Advertorial

Walkot Cilegon Dinobatkan sebagai Tokoh Inspiratif di Bidang Pendidikan oleh Tempo Media Group

Kompas.com - 30/08/2023, 14:43 WIB

KOMPAS.com - Wali Kota (Walkot) Cilegon Helldy Agustian dinobatkan sebagai tokoh inspirasi Indonesia di bidang pendidikan karena dinilai berhasil memajukan pendidikan di wilayahnya.

Atas keberhasilan tersebut, Helldy dianugerahi penghargaan Apresiasi Tokoh Indonesia kategori Peningkatan Sumber Daya Manusia dan Pendidikan oleh Tempo Media Group di Hotel Ritz Carlton Jakarta, Selasa (29/8/2023).

Penghargaan diserahkan secara langsung oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Abdullah Azwar Anas

Adapun Helldy merupakan satu-satunya kepala daerah di Provinsi Banten yang mendapatkan penghargaan tersebut.

Pendidikan menjadi salah satu perhatian serius Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon. Helldy mengatakan, sejak awal dilantik sebagai Walkot Cilegon, dirinya langsung tancap gas membenahi pendidikan.

Pada Februari hingga Juni 2023, lanjut Helldy, Pemkot Cilegon telah mendirikan empat sekolah menengah pertama (SMP) negeri baru. Pendirian ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

“Alhamdulillah, sekarang sudah ada SMP Negeri 12 di (Kecamatan) Purwakarta, SMP Negeri 13 di (Kecamatan) Jombang, SMP Negeri 14 di (Kecamatan) Citangkil, dan SMP Negeri 15 di (Kecamatan) Grogol yang mampu menampung 800 siswa,” kata Helldy pada acara penganugerahan seperti dikutip Kompas.com dari siaran pers Pemkot Cilegon.

Ia berharap, penyediaan SMP negeri baru bisa mendorong putra-putri Cilegon untuk bersaing sesuai ghirah perjuangan di zaman dahulu, seperti pada peristiwa Geger Cilegon.

“Kami ingin putra dan putri Cilegon mampu bersaing, baik di daerah maupun nasional," ujarnya.

Helldy menambahkan, penghargaan bersama sederet nama besar lain di kancah nasional membuatnya lebih bersemangat untuk terus membangun dan memberikan yang terbaik kepada masyarakat Kota Cilegon.

“Penghargaan ini diberikan kepada kepala daerah yang memiliki prestasi dalam membangun daerah. Alhamdulillah, berarti kami diakui secara nasional,” tuturnya.

Kinerja Walkot Cilegon juga diapresiasi sesama walkot lain. Walkot Surabaya Eri Cahyadi menilai bahwa Helldy merupakan sosok pemimpin cerdas, inovatif, dan kreatif sehingga mampu memimpin Kota Cilegon dengan baik.

“Satu kata buat Pak Helldy, yaitu luar biasa. Program Walkot Cilegon ini luar biasa di dunia pendidikan dengan memberikan beasiswa penuh sarjana,” katanya.

Selain pendidikan, lanjutnya, Pemkot Cilegon di bawah kepemimpinan Helldy juga berinovasi pada pengelolaan sampah.

“Pengelolaan sampah di Kota Cilegon juga sering dibahas. Inovasi itulah yang dibutuhkan dari seorang pemimpin untuk membangun kota. Saya yakin Cilegon di bawah kepemimpinan beliau akan jauh lebih dahsyat dari sebelumnya,” katanya.

Apresiasi kepala daerah berprestasi 

Direktur Utama (Dirut) Tempo Media Group Arif Zulkifli mengatakan, program Apresiasi Tokoh Indonesia merupakan upaya Tempo dalam memberikan apresiasi kepada kepala daerah yang berprestasi dan inovatif dalam membangun daerahnya.

“Apresiasi Tempo kepada pemerintah daerah tidak terlepas dari hubungan baik dengan para kepala daerah yang sudah cukup lama. Tempo selalu menjaga kredibilitas dengan menularkan apresiasi masyarakat dengan mencari kepala daerah terbaik,” jelas Arif.

Arif menambahkan, misi Tempo tidak hanya menghadirkan informasi yang akurat dan kredibel mengenai kinerja kepala daerah, tetapi juga menyediakan tolok ukur keberhasilan pemerintah daerah dalam menghadapi hambatan di daerahnya masing-masing.

Selain kategori Peningkatan Sumber Daya Manusia dan Pendidikan, Tempo juga memberikan penghargaan kategori Percepatan Infrastruktur, Pariwisata Berkarakter, dan Pengembangan Digitalisasi.

Kemudian, kategori Pendorong Ekonomi Kerakyatan, Pembangunan di Daerah Terdepan, Terpencil, dan Tertinggal (3T), Pejabat Kepala Daerah Inovatif, dan Penggerak Kemajuan Daerah Berciri Kepulauan.

Pada kesempatan sama, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menilai bahwa kepala daerah yang mendapat penghargaan tersebut menunjukkan bahwa kinerja dan prestasinya telah diakui oleh media masa besar seperti Tempo.

“Capaian tersebut harus dijadikan motivasi oleh setiap kepala daerah untuk membangun daerahnya menjadi semakin baik," kata Tito.

Tito berharap, setiap kepala daerah mampu menciptakan inovasi dalam pembangunan daerah.

“Di sini, ada kepala daerah yang akan selesai tahun ini. Ada pula di tahun depan (2024). Pada tahun ini, akan ada penunjukkan dari birokrasi untuk mengisi jabatan kepala daerah sementara. Ini tentunya harus dimanfaatkan dengan baik. Buktikan kalau kepala daerah mampu berinovasi. Selama tiga bulan sekali, saya lakukan rapat untuk mengevaluasi kepala daerah hasil penunjukan birokrasi,” terangnya.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com