Advertorial

Mau Kontenmu Masuk FYP di TikTok? Lakukan 7 Hal Berikut

Kompas.com - 29/08/2023, 11:54 WIB

KOMPAS.com - TikTok adalah salah satu platform media sosial (medsos) yang digunakan oleh para kreator konten saat ini, termasuk di Indonesia.

Berdasarkan data dari firma riset Statista pada April 2023, jumlah pengguna TikTok di Indonesia mencapai 113 juta. Popularitas platform ini tak terlepas dari potensinya yang dapat membantu para kreator konten untuk menunjukkan karya dan bakat mereka.

Meski begitu, tidak semua konten keren dan berkualitas dapat menarik perhatian pengguna TikTok. Konter harus pula bisa masuk ke dalam fitur For You Page (FYP) TikTok sehingga bisa direkomendasikan melalui algoritma sesuai minta dan interaksi pengguna.

Jika berhasil masuk dalam fitur tersebut, kamu akan mendapatkan sejumlah keuntungan. Selain konten tersebar luas, kamu pun berkesempatan menambah jumlah pengikut.

Lalu, bagaimana cara membuat konten bisa masuk FYP di TikTok? Simak ulasan berikut.

  1. Bikin konten yang memancing interaksi

Cara pertama, buat konten yang mampu memancing interaksi. Konten yang kamu buat harus bisa menarik minat pengguna TikTok lain untuk memberi like, comment, share, atau melakukan stitch dan duet video.

Sebagai contoh, kamu bisa membuat video berisi konten yang lucu, unik, mengharukan, menakutkan, dan membuat penasaran.

Konten-konten seperti itu cukup diminati pengguna TikTok sehingga berpotensi memancing interaksi dengan pengguna lain.

Tak hanya itu, kamu juga harus aktif berinteraksi dengan pengguna TikTok lain untuk meningkatkan engagement agar video buatanmu bisa masuk FYP pengguna lain.

  1. Ikut challenge dan tren yang sedang viral

Kamu perlu mengikuti challenge dan membuat konten sesuai tren yang sedang viral agar dapat masuk ke dalam FYP.

Dengan melakukan hal tersebut, traffic pada kontenmu dapat meningkat lebih cepat dari biasanya sehingga potensi untuk dilihat atau bahkan diikuti menjadi lebih besar.

Jangan lupa juga buat sedikit modifikasi dari challenge dan tren yang tengah hit tersebut agar konten yang dibuat jadi lebih unik sehingga mampu menarik perhatian banyak orang.

  1. Kolaborasi

Jika kamu adalah pengguna baru di TikTok, salah satu langkah yang bisa dilakukan adalah berkolaborasi dengan kreator konten lain, khususnya yang sudah terkenal dan punya banyak pengikut.

Dengan cara tersebut, potensi konten buatanmu lebih dikenal dan masuk ke dalam FYP pun menjadi lebih besar.

  1. Unggah konten di jam prime time

Cara selanjutnya adalah mengunggah konten di jam sibuk atau prime time. Cara ini cukup efektif karena video yang diunggah akan lebih cepat dilihat oleh orang lain.

Dihimpun dari berbagai sumber, prime time pada TikTok dalam sehari dibagi ke dalam tiga kategori waktu, yakni siang hari pada pukul 12.00—13.00 Waktu Indonesia Barat (WIB), sore hari pukul 16.00—17.00 WIB, dan malam hari pukul 19.00—23.00 WIB.

  1. Beri caption menarik pada konten

Langkah berikutnya, buat keterangan atau caption yang menarik pada setiap konten yang diunggah. Dalam memberi caption, kamu bisa menuliskan beberapa kata yang cukup menggambarkan isi video secara keseluruhan tanpa memberikan bocoran atau spoiler.

Selain itu, jangan lupa berikan tagar atau hashtag yang sesuai dengan konten dan tren yang sedang populer serta dicari oleh pengguna lain.

  1. Gunakan backsound yang sedang populer

Latar suara atau backsound pada video TikTok juga sangat berpengaruh terhadap jumlah penonton video. Oleh karena itu, pilihlah backsound yang sedang populer dan banyak digunakan.

Dengan memakai backsound yang sedang populer, kontenmu berpeluang direkomendasikan kepada para pengguna yang sebelumnya pernah menonton video dengan suara yang sama.

  1. Fokus pada tema konten

Selain konten YouTube atau blog, TikTok juga menyarankan pembuatnya untuk fokus pada tema (niche) tertentu agar konten bisa masuk ke dalam FYP.

Oleh karena itu, ada baiknya kamu fokus pada satu tema saat membuat konten, khususnya yang sedang populer dan banyak dicari.

Hal tersebut dapat membuat konten-kontenmu semakin berpeluang direkomendasikan kepada pengguna lain sehingga kesempatan untuk sering masuk FYP jadi semakin besar.

Itulah tujuh langkah yang bisa kamu lakukan agar konten yang dibuat pada platform TikTok bisa masuk FYP.

Sebagai informasi, kamu bisa pula mempelajari berbagai trik dalam menggunakan TikTok ataupun medsos lain dengan belajar di sejumlah institusi pendidikan yang menyediakan kurikulum tersebut, seperti di Binus University bekasi.

Universitas tersebut memiliki Jurusan Komunikasi Kreatif yang dapat membantu mahasiswa lebih adaptif terhadap penggunaan berbagai platform digital.

Jurusan itu dirancang untuk membantu mahasiswa agar dapat mengombinasikan beberapa ide dan mengimplementasikannya menjadi konten kreatif yang bernilai, termasuk konten TikTok.

Mau jadi pembuat konten keren? Ayo segera bergabung dengan Jurusan Komunikasi Kreatif Binus University Bekasi.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com