagai diskon dan pilihan produk UMKM unggulan, aneka jajanan kuliner, cek kesehatan dan sembako gratis, edukasi seputar bisnis, serta literasi digital.

Selain itu, ada pula wahana permainan, kompetisi e-sport, panen hadiah, dan berbagai hiburan dari bintang tamu, yakni Via Vallen, Inul Daratista, Slank, Gigi, dan Repvblik.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com